Tips Perawatan Perkutut Lokal Agar Rajin Bunyi Atau Manggung

Diposting pada

Nah pada kesempatan kali ini Suhu Kicau akan membas pengetahuan tentang burung perkutut lokal beserta tips rawatan hariannya supaya cepat gacor ya. Jadi banyak teman-teman yang bertanya di kolom komentar fb ya, bagaimana sih caranya agar burung perkutut lokal ini bisa gacor dan pakai jamu apa sih ?.

Jadi gini teman-teman kebetulan pengalaman saya pribadi ini tidak memakai doping atau jamu kemasan ya, untuk hariannya cuman menerapkan rawatan yg konsisten dan natural saja tidak pakai yang aneh-aneh. Walaupun memang terkadang saya menggunakan kencur dengan bahan alami itupun hanya sebagai suara tenggorokannya juga biar tidak serak ya, dengan pola perawatan yg natural karena kita kalau melihat burung perkutut di alam bebas mereka loh mereka mengeluarkan suara yang indah karena menurut analisa saya sih gini.

Perihal Yang Wajib Diketahui Jika Kalian Memelihara Burung Perkutut

Hal yang perlu kalian lihat di sini perkutut gacor itu ialah perkutut yang cukup usia, jika belumlah cukup usia, apabila kita kasih jamu apa saja itu, dan belum waktunya manggung. Dengan seiringnya waktu bergulir bila burung telah berumur mapan pasti sendirinya tentu mulai akan gacor ya, atau sanggup keluarkan suara anggungan perkutut lokal ya jika menurut saya, mempunyai aura yang betul-betul sanggup memikat hati dan menenangkan hati untuk yang mendengarkannya.

Pokoknya benar ada ketidaksamaan ya antar lokal dengan yang bangkok, kelebihan perkutut bangkok memang saat di umur mudanya suaranya nikmat untuk dicicipi namun kalau sudah makin tua malah kualitas dari suara perkutut bangkok ini akan alami pengurangan, nach berlainan dengan perkutut lokal justru kebalikannya ya.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Di Indonesia Tahun 2020

Tips Memeberikan Rawatan Hariannya

Jika kalian baru saja mendapati burung perkutut hasil tangkapan pikat atau membelinya di ombyokan kios-kios burung yg kondisinya masih dalam keadaan sangat giras, tentu langkah awal yang harus dilakukan adalah penjinakkan terlebih dahulu tentunya.

Caranya sangat gampang, pada pagi hari sekitar pukul 7.00 WIB temen-temen bisa langsung memandikan burung perkututnya dengan cara dipegang langsung ya, sebelumnya kalian sediakan ember kecil yg sudah di siapkan air yang bekas cucian beras, agar bertujuan membuat bulu-bulu burung tersebut lebih tampak halus terawat, serta diyakini campuran air yg sudah digunakan untuk mencuci beras ini bisa membuat burung menjadi lebih tenang dan tidak giras lagi nantinya.

keistimewaan-perkutut-lokal

Untuk pemberian pakan hariannya kalian bisa memberikan jewawut atau biji-bijian yang berkualitas bagus ya, yg bisa temen-temen mudah dapatkan di penjual pakan burung / kios terdekat. Cek selalu kebersihan air minum setiap hari, serta kotoran yang ada di kandangnya juga wajib kalian bersihkan ya, agar si burung nyaman dan selalu terjaga kesehatan dari serangan virus atau penyakit.

Dari perawatan harian burung perkutut saya sebenarnya sederhana saja ya, memang tidak berbeda jauh dengan pola rawatan yg dilakukan kepada jenis burung ocehan yang lain ya. Intinya dalam merawat burung ini kalian dituntut harus sabar ya serta konsisten.

Baca juga informasi lainnya seputar : trik merawat perkutut

Mitos Yang Beredar Dimasyarakat

Dari kabarnya yg tersebar tentang mitos perkutut lokal diberbagai kalangan sudah tidak heran lagi ya, terlebih orang-orang jaman dulu ya, biasanya dari suku jawa yg masih yakin tentang mitos yg dimiliki oleh burung ini, karena orang terdahulu sudah banyak mengetahui dan banyak memiliki pengalaman yang sangat luar biasa ketimbang kita yg hidup di jaman modern saat ini, terkadang malah menganggap itu hal yang musyrik, ya memang betul sih.

Baca selengkapnya :  Tips Jitu Ubah Kacer Mbagong Jadi Konslet

mitos-perkutut-lokal

Tapi semuanya itu kan di kembalikan lagi kepada keyakinan kita, dengan pola pikir yang positif saja, dalam hal memelihara setiap mahkluk hidup ciptaannya dan kita yakin bahwa allah swt. yang memberikan kita kemudahan dan rezeki, bukan karena kita memelihara burung perkutut ya. Semua dikembalikan lagi kepada kepercayaan kalian masing-masing ya.

Ya itulah informasi singkat, padat dan jelas ya yg bisa kami bagikan kepada kalian seputar burung perkutut lokal, semoga bisa menambah wawasan kalian semua. Semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari