Cara Mudah Mengenali Ciri Kenari F1 YS

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, apa kabar semua sobat suhu kicau.., semoga selalu diberikan kesehatan dan senantiasa diberikan kemudahan serta kelancaran rezekinya.. Amminn, yang pastinya harus tetap semangat dalam beraktifitas dalam merawat burung kicau kesayangannya ya.

Pada kesempatan kali ini situs resmi SuhuKicau.Com akan berbagi tips seputar burung kenari dan cara mudah untuk mengenali ciri kenari f1.

Memahami Keistimewaan Kenari F1 YS Yang Perlu Anda Ketahui


Ciri-Ciri Kenari F1 YS

Apabila anda membeli langsung dari peternak kenari F1 YS sudah pasti jelas dan pasti diberikan wawasan tentang jenis kenari khususnya jenis F1 ini, namun berbeda apabila anda ingin membeli kenari F1 YS di kios atau pasar burung yang ada di pinggir jalan atau di dekat tempat daerah asal anda, setidak nya anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari burung ini agar tidak mudah ditipu oleh si penjual.

ciri-kenari-f1-YS

Berikut ini cara menentukan ciri anakan kenari F1 YS yang tepat :

1. Jika dilihat dari bentuk kepala, pilihlah yang kepalanya besar papak kotak dan sedikit beralis.

2. Pilihlah posisi kaki yang sejajar serta kuat mencengkram tangkringan, perhatian kuku kaki terlihat normal tidak cacat, sertar terlihat pada paha kakinya yang kokoh berdiri tegap (gagah).

3. Pilihlah badan yang berbentuk simetris panjang ideal dan pada punggungnya terlihat sedikit membungkuk maju kedepan, yang dimana menandakan burung ini memiliki mental tempur yang sangat baik.

4. Pilihlah ekor burung ini yang hampir membentuk huruf V dengan ini dipastikan 80 persen berjenis kelamin jantan, dan pasti memiliki volume durasi yang sangat baik untuk berkicau ngerol panjang.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Cucak Ijo Banyuwangi (Harga dan Suara)

5. Perhatian dari bentuk paruhnya, pilihlah paruh yang berukuran kecil, karena biasanya trah keturan kenari YS ini rata – rata memiliki paruh yang kecil tentunya.

6. Tipe bulu kenari ada dua jenis, terkadang ada yang jenis tipis namun juga ada yang berbulu tebal. Namun pilihlah kenari yang bagus untuk lomba dan gacoan lapangan adalah jenis kenari yang berbulu tebal.

Itulah parameter yang dapat anda jadikan sebagai acuan dalam memilih kenari bahan ataupun dewasa mapan F1 YS yang dapat menambah pengetahuan serta wawasan anda dalam memilih burung yang bagus untuk jenis kenari F1 YS ini.

Tips perawatan

Untuk merawat burung kenari f1 ini memang hampir sama dengan jenis kenari lokal lainnya, akan tetapi ada perhatian khusus yang harus anda berikan kepada burung yang istimewa ini.

kenari-betina-f1-YS

1. Pengembunan Pagi Hari

Setiap hari burung wajib di embunkan pada pukul 5 – 6 pagi burung harus dikeluarkan dan menghirup udara segar diluar rumah, agar mendapat nafas yang panjang dan baik untuk nembak ngerol yang dimilikinya.

2. Kebersihan Kandang

Untuk jenis burung ini sangat mudah dan rentan terkena penyakit. Untuk hal kebersihan dari kotoran, sangat vital dan bisa berakibat fatal jika anda malas untuk membersihkan kotorannya.

Oleh karena itu sebaiknya anda harus membersihkan kotoran yang ada pada dasar sangkarnya setiap hari, yang akan membuat burung ini selalu sehat dan jauh dari gangguan virus tungau dan parasit yang dapat mengganggu burung kesayangan anda.

3. Pemandian dan penjemuran

Dalam memandikan burung kenari f1 ini tidak harus setiap hari, minimal 2 – 3 hari sekali saja, disesuaikan dengan kebutuhan. Dan proses penjemuran dapat dilakukan lama sekitar 1 – 2 jam sehari. Misalkan sehabis dimandikan pukul 8 pagi, tunggu terlebih dahulu agar bulu terlihat sampai mengering, baru boleh dijemur dari pukul 9 sampai 11 siang.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Suren

4. Berikan Pakan Berkualitas

Yang dimaksud pakan berkualitas disini, adalah makanan yang disukainya serta kesegaran fresh kondisi pakan tersebut yang diberikan setiap harinya, contoh anda memberikan canaryseed setiap hari dipantau jika sudah tidak layak harus diganti dengan yang baru, saran saya berikan sedikit saja setiap harinya yang pasti bisa diganti dengan yang baru agar selalu fresh dan tidak ada kulit-kulit bekas pakan yang tersisa di wadahnya.

Berikan pakan sayur dan buah maksimal cukup seminggu 2 kali saja, untuk jenis sayuran yang baik diberikan kepada burung kenari f1 ini berupa sawi hijau dan timun. Serta buah yang disarankan adalah buah apel ataupun pear.

Berikan juga asupan tambahan seperti tulang sotong untuk asinan yang selalu tersedia di dalam sangkarnya, untuk pakan tulang sotong ini sangat awet dan bisa mencapai 1 – 2 bulanan jika tidak terkena air, pastikan selalu dalam kondisi kering ya.

5. Pengkrodongan

Burung kenari jenis ini sangat perlu dan membutuhkan yang namanya krodong, pilihlah warna kerodong yang cerah, seperti warna biru telur asin, atau warna putih, biru muda, jangan memberikan warna kerodong yang gelap yang dapat mengundang si nyamuk untuk dapat mengganggunya.

Dalam mengkrodong burung ini sangat baik jika dilakukan pada malam hari saja agar terhidar dari gigitan nyamuk, yang sangat rentan sekali menyerang kaki burung kenari ini. Dan apabila kondisi burung kenari ini mabung tentunya dan sudah pasti harus dikerodong total.

kenari-f1-ys

Harga kenari f1 terbaru

Jika anda ingin memilih kenari f1 ys ini sebagai burung peliharaan dirumah, tentunya anda harus menyiapkan dana yang tidak sedikit, dan memang lumayan mahal dikarenakan penangkaran yang sulit dan memang burung yang memiliki kualitas bentuk serta vokal lagu yang sangat bagus dan diatas rata-rata jika dibandingkan dengan yang jenis kenari lokal pada umumnya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Murai Batu Yang Terpopuler

Untuk harga kenari f1 ys dipasaran memang bervariasi, tergantung tempat dan lokasi anda berada, akan tetapi setidaknya tidak berbeda selisih yang jauh, berikut untuk kenari f1 yang masih bahan ombyokan dan berusia kurang lebih dibawah 4 bulan dibanderol sekitar 400 – 600 ribuan untuk yang jantan dan yang betina sekitar 300 ribu.

Untuk kenari f1 ys yang sudah dipisahkan dari kandang dan sudah masuk kategori remaja dan sudah mulai belajar ngeriwik-ngeriwik biasanya sekitar 700 – 900 ribu. Berbeda lagi dengan kenari yang sudah gacor dor dewasa mapan dan sudah siap diturunkan ke arena lapangan gantangan, harga yang dijual bisa mencapai 1,5 sampai 4 jutaan rupiah. Wow sangat fantastis bukan!.

Baca juga artikel lainnya :

√ Mengenali Perbedaan Ciri Kenari Lokal, Loper, AF
√ Mengenal Ciri Khas Burung Kenari Af
√ Rahasia Sukses Ternak Kenari
√ Kenali Macam Kenari Yorkshire