11 Trik Merawat Burung Perkutut Supaya Cepat Gacor

Diposting pada

trik merawat perkutut – Siapa bilang burung perkutut cuman pas dipiara oleh bapak bapak yang telah lanjut usia? Malah kebalikannya sekarang ini burung perkutut jadi favorite kaula remaja dan orang-orang dewasa pencinta burung kicau nyaris di semua nusantara.

Untuk Anda yang kemungkinan berminat untuk coba menjaga burung perkutut ini. Kami akan share 11 Langkah Merawat Burung Perkutut Biar Cepat Gacor silakan teman-teman dapat baca penjelasannya di bawah ini:

Karakter Burung Perkutut


Dalam soal perawatannya burung perkutut ini termasuk gampang dipahami walau untuk seorang pemula.Sebaiknya temen-temen tidak boleh ya menganggap sepele dalam hal perawatannya apa lagi sampai biarkan burung tanpa perawatan yang tepat, jika kondisi seperti itu maka burung pasti akan macet bunyi, bisa sakit bahkan bisa mati nantinya.

Burung perkutut masuk ke Genus Geopelia dari barisan Columbidae dan pemakan biji bijian seperti milet, beberapaya dan jagung. Burung dengan warna bulu kelabu asap ini biasanya mempunyai ukuran tubuh seputar 21 cm dari ekor sampai kepalanya ada banyak sekali jenis burung ini dan banyak memiliki keistimewaan tersendiri yang penuh mitos katanya.

cara-merawat-burung-perkutut-agar-rajin-bunyi

Cara merawat burung perkutut agar rajin bunyi


Adapun beberapa teknik perawatan untuk burung perkutut yang dapat Anda buat jadi dasar supaya burung Anda cepat selalu sehat dan gacor. Saksikan rekomendasinya berikut ini:

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor

11. Pilihlah Berjenis Kelamin Jantan

Untuk membedakan burung perkutut yang mana yang jantan atau betina, nah disini temen-temen juga perlu memperhatikan pada bagian tulang sumpitnya. Jika sumpitnya rapat maka dapat dipastikan burung tesebut adalah jantan.

Selain dari melihat kaki sumpitnya pada burung perkutut, Anda juga bisa memperhatikan bagian tubuh siburung tersebut. Apabila ukuran tubuhnya agak besar dibanding dengan lainnya dan ekornya menyatu, maka burung tersebut adalah jantan.

10. Teknik Memandikan Yang Tepat

cara memandikan burung perkutut tidak sembarangan ya ?. Nah sudah seharusnya temen-temen rajin memandikannya baik dengan metode semprot memakai ramuan air beras dan dicampur dengan perasan daun sirih merupakan salah satu cara merawat perkutut agar cepat jinak, namun apabila burung temen-temen sudah tidak terlalu giras dan sudah jinak sebaiknya menggunakan air biasa tanpa campuran tersebut ya ingat..!.

9. Setelah Mandi Baru Dijemur

Seperti biasa jika Anda telah selesai memandikan burung perkutut Anda, maka berikutnya Anda dapat menjemurnya dibawah sinar matahari pagi. Ini diperlukan selain mengeringkan bulu ketika melakukan penjemuran wajib dilakukan ya, karena apabila burung yang sudah dimandikan tidak terjemur atau terkena sinar matahari pagi, yang dikhawatirkan bulu-bulu burung bisa sering mengembang dan bisa menimbulkan parasit dan kutu burung jika keseringan memandikan tapi tidak menjemurnya.

8. Pakan Yang Cocok

Sementara menjemur, Anda juga harus memberikan makanan untuk burung perkutut Anda berupa biji bijian seperti biji milet atau jagung kecil dalam sangkarnya. Tentu saja ini agar siburung tidak kelaparan.

7. Minum Secukupnya

Selain makanan yang cocok, Anda juga wajib memberikan minuman dengan takaran yang cukup untuk burung perkutut Anda. Ini dimaksudkan agar burung Anda tidak mengalami dehidrasi.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Cucak Ranting Agar Cepat Gacor

6. Buat Kandang Selalu Bersih

Kebersihan kandang dari burung perkutut juga menjadi hal penting yang wajib Anda lakukan dalam perawatannya. Ini agar burung perkutut Anda tidak mudah sakit akibat infeksi berbagai kuman dari kotorannya.

cara-merawat-perkutut-agar-cepat-bunyi

5. Asupan Vitamin Yang Cukup

vitamin burung perkutut juga sangat perlu diberikan dalam masa perawatannya. Anda bisa mendapatkan vitamin khusus perkutut dikios penjual burung yang terdekat dengan rumah Anda.

4. Berikan EF Secukupnya

Jika Anda membiasakannya, maka Anda juga bisa memberikan EF berupa kroto atau ulat hongkong pada siburung perkutut peliharaan Anda. Ini akan berguna untuk kecukupan protein pada tubuh siburung.

3. Pemasteran Setiap Hari

Memasterkan burung perkutut menjadi hal yang utama jika Anda menginginkan burung Anda menjadi gacor. Anda bisa memutar suara burung perkutut mp3 untuk memancing dengan perangkat android secara rutin saat burung diistirahatkan sore harinya.

2. Berikan Minyak Ikan

Agar siburung tumbuh dan berkembang maksimal maka boleh dikasihkan minyak ikan sebagai multivitamin tambahan. Berikan minyak ikan ini juga tidak boleh asal-asalanya ya, karena akan berdampak kurang bagus jika pemberiannya berlebihan atau tidak tepat. Pemberian yang terlalu over bisa menyebabkan kematian pada burung karena memompa denyut jantung burung lebih cepat, memang sih burung gacor ?. Tapi tidak di sarankanlah ya, jika temen-temen terlalu sering memberikannya.

Biasanya saya mengguakan minyak ikan ini ketika sehabis rontok bulu, dan saat dokor ya. Bukan pemakain rutin harian ingat ya temen-temen.

1. Berikan Juga Jamu Dan Kencur

jamu perkutut agar gacor biasanya dengan bahan kencur juga sangat berguna sekali ya temen-temen. kalian bisa mendapatkan jamu dengan cara membelinya dari kios penjual burung. Sementara cara mengasihkannya keburung cukup diambil sarinya sudah itu ditumbuk dan campurkan secukupnya pada cup air minumnya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Ternak Jalak Suren

Kemudian selama dalam perawatan Anda juga harus jeli dalam memperhatikan kondisi siburung tersebut. Maksudnya burung dalam keadaan sehat atau tidak, jika burung Anda malas bunyi bisa saja sedang sakit. Untuk itu Anda harus mengobatinya dengan obat yang jgua bisa Anda beli sesuai dengan sakitnya siburung perkutut tersebut.

Demikianlah pembahasan kita dalam artikel kali ini seputar info trik merawat perkutut yang bisa temen-temen langsung mempraktekkan metode diatas dirumah agar burung Anda menjadi Joss. Selamat mencoba!. Semoga bermanfaat ya, sukses selalu.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari