Mengenal Jenis Burung Kolibri Raja (Harga dan Suara)

Diposting pada

Para pecinta burung kicau pasti sudah tidak asing lagi nih dengan jenis burung kolibri raja satu ini. Burung kolibri ini merupakan jenis burung yang kuat karena burung kolibri ini pemakan madu people.

Tidak hanya madu, burung ini juga memakan nektar, sari bunga dan juga serangga ini memiliki tubuh yang kecil dan terlihat lemah hanya dengan 13 cm.

Saking kuatnya burung ini bisa dibilang habitatnya hampir dimana-dimana mulai dari semak, perkebuanan, hutan hingaa sampai pada ketinggian sekitar 800-900 m dpl. Jika kalian ingin tahu lebih dalam mengenai burung kolibri satu ini, yuk simak pemaparan dibawah ini.

Ciri Dari Burung Kolibri Sepah Raja

Jenis burung sepah raja ini memiliki tubuh yang berukuran sedang sekitar 13 cm. Cara membedakan jenis burung jantan ternyata memiliki ciri yang khas berwarna merah terang. Serta pada sisi dahi dan ekor yang pendek memiliki warna ungu dserta pada bagian perut memiliki yang lebih keabu-abuan gelap.

Sedangkan burung kolibri betina memiliki warna hijau tua zaitun tua buram. Berbeda dengan jantan yang memiliki warna merah, didalam jenis betina ini tidak terdapat warna merah pada bagian sayap atau pun pada sisi ekor. Paruhnya berwarna hitam, kaki berwarna kebiruan.

Biasanya burung ini juga sering untuk turun ke dalam semak ataupun pohon berbunga untuk selanjutnya membuat sarang berbentuk kantung.

suara-sepah-raja-gacor

Burung kolibri ini biasanya membuat sarangnya dengan posisi mengantung dan lebih dekat dengan permukaan tanah. Telur yang dikeluarkannya pun memiliki ciri khas yang berbeda dari burung pada umumnya. Telur burung kolibri ini memiliki warna yang sedikit kemerah jambuan serta berbintik dan jumlahnya yang kurang lebih 2 butir saja.

Baca selengkapnya :  Download Masteran Suara Burung Pelatuk Gacor Mp3

Perawatan Untuk Burung Kolibri Sepah Raja

Jika kamu ingin memelihara jenis burung satu ini, kamu harus tau bagaimana cara mearawat burung ini poeple. Sedikit berbeda dengan bagaimana kamu merawat burung kicau pada umumnya nih poeple.

Langkah pertama setiap harinya kamu harus mengeluarkan burung kolibri raja ini di pagi hari untuk kemudian dijemur sekitar kurang lebih dalam waktu satu jam. Lalu kamu bisa menariknya untuk kemudian di gantungkan yang tidak terkena sinar matahari atau bisa kamu sekedar angin-anginkan saja nih people.

Setelah itu jangan lupa untuk kamu mandikan nih people. Selayaknya manusia pada umumnya butuh mandi, burung juga membutuhkan mandi untuk membesihkan badannya people. Cukup semprot dengan menggunakan sprey secara lembut atau kamu bisa menggunakan sebuah cepuk mandi.

Jika sudah kamu rasa basah pada bagian bulu burung tersebut berhentilah dan letakkan atau gantungkan burung tersebut untuk diangin-anginkan supaya ia bisa mengering dengan sendirinya.

Jangan lupa untuk memberi pakan tentunya. Bverikan pakan berupa ulat hongkong atau bisa juga kamu berikan voer jika memang sudah mau untuk memakan voer. Karena jika dilihat dari habitatnya burung kolibri raja ini bukanlah termasuk pada golongan burung yang memakan buah-buahan people.

Karena habitat aslinya burung kalibri ini memakan nektar atau sari bungan ataupun madu maka sebagai pengganti jika kamu ingin ternak buung ini dengan menggunakan air gula dengan takaran 1 banding 1 people.

Jika kamu hanya memberikan sebuah madu yang memiliki tekstur lebih kental, burung kolibri akan lebih memilih dengan air gula yang lebih cair dan mudah untuknya mengkonsumsi. Sertakan juga air putih biasa atau air mineral yang sudah matang tentunya.

Baca selengkapnya :  Kunci Sukses Merawat Burung Pleci Jawara

Tujuan dari selingan air gula dengan air mineral ini supaya burung kalibri dapat menyeimbangkan kadar air dalam tubuhnya. Sertakan pemasteran tentunya untuk para pecinta burung kicau dengan cara menyandingkan suara atau rekaman burung kolibri supaya terlatih dan lebih gaor tentunya people.

Harga Dari Burung Kolibri Jenis Raja

Jenis burung kolibri raja ini ternyata makin bertambahnya tahun makin berkurang populasinya loh people. Karena populasi dan semakin susahnya burung ini di temukan maka harga dari burung ini pun cukup fluktuatif loh people.

harga-kolibri-sepah-raja

Kamu biusa mendapatkan burung kolibri satuini mulai dari harga Rp. 150.000,- hingga mencapai Rp. 500.000,- atau bahkan bisa lebih tergantung dari jenis burungnya. Apakah yang anakan, dewasa ataupun sudah gacor. Untuk yang sudah gacor biasanya dibanderol dengan harga diatas 500 ribu.

Keunikan Dari Burung Kolibri Yang Banyak Diminati

Keunikan yang dimiliki jika kamu merawat burung kolibri raja satu ini adalah berupa perawatannya people. Jika kamu tidak memperhatikan bagaimana cara merawatnya, melayangkan uang kalian people dala sekejap dan dalam hitungan hari. Embun pagi untuk burung kolibri ini juga penting untuk kamu lakukan di pagi buta people.

Manfaat dari embun pagi ini sendiri sangatlah baik dan di anjurkan untuk dilakukan supaya menjadi bahan terapi untuk burung itu sendiri. Embun pagi ini sangatlah baik untuk terapi burung bahan atau burung ijoan ini serta untuk trotolan kolibri ninja yang akan dapat meransang untuk berbunyi tau kicauan/gacoran dari burung terkait.

Penstabilan nafsu birahi burung kolibri raja juga bisa di dapatkan dari penjemuran saat embun pagi ini people. Tujuan dari penstabilan nafsu birahi ini pun membuat burung akan menjadi lebih sehat dan lincah tentu saja. Penjemuran saat embun pagi atau biasa di sebut dengan pengembunan sebaiknya di keluarkan pada waktu sekita 05.00 WIB pagi hari nih people.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Kenali Karakter Burung Kicau Agar Cepat Gacor

Untuk dapat memaksimalkan di lakukannya pengebuanan kamu bisa menggantungnya pada tempat yang luas dan tentunya terbuka, supaya embun di pagi hari dapat di hirup oleh burung koliri raja ini.

Perlu untuk kamu para pecinta kicauan pemula untuk mengetahui bahwa jika burung yang kamu miliki atau pelihara mempunyai penyakit seperti pilek atau sakit, haram hukumnya jika kamu tetap memilih untuk memandikan burung tersebut.

Keadaan akan semakin buruk, sakitnya pun akan semakin meburuk dan dapat menyebabkan burung kesayangan kamu dalam hitungan jam kamu kuburkan dengan tanganmu sendiri.

Penting juga untuk kamu ketahui bahwa kroto memiliki kandungan yang cukup tinggi untuk burung kicau yang kamu miliki. Pemberian kroto pada jenis burung kolbiri raja ini adalah untuk melengkapi nutrisi dalam tubuh burung tersebut.

Untuk takaran kamu bisa memberikan pakan berupa kroto hanya sekitar kurang lebih dua kali dalam jangka waktu satu minggu. Dalam merawat burung satu ini harus memperhatikan detail dalam cara perawatannya dan juga ahrus intens.

Burung berjenis satu ini memiliki suarayang khas dan membuat burung ini banyak diminati oleh para pecinta burung dan juga sering dijadikan peserta dalam perlombaan burung.

Burung satu ini dikenal dengan ciri khas suaranya yang negroll. Selain diikutkan dalam perlombaan, burung satu ini juga suaranya sering dijadikan pemasteran bagi burung lainnya.