cucak-jenggot-medan

Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

SuhuKicau.Com – Sebelum popularitasnya yang menanjak, burung cucak jenggot medan ini sangat jarang sekali diperhitungkan untuk dirawat sebagai burung gacoan lapangan kontes. Namun burung ini hanya terkesan sebagai burung bunyi-bunyian rumahan saja yang memiliki fungsi sebagai masteran burung kicauan lainnya.

Namun seiring perkembangan zaman dari para penghobi dunia burung kicau mania ini sukses mendongkrak kepopulerannya burung cucak jenggot ini di kanca nusantara, dan akhirnya cucak jenggot ini layak untuk dijadikan sebagai burung kontes di arena lomba.

Burung ini sangat memiliki sifat yang agresif dan biasanya apabila burung cucak jenggot ini mendengar burung sesama jenisnya, maka cucak jenggot ini sangat lebih merespon dengan cepat menyaut suara yang telah didengarnya itu, dengan suara khas yang beset, embeset tajamnya yang terdengar seperti brentetan ngebren tembakan kasar.

ciri-cucak-jenggot

Empuloh daerah pesebaran dan habitat untuk jenis burung cucak jenggot ini biasanya banyak tersebar didaerah kawasan semenanjung malaysia, pulau jawa, sumatra dan yang paling banyak dijumpai juga di medan. Burung ini sangat senang tinggal di hutan primer, semak – semak yang memiliki dataran rendah.

Bagi para hobiis pemula yang baru saja memulai dan masih bingung tentunya untuk bagaimana cara membedakan jenis burung asli cucak jenggot medan ini dengan burung kapas tembak yang memang pada dasarnya kedua burung ini memiliki rupa yang sangat mirip persis dari bentuk fisik dan suaranya. Yuk temen-temen kicau semua silahkan di cek info selengkapnya dibawah ini agar tidak gagal paham dan salah memilih burung yang diharapkan.

Tips menyeleksi ciri burung cucak jenggot dan kapas tembak


Karakter Suara

Untuk ciri dari Burung kapas tembak ini memiliki suara kicauannya yang terdengar lebih mengkristal dan lebih tajam apabila dibandingkan dengan burung cucak jenggot. Dengan suara yang dihasilkan dari kedua jenis ini memang hampir serupa, akan tetapi tidak sama.

Yang dimana letak perbedaan yang lebih spesifiknya lagi apabila burung kapas tembak ini sudah berusia mapan jantan dan gacor dor tentunya mempunyai karakter suara yang sangat kasar, dengan suara khas besetan dan tembakan rapetnya dengan durasi speed yang baik, maka tidak heran burung kapas tembak ini sangat disenangi oleh para hobiis kicau mania, baik untuk dijadikan sebagai burung masteran ataupun burung lomba.

Namun untuk keunikan suara cucak jenggot medan ini tentunya lebih memiliki volume suara yang lebih bulat ngebas dan enak dibawakan didengarkan jika menyamakan karakter suara dengan kapas tembak. Jadi dari suara kedua burung ini sudah dapat anda pilah dan memahami tentunya dari masing-masing jenisnya.

Ciri Fisik

Jika dilihat dari bentuk ciri fisik juga bisa kita analisa dari kedua jenis burung ini, untuk kapas tembak itu sendiri memiliki bulu dibagian atas kepala tidak terlihat jelas jambulnya (samar) berbeda dengan jenis cucak jenggot medan yang jelas terlihat berdiri tegak ke atas.

gambar-burung-cucak-jenggot

Salah satu ciri-cirinya cucak jenggot medan ini memiliki warna bulu putih yang ada di bawah paruhnya yang menyerupai seperti jenggot asli, serta sering sekali terlihat mengembangkan nya dan lebih terlihat jelas bersih berwarna putih dan lebih lebat dan panjang ketika sedang berkicau.

Berbeda dengan jenis atau ciri yang dimiliki oleh burung kapas tembak ini, yang dimana jenggotnya tidak terlalu jelas terlihat warna putih pada dibawah paruhnya, jenggot lebih lebih tipis dan sedikit. Serta untuk jambul yang berada tepat diatas kepalanya ini juga jarang dan hampir tidak pernah untuk menjambulkan.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Atasi Anis Merah Macet Bunyi Agar Gacor Kembali

Juga warna bulu dada nya ya jika untuk jenis kapas tembak ini memiliki warnanya sedikit muda agak cerah, namun untuk cucak jenggot biasanya memiliki warna bulu dadanya yang cenderung lebih gelap ya antara kombinasi dengan warna hijau ke coklat-coklatan.

Baca juga artikel terkait seputar burung kapas tembak

Ya, mungkin ini saja yang dapat kami berikan berdasarkan pengalaman para suhu, bagaimana cara untuk membedakan cucak jeggot medan dengan burung kapas tembak yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen kicau mania semuanya, semoga bermanfaat.