Cara Merawat Burung Pentet Agar Cepat Gacor Dan Bongkar Isian

Diposting pada

Dari sekian banyak burung kicauan, Pentet masuk sebagai golongan burung bernyanyi yang banyak digemari. Dengan sifatnya yang menggemaskan, para pecinta burung kicauan memilihnya sebagai burung peliharaan favorit.

Bahkan tak jarang diikutsertakan dalam ajang perlombaan, mengingat suaranya yang terdengar unik ketika mulai bernyanyi. Bagamana cara merawat burung Pentet agar cepat gacor ? Berikut ulasannya.

Cara Mudah Merawat Pentet Agar Lebih Cepat Gacor


1. Memberikan Pakan Terbaik

Tubuh yang sehat, bisa didapatkan ketika nutrisi dalam tubuhnya terpenuhi dengan sempurna. Oleh karenanya, penting untuk mengetahui pakan terbaik bagi si burung kesayangan anda.

Makanan yang sangat digemari oleh burung satu ini berupa serangga seperti : jangkrik, ulat hongkong, ulat daun pisang, ulat bambu, kroto, belalang, dan cacing merah.

Dari beberapa jenis serangga tersebut pasti ada yang paling disukainya, misalkan kroto yang sering langsung santap dan sangat doyan, namun anda bisa memberikan pakan favoritnya secara teratur dan tidak lupa menambahkan vitamin dengan kandungan karbohidrat tinggi, dijamin membuat Pentet lebih cepat gacor dari yang diduga sebelumnya.

pentet-jawa

2. Memasterkan Sang Burung

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar si burung cepat gacor yaitu memasternya. Hal ini tentunya dilakukan, setelah melakukan perawatan rutin dan sesuai dengan produr yang ada.

Apabila segala kebutuhannya telah terpenuhi, ada hal yang jauh lebih penting dan wajib untuk membentuk karakter suara yang dihasilkan oleh burung ini, dengan cara anda harus memberikan masteran atau materi isian lagu yang baik Dianjurkan untuk memiliki jenis suara berbeda, agar suara kicauan yang dihasilkan tidak terdengar monoton dan lebih bervariasi.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Ternak Jalak Bali

3. Menjaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang yang selalu diperhatikan, merupakan bagian dari serangkaian cara merawat burung Pentet agar mereka betah berada di rumah keduanya. Ketika mereka merasa nyaman bak berada di habitat aslinya, bukan tidak mungkin bagi mereka menerima masteran dengan baik.

Selain lebih mudah merekam suara masteran, sang burung tak akan mudah terserang penyakit yang berasal dari makanan sisa yang bercampur dengan kotoran.

Tak hanya bagi sang burung, sebagai pemiliknya pasti ada rasa bangga tersendiri ketika melihat sang burung terlihat aktif dan bernyanyi terus menerus. Sangkar yang terlihat bersih yang dipadukan dengan warna bulunya yang indah, menambah daya tariknya sebagai burung kicauan. Seakan tak pernah bosan menontonnya bermain di kandangnya, siapapun yang melihatnya akan tertarik untuk melihatnya dari dekat.

4. Lakukan Penjemuran Secara Rutin

Mengetahui waktu tepat untuk melakukan penjemuran, bagian dari cara merawat burung Pentet yang harus diketahui sebelum memeliharanya. Meski sepele, dampak yang diberikan akan berpengaruh pada pertumbuhan si burung.

Waktu terbaik untuk melakukan penjemuran, yaitu pada jam 7 pagi hingga 9 pagi. Kemudian lakukan penjemuran kembali di sore harinya, yaitu pada jam 3 sore hingga jam 5 sore.

pentet-madura

Jika memungkinkan, pada proses penjemuran silahkan letakkan sangkar di lingkungan yang mirip dengan habitat aslinya. Dikelilingi oleh pepohonan rindang dengan pandangan yang luas, membuatnya merasa senang.

Hal ini juga membantunya mendapatkan hawa segar langsung dari pepohonan, yang membuatnya lebih cepat gacor. Silahkan lakukan secara rutin, agar si burung gacor lebih cepat.

5. Berikan Jamu

Pemberian jamu yang diracik secara khusus, tak kalah penting diberikan kepada burung kesayangan anda. Dengan bantuan racikan jamu, diharapkan mampu membuatnya lebih bertenaga dan lebih aktif daripada biasanya.

Baca selengkapnya :  Tips Memilih Burung Kenari AFS Prospekan Yang Bagus

Meski kaya akan khasiat, ada baiknya untuk tidak diberikan setiap hari seperti pakan utamanya. Sebab, jamu hanyalah penambah gizi sekaligus bagian dari cara merawat burung Pentet agar lebih cepat gacor.

Tak banyak yang memeliharanya, sebagian orang mungkin masih merasa asing ketika nama burung cantik ini disebut. Yang membuatnya menarik tidaklah sekedar dari kemampuan bernyanyi ataupun warna bulunya saja, melainkan kemudahan dalam perawatannya.

Cara perawatan mudah, dianggap sebagai salah satu daya tarik tersendiri. Agar si burung cepat gacor, silahkan lakukan perawatan secara rutin dan telaten untuk mendapatkan hasil terbaik. Sekian tips dari kami seputar cara merawat burung pentet yang kiranya dapat anda jadikan sebagai referensi yang dapat diaplikasikan berdasarkan para pengalaman teman-teman kicau semua, semoga bermanfaat.