Cara Merawat Burung Srigunting Biar Cepat Gacor

Diposting pada
Rate this post

Halo sobat kicau mania semua, kembali lagi masih bersama situs resmi Suhu Kicau, nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas dan berbagi pengalam seputar cara merawat burung srigunting ya, mungkin sebagian dari kalian apa masih ada yang belum mengenal jenis burung srigunting ini ?. Ya tepat sekali burung ini sering disebut-sebut saeran gunting ya, yang jika kita perhatikan sekilas mungkin ciri fisiknya cukup menyeramkan ya, berwarna hitam agak-agak mirip dengan burung gagak gitu !.

Burung srigunting ini memiliki suara kicauan yang sangat bervariasi, bahkan mampu menirukan suara burung elang, serta sering mencuri makanan dari binatang lain. Nah di kalangan kicau mania beberapa jenis srigunting yang banyak dipelihara antara lain srigunting yang memiliki tubuh warna hitam merupakan burung pemakan serangga jadi perawatan untuk hariannya tidak lepas dari pakan tambahan tersebut.

Nah agar burung srigunting kesayangan kalian itu bisa semakin giat berkicau maka kalian harus menerapkan pola rawatan harian yang tepat ya, yuk simak pembahasan selengkapnya dibawah ini seputar cara merawat burung srigunting :

Tips Perawatan Burung Srigunting Agar Rajin Berkicau


Manfaat Memelihara Burung Srigunting

Banyak kabar tentang mitos piara burung srigunting itu banyak manfaatnya ya, bagi temen-temen yang masih awam sebelum memelihara burung yg satu ini setidaknya harus mengetaui terlebih dahulu ya, karakteristik nya.

Namun tidak heran untuk para kicau mania senior tentu sangat menyukai burung srigunting ini ya baik untuk dipelihara di rumah atau bertujuan untuk dijadikan sebagai burung masteran maupun memancing burung lain agar cepat bunyi dan nyaut,

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Serindit

nah selain itu ada nilai karismatik tersendiri ya bagi kita sebagai perawatnya, ada dua jenis burung srigunting yang ada di indonesia yang banya dipelihara oleh para kicau mania yaitu srigunting kantil dan monyet ya temen-temen untuk harga pasarannya tentu berbeda biasanya lebih mahal srigunting kantil hitam ya ketimbang yang srigunting monyet !.

cara-merawat-burung-srigunting-biar-cepat-gacor

Pola Rawatan Harian Burung Srigunting

Oke untuk perawatan harian dimulai dengan pengembunan yang rutin dilakukan maka tentunya akan semakin baik bagi kesehatan burung srigunting, pada dasarnya burung yang selalu di embunkan setiap hari maka akan sering menghirup udara segar yang bagus dipagi hari yang bisa menghilangkan kondisi yang sedang stres, ampuh sebagai relaksasi / terapi agar burung kesayangan kalian mau cepat bunyi.

Nah setelah selesai burung di embunkan lalu di anginkan selama beberapa menit ya, lalu kalian bersihkan wadah pakan da minumnya ya, dan berikan pakan tambahan EF ulat jerman sebanyak dua sampai tiga ekor saja,

dan pada saat Matahari mulai terbit baru kalian boleh untuk memandikan burung dengan bantuan semprotan bisa juga mandi dalam keramba ya disesuaikan saja dengan kebiasaan burung kalian masing-masing ya, saat ketika belum dimandikan sebaiknya sangkar dan perlengkapannya juga kalian bersihkan ya dari kotorannya, karena kandang yang bersih ini yang dapat menjamin kesehatan burung kalian ya,

usai mandi burung diangin-anginkan juga di tempat sejuk, dan Anda bisa memberikan pakan serangga tambahan berupa 5 sampai 7 ekor jangkrik, nah jika bulu sudah terlihat mulai mau kering maka kalian jemur burung tersebut dengan durasi 30 – 45 menitan saja ya, jangan terlalu lama-lama juga menjemurnya.

Intinya hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penjemuran sebaiknya dilakukan pagi hari dan tidak lewat dari pukul 10 siang ya, setelah melakukan proses penjemuran ini setiap hari burung srigunting digantung di tempat yang teduh dan sejuk ya misalnya teras rumah atau batang pohon Rindang.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Gereja

Dan ketika burung sedang beristirahat saat kalian kerodong kandangnya anda bisa memasternya dengan mendekatkan sangkarnya dengan beberapa burung isian gacor atau juga bisa menggunakan suara masteran dari perangkat MP3 audio, nah sekitar pukul 4 sore burung kembali kita berikan ulat Jerman dan jangkrik sebanyak 2-3 ekor,

untuk menjaga agar birahinya stabil burung srigunting bisa diberikan pakan ulat bambu setiap 1 minggu sekali dan pakan keroto 1 minggu 2 kali dengan takaran 1 wadah cepuk yang berukuran sedang ya temen-temen, tujuan pemberian keroto ini agar bisa menambahkan asupan lengkap nutrisi yang baik untuk srigunting kalian supaya gacor.

Cara Burung Srigunting Cepat Makan Voer

Pada saat awal pemeliharaan burung srigunting ini jika kondisinya baru saja di dapat dari alam liar tentu burung ini masih sangat giras dan gerabakan ya temen-temen, dan yang pastinya juga belum terbiasa untuk memakan jenis pakan instan berupa voer !.

Biasanya jika burung yg sudah mau makan voer tentu kita sebagai pemiliknya tidak terlalu khawatir ya, terlebih apabila kalian sibuk kerja diluar tentu burung srigunting yang sudah ngepur ini pasti akan aman dong, dan kita tidak takut jika burung nya telat dikasih pakan dan bisa mati !.

Lalu apa sih voer yang cocok untuk burung srigunting ?, saya biasanya memberikan jenis merk topsong kuning yang sering dipakai untuk pakan burung kacer ataupun murai batu ya, namun jika temen-temen memiliki jenis merk yang pas dan sudah rekomended itu terserah kalian ya, asalkan burung srigunting kesayangan kalian itu suka dan doyan pastinya, tidak masalah.

Dan cara melatihnya untuk mau cepat ngepur itu seperti apa ?. Tentu caranya cukup mudah ya, biasanya bagi para kicau mania ini dengan mencampurkan pakan keroto dengan voer halus terlebih dahulu ya, misalkan kalian ingin memberikan jenis merk topsong, tekstur dari voer topsong itu kan kasar jadi harus kalian tumbuk dan haluskan terlebih dahulu ya lalu pemberiannya di kombinasikan / di campurkan dengan ef keroto segar dengan perbandingan 1 : 1, berikan selama 1 minggu berturut-turut, setelah itu di hari selanjutnya kurangi takaran ef kerotonya sedikit demi sedikit ya, sampai yang kalian sajikan itu voer total.

Baca selengkapnya :  Cara Menjodohkan Burung Kenari

Dengan cara inilah yang sering diterapkan oleh para kicau mania dan masih ampuh dalam melatih burung srigunting agar bisa cepat mau memakan voer.

Oke jadi itu saja tips dan pengalaman yang bisa suhu kicau share seputar cara merawat burung srigunting kepada temen-temen semua, selamat mencoba dan semoga kiranya dapat bermanfaat ya, salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari