Ciri Ciri Membedakan Burung Lovebird Jantan Dan Betina

Diposting pada

ciri ciri lovebird jantan dan betina, halo sobat kicau mania semua, kali ini situs resmi SuhuKicau.Com akan memberikan tips dan informasi seputar bagaimana sih cara jitu agar mudah membedakan ciri lovebird jantan dan betina beserta gambar !.

Para penghobi burung kicauan dari setiap tahunnya tidak pernah padam-padam, yang ada semakin naik terus para penghobinya, baik itu penghobi sejati hingga para penghobi yg baru-baru bermunculan ini ya, ya walaupun di beberapa akhir tahun ini harga burung lovebird merosot drastis, namun tidak menyurutkan mental para lovebird mania sejati yang selalu terus meluangkan waktunya demi hobinya.

Khusus bagi para lovebird mania yg masih pemula tentu banyak yang belum mengetahuinya ya, mungkin hanya beberapa tahap dan bisa dikatakan tidak akurat, nah pada pembahasan di artikel ini akan dikupas tuntas lengkap sekitar ada delapan tahapan untuk mengetahui cirinya dengan sangat mudah. Nah biar nggak penasaran yuk langsung aja kita lanjut ke pembahasannya dibawah ini :

Gambar Ciri Ciri Lovebird Jantan Dan Betina


Ciri Paruhnya

Oke lanjut untuk ciri-ciri yang pertama yaitu kita melihat dari ciri fisik paruh pertama lovebird jantan itu lebih terlihat tipis dan lancip pada ujungnya ya, nah dengan paruh yang seperti ini menandakan salah satu ciri lovebird jantan yang bagus. Nah untuk yang jenis betinanya terlihat membentuk setengah lingkaran bulat ya, temen, pasti terlihat jelas perbedaannya.

Baca selengkapnya :  Inilah Burung Aneh Tapi Nyata Paling Langka Yang Ada Di Dunia

ciri-lovebird-jantan-yang-bagus

Ciri Bentuk Tubuhnya

Oke selanjutnya sebelum kita membeli Kita juga harus melihat bentuk tubuh yaitu bentuk lovebird jantan yaitu panjang dan ramping jadi kalau di dalam sangkar itu terlihat pasti panjang dari ekor nya ya,

nampak jelas terlihat panjang sama ramping selanjutnya kita melihat sayap saya biasanya itu pas lagi nangkring di tangkringan itu sayapnya menyilang sedikit di ujungnya itu menyilang beda sama yang betina yang betina itu biasanya agak ada jaraknya.

Berikut contoh gambar bentuk ciri fisik body lovebird jantan bisa kalian lihat dibawah ini :

ciri-bentuk-tubuh-lovebird-jantan

Ciri Bentuk Ekor Dan Kepalanya

Jika kita lihat dari segi ekor biasanya jika yang jantan itu runcing panjang kalau betina itu biasanya agak tumpul di belakang, terus kita lihat dari bentuk kepala kalau lovebird jantan itu agak kotak atau papak nya jelas ya, ini saya perhatikan dari sini ke kotak sini kalau betina itu biasanya agak bulat.

Ciri Bentuk Kakinya

Nah disini kita perhatikan ya dari cara berdiri atau bertengger ketika si burung tersebut berada diatas tangkringan, untuk yg lovebird jantan biasanya itu kakinya tegap dan terlihat rapat beda sama betina kalau betina itu biasanya agak renggang sedikit memiliki jarak ya. Jika di jejerkan dari posisi berdirinya diatas tangkringan antara lovebird jantan dan betina ini tentu sangat berbeda jauh dan terlihat jelas ya.

Ciri Bentuk Tulang Supitnya

Kita juga bisa memperhatikan yaitu dengan tulang supit ini biasanya tips yang paling manjur untuk bagian tulang sudutnya kita bisa melihat di bagian sini itu ada tonjolan ada tonjolan di bagian sini ada tonjolan dipegang aja tuh.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kenari Harian Dan Untuk Lomba

Kalian bisa langsung raba saja tulang supitnya ya, kalau yang jantan itu lancip dan rapat jadinya itu cuman dikit aja kalau yang betina kalau yang betina itu jaraknya jauh ya, intinya jika kalian raba dan rasakan kalau yang rapat dan keras itu jantan kalau lunak dan agak jauh jarak tulangsupitnya itu positif betina ya temten-temen. Dengan metode terakhir inilah yang paling akurat untuk membedakan jenis lovebird dikala bahan balibu ataupun lovebird yang dewasa sekalipun.

tulang-supit-lovebird

Dilihat Dari Tingkah Laku Dan Karakter Suaranya

Nah ada juga dari temen-temen yang bertanya apakah bisa kita analisa berdasarkan dari karakter suara kicauannya ?. Untuk perbedaan suara lovebird jantan dan betina jika kita lihat dan perdengarkan dengan seksama tentu tidak menjadikan jaminan dan sangat sulit sekali untuk dijadikan parameter ya.

Karena pada dasarnya suara lovebird cenderung ngetik, ngekek pendek dan panjang itupun selalu dibawakan dan bisa di nyanyikan oleh si jantan dan betinanya jadi tidak akurat jika kita melihat sisi dari segi suaranya.

Nah untuk tingkah laku lovebird jantan dan betina disini tentu masih bisa kita jadikan acuan, itupun ketika si burung sudah memiliki dan masuk masa birahi ketika sudah mapan ataupun dewasa ya, untuk perilaku sendiri lovebird jantan perilakunya yaitu Saat birahi itu membawa Pak kan sambil ngangguk-ngangguk, dan yang betina biasanya ngeleper membentangkan sayapnya sambil membungkuk ya.

Oke demikanlah tips ciri ciri lovebird jantan dan betina, yang bisa kalian jadikan bahan referensi yang paling akurat dalam hal memilih burung lovebird baik itu di ombyokan ataupun jika ingin membelinya kepada si pemilik sebelumnya, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat bagi para pecinta burung lovebird nusantara.

Baca selengkapnya :  Tips Jitu Ubah Kacer Mbagong Jadi Konslet

baca juga : perawatan lovebird mabung agar cepat selesai

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari