Makanan Burung Mantenan Agar Cepat Gacor

Diposting pada

makanan burung mantenan, Halo sobat kicau mania, kembali berjumpa bersama website suhukicau.com yang selalu update memberikan informasi yang bermutu seputar hobi burung kicauan, baik pola rawatan, jenis burung, setingan, harga, dan tips lainnya dan tentunya bisa kalian jadikan referensi atau acuan bagi temen-temen semua.

Ada beberapa pertanyaan dari kicau mania, yg menanyakan apa saja sih jenis makanan burung mantenan ?, khusus bagi kalian yang masih newbie atau pemula tentu masih bingung ya, bagaimana cara merawatnya dan pemberian pakan hariannya yang tepat itu seperti apa!. Nah untuk tipe burung mantenan ini merupakan jenis burung pemakan serangga dan buah ya, sama saja halnya seperti burung cucak-cucakan ya,

namun untuk makanan burung mantenan jantan dan betina itu pada dasarnya sama ya temen-temen, nah biar lebih paham dan jelas seputar jenis serta makanan favorit burung mantenan bisa kalian langsung cek aja pembahasan selengkapnya dibawah ini :

mantenan-sepah-gunung

Apa Makanan Burung Mantenan ?


Makanan Favorit Burung Mantenan

Burung mantenan yang satu ini memang sangat jarang dan langka untuk di temukan di kios-kios penjual atau pasar burung ya, hanya di berbagai wilayah yang masih banyak dijumpai seperti daerah pulau jawa itu masih tergolong banyak ya, habitat di alam liarnya.

Keistimewaan burung yg satu ini memiliki ciri khas pada suara kicauannya yang nyaring serta karakter speed rapat tipis berdurasi sama halnya seperti suara burung konin ya, akan tetapi lebih banyak variasi lagu untuk burung mantenan ini, jadi tidak heran biasanya para pemain kacer banyak menggunakan suara burung mantenan ini untuk dijadikan sebagai burung masteran.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Kacer Dada Hitam

Berikut makanan buat burung mantenan :

  • Voer
  • Jangkrik
  • Ulat
  • Keroto
  • Buah

Nah untuk buah makanan burung mantenan biasanya sangat menyukai pisang kepok ya temen-temen, jadi kalian wajib memberikannya minimal seminggu 1 – 2 kali saja sebagai pakan pendamping atau tambahan agar asupan vitamin alaminya tercukupi.

Jadi itu ya makanan pokok burung mantenan yg bisa kalian sajikan setiap harinya agar burung bisa mudah berkicau dengan suara merdu dan gacor.

Cara Melatih Burung Mantenan Makan Voer

Jika temen-temen baru mendapatkan burung mantenan ini hasil dari tangkapan liar pikat dihutan, sudah pasti kondisi burung tersebut masih belum kondusif, kondisi masih giras gerabakan,

tentu menjadi hal yang wajar karena belum terbiasa dan beradaptasi dengan manusia, tentu dengan situasi seperti ini burung tersebut jika kita kasih pakan voer pasti belum mau memakannya ya, dan ini butuh proses untuk melatihnya agar si burung mantenan ini agar mau ngepur, lalu bagaimana cara mengajari agar si mantenan ini mau makan pur ?.

Berikut tips yang harus kalian lakukan pertama adalah burung harus di jinakkan terlebih dahulu ya, dengan cara rutin memandikannya sampai basah kuyup setiap harinya, karena kondisi burung liar yg sering dimandikan otomatis akan merasa lapar, nah pada waktu itulah kita latih si burung mantenan kita berikan pakan voer halus seperti leopard yang bisa kita campurkan dengan buah pisang ataupun keroto,

lakukanlah setiap hari, kurang lebih satu mingguan ya, dan di hari pertama sampai ketiga full kerodong, jika burung sudah terlihat tenang baru kita ablak dan di tempatkan di tempat yang banyak lalu lalang orang lewat, agar si burung bisa beradaptasi dengan cepat.

Baca selengkapnya :  Inilah Jenis Burung Asli Indonesia Di Bagian Timur

apa-makanan-burung-mantenan

Jenis Jenis Burung Mantenan

Nah untuk mengenali jenis burung mantenan yang di indonesia itu sekitar kurang lebih lima tipe burung ya, seperti mantenan sepah hutan yang memiliki ciri fisik ukuran tubuhnya kuran lebih antara 17 – 19 cm, habitat asalnya sangat menyukai daerah perbukitan yang memiliki dataran rendah ya, dan pesebarannya cenderung di kawasan pulau jawa, sumatera, bali dan kalimantan.

Yang selanjutnya adalah jenis burung mantenan sepah kecil, memiliki ukuran panjang kurang lebih sekitar 13 – 15 cm, serta berwarna abu-abu dan hitam perbedaannya dengan burung mantenan lain adalah pada bagian kepalanya untuk yg jantan itu bercorak abu-abu serta tubuh bagian bawah untuk yg betinanya itu berwarna keputih-putihan,

memiliki kicauan khasnya dengan nada tinggi yang memberikan jangkauan diantara anggota kelompoknya penyebaran secara globalnya yang meliputi India Asia Tenggara kecuali Semenanjung Malaysia Kalimantan Jawa dan Bali.

Selain itu juga ada jenis burung mantenan sepah gunung, sepah dagu kelabu dan sepah tulin, namun ada juga pertanyaan dari sobat kicau mania, kira-kira jenis burung mantenan yang paling bagus itu yang mana ?. Ya menurut tanggapan kami, itu sama saja dan tidak ada bedanya,

hanya saja tergantung dari pola rawatan yang tepat jika kalian mampu konsisten dalam hal perawatannya, mau jenis apapun asalkan burung nyaman dengan si pemiliknya pasti akan mengeluarkan potensi, dan menjadi burung yang berkualitas bagus pula.

baca juga artikel lainnya : perawatan burung mantenan agar cepat gacor

Berikut gambar burung mantenan sesuai jenis-jenis nya :

mantenan-sepah-hutan
mantenan-sepah-hutan

mantenan-sepah-kecil
mantenan-sepah-kecil

mantenan-sepah-gunung
mantenan-sepah-gunung

mantenan-sepah-dagu-kelabu
mantenan-sepah-dagu-kelabu

mantenan-sepah-tulin
mantenan-sepah-tulin

Demikianlah tips dan informasi yg bisa kami sampaikan seputar makanan burung mantenan yg kiranya bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian semuanya ya, salam satu hobi kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari