kapas-tembak

Mengenal Ciri Burung Kapas Tembak, Makanan, Harga Dan Suara

Assalamualaikum wr wb, pakabar semuanya temen-temen hobiis kicau, semoga selalu diberikan kesehatan dan dilancarkan rezekinya.. Amminn. Masih bersama blog portal SuhuKicau.Com pada episode kali ini akan mengulas informasi tentang burung kapas tembak.

Banyak sekali ragam jenis burung kicau yang ada di indonesia, burung kapas tembak ini tergolong salah satu jenis burung kapasan, dan juga masih memiliki kerabat dengan cucak jenggot, jika dilihat sekilas dari bentuk memang sangatlah mirip antara kapas tembak dengan cucak jenggot. Akan tetapi pastinya berbeda baik dari ciri fisik, suara dan harga jika anda mampu mengamatinya dengan cermat.

Sebelum maraknya dunia hobi burung kicau, burung kapas tembak ini tidak memiliki harga dan hanya dipandang sebelah mata, sangat jarang sekali burung ini dipelihara dan sangat bebas habitatnya dialam liar, namun seiring berjalannya waktu perkembangan tren hobiis kicau mania semakin meningkat pesat, dan para juri gantangan sangat mengispirasi dari suara besetan yang dihasilkan dari burung ini, sehingga layak untuk diperhitungkan sebagai point dalam menilai burung ocehan seperti kacer dan murai batu.

Dengan hal berani mencoba sesuatu akhirnya ada dari temen-temen yang mencoba untuk memelihara burung kapas tembak ini dan sukses menjadikan burung ini gacor dan dapat beradaptasi dengan baik jika dirawat oleh manusia. Untuk lebih lengkap seputar burung kapas tembak yuk simak penjelasannya dibawah ini :

Mengetahui keistimewaan yang dimiliki burung kapas tembak


Ciri-ciri yang dimiliki kapas tembak

Burung ini memiliki ciri hampir sama dengan cucak jenggot akan tetapi jelas berbeda jika anda perhatikan dengan teliti, salah satu perbedaan yang dapat dilihat dari bentuk fisik dan suara yang dikeluarkan oleh masing-masing burung. Untuk suara kapas tembak jauh lebih rapat dengan besetan kasarnya yang mengkristal jika didengarkan di dalam ruangan tertutup.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Tengkek Buto, Makanan, Harga Dan Suara

ciri-kapas-tembak

Bentuk Janggut putih yang ada di bawah paruhnya tidak begitu lebat seperti cucak jenggot pada umumnya, postur badan lebih panjang dan lebih lincah dalam beraktifitas, jambul lebih tipis dan lingkar mata lebih sedikit kecil jika dibandingkan dengan cucak jenggot.

Cara membedakan kapas tembak jantan dan betina

Jika dilihat memang sangatlah mirip dan sulit dibedakan untuk mengetahui jenis kelamin jantan atau betinanya, nah disini akan diberikan sedikit tips yang kiranya dapat membantu anda untuk dapat dijadikan parameter agar tidak salah pilih dan tertipu oleh si penjual.

Kapas tembak jantan : Apabila diamati dari bentuk postur body yang lebih simetris, gagah dan proporsional saat berdiri tegak, tidak membungkuk. Postur fisik lebih besar, saat ditrek sesama jenis dapat mampu membuka ekor akan tetapi tidak begigu lebar dan menunjukan mental petarungnya. Serta memiliki suara yang lebih bervariasi tidak monoton dan mudah masuk isian jika dimasteri secara rutin.

Kapas tembak betina : Berbeda dengan jenis kelamin yang betina, yang dimana memiliki bentuk tubuh cenderung lebih bulat seperti burung gemuk, akan tetapi postur tubuh lebih kecil dibandingkan sang jantannya. Jika ditemukan dengan lawan jenis atau sesama jenis maka akan ngeleper.

Gaya tarung buka ekor lebih lebar dibandingkan dengan yang jantannya. Suara monoton dasar hanya mampu menembak kasar.

Makanan yang disukai

Untuk pakan harian yang baik diberikan seperti voer, jika burung sudah terlatih untuk mengkonsumsi voer ini maka wajib diberikan sesuai dengan jenis voer yang disukainya. Namun juga anda dapat memberikannya EF seperti jangkrik dan kroto, untuk porsi sewarjarnya saja, misalkan pagi anda berikan 3 ekor dan sore 2 ekor jangkrik.

Baca selengkapnya :  Cara Menjodohkan Lovebird Dengan Mudah Untuk Pemula

Buah yang sangat digemarinya seperti pepaya, ataupun pisang kepok sangat baik jika buah disediakan setiap harinya, dengan selang seling agar selera burung kapas tembak ini tidak bosan.

Adapun pakan rajikan yang dapat memberikan stamina agar si burung kapas tembak ini cepat gacor dan buka ekor, yakni dengan mencampurkan kuning telur bebek yang dicampur dengan satu sendok teh madu, dan diaduk dengan kroto. Jika tidak mencampurkan dengan pakan rajikan atau hanya anda memberikan kroto asli secara langsung juga tidak masalah berikanlah pakan ini maksimal satu minggu sekali saja.

burung-kapas-tembak

Harga jual burung kapas tembak

Jika anda ingin memelihara burung ini, setidaknya anda harus siap merogoh kocek minimal 400 sampai 500 ribu, dengan kondisi burung yang sudah gacor dewasa dan burung yang terawat bukan burung yang masih bahan ya.

Berbeda dengan harga apabila burung kapas tembak masih usia muda yang belum begitu rajin bunyi bisa mencapai 250 sampai 300 ribu. Namun dengan harga yang dibanderol tersebut tidak menyurutkan para penghobi untuk dapat mencari burung ini yang dikarenakan sangat baik untuk dijadikan burung masteran.

Jika anda memilih burung kapas tembak yang masih muda ombyokan yang prospek, hal yang paling utama pilihlah yang sehat, lincah dalam beratifitas dan terlihat tidak lesu. Jika dilihat dari segi fisik sempurna tidak ada cacat. Kemudaian coba di tes dan diperdengarkan suara mp3 audio kapas tembak dan perhatikan burung mana yang menyambar dengan membalas kicauannya dengan cepat merespone itulah yang memiliki mental baik. Dan harus anda pilih dan layak untuk dipelihara.

Suara khas burung kapas tembak

Burung kapas tembak ini memiliki karakter suara yang kasar dengan besetan yang tajam hampit tidak berjeda, durasi rapat yang pastinya sangat disukai oleh para pemain burung kicau untuk merawat burung ini untuk dijadikan sebagai guru terbaik pemberi materi lagu isian yang bagus untuk burung ocehan lainnya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Ciblek Sawah Agar Gacor Dor

Suara Kapas Tembak Betina | Download

Masteran Kapas Tembak Efek Brainwave + Terapi Air + Jeda 1 Menit