Cara Mudah Perawatan Ciblek Sawah Agar Gacor Dor

Diposting pada

Ciblek merupakan jenis burung yang cukup favorit di kalangan para kicau mania. Salah satu jenis burung ciblek yang memiliki kicauan yang unik adalah ciblek sawah. Burung ini cukup banyak diminati dan seringkali dijadikan sebagai burung masteran.

Sebaiknya pilih jenis kelamin yang jantan karena memiliki kicauan yang lebih bervariasi. Burung yang sering dikenal dengan ciblek pari ini harus diberikan perawatan yang tepat agar cepat gacor.

Tips Memelihara Burung Ciblek Pari Agar Rajin Berbunyi


1. Mengembunkan Setiap Pagi

Bagi anda yang ingin merawat burung ini, perlu melakukan pengembunan secara rutin. Pengembunan ini bertujuan agar burung tersebut bisa menghirup udara yang segar dan kondisi burung seakan berada di alam bebas.

gambar-burung-ciblek

Ketika burung dalam kondisi yang senang, maka dia akan lebih mudah berkicau. Lakukan pengembunan sekitar jam 05.00 pagi dengan menggantang sangkar di tempat terbuka sampai matahari terbit.

2. Memandikan Burung Secara rutin

Sekitar jam 07.00 pagi, anda perlu memandikan burung untuk menjaga kebersihannya. Jika umumnya burung dimandikan dengan cara disemprot, maka burung yang satu ini sebaiknya dimandikan dengan membiasakan mandi sendiri di cepuk khusus.

Setelah selesai mandi, kemudian angin anginkan tubuhnya di tempat yang lebih teduh. Di saat yang sama, anda bisa memberikan makanan tambahan kepada burung ciblek sawah seperti jangkrik atau ulat hongkong.

3. Membersihkan Kandang Dari Kotoran

Selain menjaga keversihan tubuhnya, anda juga perlu membersihkan tempat tinggalnya secara rutin. Hal ini bertujuan ara burung lebih nyaman saat berada di sangakar dan tidak mudah stres. Selain itu, agar burung tetap sehat dan tidakmudah terserang penyakit.

Baca selengkapnya :  5 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Cepat Gacor

Bersihkan kandang dari sisa pakan dan kotoran, lalu gantikan dengan voer yang baru. Anda juga perlu mengganti minumannya setiap hari dengan air yang bersih.

4. Menggantang Bersama Burung yang Lain

Agar burung lebih terpacu untuk gacor, maka anda perlu menggantangnya bersama burung lain di tempat yang teduh. Dengan mendengarkan burung lain yang sedang berkicauan, maka burung ini akan terpancing untuk menyahutinya.

harga-ciblek-sawah

Anda juga bisa melakukan pemasteran dengan memberikan suara rekaman dari burung lain. Lakukan secara rutin agar burung ciblek sawah lebih cepat gacor sehingga anda bisa mengikutkan ke kontes burung.

5. Mamberikan Makanan yang Tepat

Selain dari perawatannya, anda juga harus memberikan jenis pakan yang tepat agar burung ini terjaga kesehatanya. Selain itu, nutrisi yang terpenuhi akan membuat burung semakin bersemangat untuk gacor.

Ada beberapa jenis ekstra fooding yang bisa diberikan kepada ciblek pari, diantaranya jangkrik, ulat hongkong, ulat kandang dan kroto. Untuk pemberian jangkrik sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari dengan porsi 3 ekor.

Namun, sebelum memberikan pakan tersebut sebaiknya anda membuang kaki jangkrik terlebih dahulu. Selain itu, anda juga perlu memberikan ulat hingkong pada pagi dan sore hari dengan porsi 5 ekor.

Sedangkan untuk ulat kandang hanya sebagai selingan dari ulat hongkok. Untuk pemberian kroto segar, anda bisa memberikan burung ciblek sawah 2 kali seminggu dengan porsi yang diberikan sebanyak 1 sendok teh.

Sebenarnya cara merawat burung ini cukup mudah, hampir sama dengan perawatan burung ciblek yang lain. Hanya saja memandikan burung ini dilakukan dengan memberikan cepuk khusus agar mandi sendiri.

Selain itu, perlu memperhatikan jenis makanan yang tepat, agar nutrisinya terpenuhi. Kondisi tubuh yang sehat dan prima akan membuat burung ini semakin rajin berkicau, apalagi jika ada burung lain yang dijadikan masteran.

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Murai Batu Mp3 Terbaik

Demikianlah info yang dapat kami berikan, sesuai berdasarkan pengalaman pribadi tentang burung ciblek sawah, yang kiranya dapat bermanfaat bagi teman-teman kicau semua. Terima kasih.