Cara Menjodohkan Burung Kenari

Diposting pada

Kembali berjumpa bersama SuhuKicau.Com, dikesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang cara menjodohkan burung kenari. Khusus bagi temen-temen kenari mania yang ingin mencoba untuk membudidaya (ternak) burung kecil yang memiliki suara kicauan merdu ini.

Ada banyak permasalah bagi para breding burung kenari yang masih belajar dan banyak sekali mengalami kegagalan di proses penjodohannya ?. Nah maka dari itu akan kita ungkap dan kami share disini.

Pada artikel ini akan dibahas seputar cara menjodohkan burung kenari pemula tentu wajib dan harus kalian ketahui ya, tahapan-tahapan serta langkahnya dalam mengkondisikan, pengamatan, analisa yg tepat agar bertujuan untuk proses penangkaran berjalan lancar dan sesuai dengan apa yg kalian harapkan tentunya. Tanpa banyak basa-basi lagi yuk simak aja langsung info selengkapnya dibawah ini :

Cara Menjodohkan Burung Kenari Agar Cepat Kawin


Sesuai dengan pengalaman pribadi saya, ketika membeli burung kenari ini sekitar 3 minggu yang lalu lah, kalau untuk babon pasangannya kenari betinanya yang sudah pernah berproduksi. Sengaja saya ambil yang sudah berproduksi karena biar cepat untuk menjodohkannya.

Dan seperti sobat kenari mania yg tertarik berternak burung kenari tentu harus tahu dulu ciri-ciri burung kenari yang siap kawin terutama untuk jantannya sebab nantinya kalian agar tidak salah pilih dan bisa membedakan serta harus memilih jantan yang rajin berkicau atau gacor ini dia ciri-ciri jantan yang siap kawin :

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Lovebird Biola Beserta Harganya

cara-ternak-kenari-di-sangkar-harian

Ciri Kenari Jantan Siap Kawin

Untuk burung kenari jantan ini bertingkah laku seperti birahi tinggi, yang dimana terpantau sering numbur jeruji sangkar, nambarak-nambrak seperti burung giras, ketika tangan kita masukan ke dalam kandang, maka burung terlihat agresif ingin mematuk dan meyerang tangan kita ya. Gerakannya sangatlah aktif serta tingkat kegacorannya bertambah, dibarengi dengan gerakan sayap turun naik sambil berkicau.

Dan kenapa kami menyarankan pilihlah indukan jantan yang sudah gacor, ya karena dengan suara kicauannya mampu menggoda si kenari betina agar sama-sama birahi nya terpancing dan akhirnya bisa berjodoh dan langsung kawin deh hehehe.

Ciri Kenari Betina Yg Sudah Siap Di Encus

Dan untuk setidaknya setidaknya dia harus cek dulu ya pada bagian vent atau kloakanya ya temen-temen. Dan apabila sibetina yang sudah siap kawin biasanya terlihat bengkak dan kemerahan kulit perutnya juga terasa panas dan mengencang saat dipegang.

Saya sarankan saat memilih indukan kenari betina ini, pilihlah yang sudah rajin berkicau ya, walaupun hanya ngeriwik – riwik tidak jadi masalah. Terlebih dari segi fisik harus sehat, normal jasmani dan tidak sedang lagi stres ya.

Baca juga artikel lainnya seputar : Setingan Kenari Lomba

Langkah-Langkah Cara Menjodohkan Si Jantan Dan Betinanya :

Berikut cara ternak kenari di sangkar harian, oke langsung saja nih langkah awal untuk menjodohkan burung kenari pertama-tama sobat harus mendekatkan sangkar kenari jantan dan betinanya jangan langsung disatukan di dalam satu sangkar ya, bisa-bisa burung kenari jantan dan betinanya berkelahi nih.

Nah kalau untuk cara ini dilakukan maksimal 3 sampai 7 hari secara terus menerus, dan juga kalian harus memandikan kenari jantan dan betinanya di pagi hari secara bersamaan terus sambil kita jemur juga ya.

Baca selengkapnya :  Inilah Cara Setingan Murai Lomba Agar Menjadi Juara

Sudah Itu temen-temen juga harus amati gerak-gerik burung kenari yang kita jodohkan jika burung kenari jantan belum nabrak-nabrak sangkar lalu mengepakkan sayapnya dan juga kenari betina yang Gelisah dan membungkukkan badan dan sayapnya atau istilahnya ngepeler lah ya. maka kalian jangan terburu-buru ya untuk menyatukan satu sangkar, yg dikhawatirkan nanti malah berkelahi dengan kondisi seperti itu maka salah satu ciri kenari tidak berjodoh atau belum mau dan siap untuk di kawinkan ya.

Cara Menjodohkan Burung Kenari Bahan

Agar burung kenari ini lebih mudah untuk dijodohkan dengan pasangan yg sudah kita siapkan atau rencanakan, ada kala lebih baiknya kalian membeli kenari yg masih bahan sepasang dengan kualitas lalu kita jodohkan atau istilah yg dikenalnya sebagai burung untulan pasangannya ya. Nah dengan cara ini tentu lebih aman dan sudah pasti berjodoh dong.

Demikianlah cara mudah menjodohkan burung kenari, yg bisa kalian terapkan / praktekan pada burung kenari indukan kalian ya, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari