Perawatan Harian Burung Cendet Agar Rajin Bunyi

Diposting pada

perawatan harian burung cendet, halo sobat kicau mania semua kembali lagi masih tetap bersama situs resmi SuhuKicau.Com, nah dimana pada kesempatan siang hari ini kami akan berbagi tips cara merawat burung cendet biar gacor baik dirumah ataupun saat ingin dilombakan,

Bagaimana cara merawat harian burung cendet dari pagi hari sampai sore hari ?. Nah dengan tema yang akan kita bahas ini tentu untuk memenuhi permintaan dari salah satu cendet mania yang berkomentar di kolom fanspage resmi Suhu Kicau ya,

maka dari itu kami akan meresponnya dengan cepat dan memberikan solusi dan tips yg kiranya bisa bermanfaat. Oke langsung aja kita simak disini ya :

Cara Rawatan Harian Burung Cendet Untuk Pemula


Tips Memandikan Burung Cendet

Nah langkah awal yang pertama ini adalah teknik pemandiannya ya, sebaiknya setiap pagi hari burung cendet ini harus dimandikan yang nantinya jika sudah mandi tentu akan kita jemur,

akan tetapi disini tergantung kebiasaan kalian ya para cendeters jika kalian terbiasa memberikan pemandiannya di waktu sore hari maka kalian bisa langsung menjemurnya di pagi hari tanpa kalian mandi terlebih dahulu. Tentu tinggal disesuikan ya, jadi tergantung kebiasaan burung cendet kalian masing-masing ya,

untuk cara menyemprotnya kalian bisa atur tekanannya ya, di usahakan jangan terlalu kasar, setel lembut saja seperti air hujan atau semprot embun yang perlahan-lahan sampai semua bulu burung cendet itu membasah rata, dengan cara pemandian yang tepat tentu akan mempengaruhi psikis si burung cendet kalian ya, buatlah senyaman mungkin intinya.

Baca selengkapnya :  Tips Mudah Perawatan Cucak Cungkok Agar Cepat Gacor

perawatan-cendet-rumahan

Kebersihan Kandang Burung

Setelah itu kalian juga jangan lupa ya untuk membersihkan kotoran ataupun sisa-sisa bekas pakannya pada kandangnya sercara rutin setiap hari, dengan membersihkannya menggunakan air dan sikat sampai bersih lalu kalian keringkan dengan menggunakan elap agar tidak membekas pada sangkar.

Faktor kebersihan kandang ini sangatlah menjadi hal penting bagi kesehatan setiap jenis burung ocehan, khususnya burung cendet ini ya, walaupun burung tipe predator namun tipikal cendet ini sangat menyukai kebersihan juga lho.

Jika kalian malas dan terlalu sering membiarkan kotoran pada kandangnya lama tidak dibersih-bersihkan maka burung tidak akan nyaman dan bisa macet bunyi, karena udara bau dari kotorannya yang bisa membuat sarang penyakit bagi burung tersebut.

Pemberian Pakan Harian Beserta Penjemurannya

Lalu berikutnya adalah pemberian pakan kesukaannya, dengan cara mempersembahkan jangkrik dengan jumlah bisa kalian tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan si burung cendet kalian ya, bisa 3 – 4 ekor di waktu pagi dan di sore harinya cukup 3 ekor.

Untuk makanan burung cendet ; ada tipe cendet yang sangat menyukai jangkrik dan ada juga yang tidak terlalu nafsu dengan jangkrik ya, bahkan terkadang lebih menykai ulat hongkong ataupun kroto.

Untuk jangkrik ini merupakan jenis ekstra fooding utama untuk burung cendet agar nutrisinya terjaga maka berikanlah jangkrik ini setiap hari dan jangan pernah kalian rubah jumlahnya jika sudah menemukan setingan yang tepat ya.

cara-merawat-cendet-macet

Nah setelah mempersembahkan jangkrik langsung saja kalian jemur burung cendet kalian, untuk durasi penjemuran tergantung dari setingan harian kalian sendiri jadi tinggal kalian sesuaikan saja sendiri ya.

Dan kalian juga jangan pernah menambah atau mengurangi durasi penjemuran karena itu akan berpengaruh terhadap naik turunnya birahi pada burung cendet temen-temen ya, setelah dilakukan proses penjemuran dalam waktu tertentu sesuai dengan setingannya,

Baca selengkapnya :  3 Cara Mudah Mengatasi Cendet Macet Bunyi, Mbagong Dan Mbayi

setelah itu burung jangan langsung dimasukan ke dalam rumah ya, melainkan harus di teduhkan di tempat yang sejuk terlebih dahulu seperti di depan halaman teras atau yang lainnya selama kurang lebih 10 sampai 15 menitan, setelah itu baru burung boleh dimasukan ke dalam rumah.

baca juga artikel lainnya : cara ternak burung cendet dalam sangkar

Teknik Pemasteran Burung Cendet Yang Tepat

Melanjutkan setelah burung cendet kalian dianginkan, boleh langsung di kerodong dan dimasukan ke dalam rumah atau ruangan tersendiri yang khusus untuk memberikan pelatihan suara isian atau mastering kicauan untuk burung cendet kalian ya,

agar bertujuan untuk menambahkan variasi jenis karakter suara nya menjadi lebih fokus dengan apa yang kalian masterkannya setiap hari. Nah untuk memasternya kalian bisa tempel dengan burung-burung master yang sudah gacor seperti konin, cucak jenggot atau kapas tembak, bisa juga cililin dan tengkek buto.

Jika kalian tidak memiliki burung asli atau burung hidup, tentu tidak masalah ya, masih ada cara lainnya yang lebih ekonomis dan praktis, dengan menggunakan audio mp3 moncer go ataupun jenis merk lainnya asalkan suara yang kita perdengarkan kepada burung cendet ini tidak terlalu kencang dan juga tidak terlalu kecil, sedang saja asalkan terdengar ya.

Catatan : dalam hal rawatan harian burung cendet ini tentu kalian di tuntut untuk lebih konsisten ya, dan harus bersabar dong untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan tentunya.

Oke jadi itu saja tips singkat, pada dan jelas seputar perawatan harian burung cendet yang bisa kalian langsung coba praktekan dirumah kepada burung cendet kesayangan kalian ya, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Tengkek Buto, Makanan, Harga Dan Suara

Baca juga : cara merawat cendet macet

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari