tengkek-buto

Mengenal Ciri Tengkek Buto, Makanan, Harga Dan Suara

Assalamualaikum wr wb, pa kabarnya bro. Kembali lagi masih tetap bersama situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu konsisten untuk memberikan informasi seputar dunia burung kicau, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang ciri burung tengkek buto.

Burung ini kenapa bisa dinamakan dengan tengkek buto ?, karena memiliki suara yang khas ngekek panjang seperti ketawa setan, atau buto ijo.. Makanya para penghobi kicau mania sering menyebut burung ini dengan panggilan tengkek buto. Selain itu nama hewan latin oleh peneliti dollarbird (Eurystomus orientalis). Yang tergolong jenis burung tengkek-tengkekan dan masih memiliki keluarga dengan tengkek udang atau cekakak dan masih banyak lainnya yang banyak tersebar diberbagai daerah tertentu.

Bagaimana cara memedakan burung tengkek buto ini agar temen-temen kicau agar tidak salah pilih dan tertipu oleh si penjual. Penasaran yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Ciri burung tengkek buto

– Memiliki paruh yang besar dan lebar.

– Bentuk tubuh berukuran sedang dengan panjang 10 sampai 12 cm dari ekor sampai kepala.

– Memiliki mata yang besar bulat.

– Bentuk kaki pendek, berwarna kuning.

– Warna bulu perpaduan hijau toska dan kehitam-hitaman.

ciri-burung-tengkek-buto

Cara membedakan tengkek buto jantan dan betina yang masih anakan

Jika untuk melihat jenis kelamin dari burung ini apabila sudah dewasa tentunya sangatlah mudah dan sangat akurat untuk dibandingkan, namun bagaimana jika burung ini masih berusia sekitar 1 sampai 3 bulanan yang masih dikategorikan sebagai burung anakan, akan tetapi kita bisa membedakan jenis kelaminnya?.

Baca selengkapnya :  Ciri Dan Karakter Lovebird Pasbir Beserta Harganya

Untuk jenis betina, bisa anda lihat dari bentuk kepala yang memiliki diameter yang yang ukurannya lebih bulat (bundar), dan bentuk tubunya juga lebih buntek atau bulat. Akan tetapi untuk tengkek buto yang jantan terlihat lebih berbentuk kotak, dan memiliki tubuh yang relatif lebih panjang.

Jika burung tengkek ini hasil tangkapan hutan yang baru saja didapat, memang tidak mau langsung bunyi dan perlu perawatan sampai minimal 1 bulanan dan jinak terlebih dahulu atau istilahnya perlu adaptasi oleh perawatan manusia. Berbeda dengan hasil tengkek buto yang tangkaran, biasanya walaupun umur baru berusia 1 bulan sudah mau gacor dan ngekek-ngekek panjang.

Habitat dan kebiasaan

Burung ini kebanyakan tersebar di daerah hutan pedalaman atau gunung yang jarang sekali dijama oleh manusia, akan tetapi masih sering dijumpai di hutan kalimantan dan sulawesi yang masih sering dijumpai. Burung yang satu ini jika terbang tidak begitu tinggi, dan senang hidup di hutan primer yang masih banyak pepohonan lebat dan rimbun.

jenis-tengkek-buto-jantan

Makanan yang disukai

Pakan alami burung tengkek buto yang sangat digemarinya seperti cacing tanah, jangkrik, telur semut (kroto), belalang, lipan (kelabang), ulat-ulat seperti ulat daun pisang, ulat bambu dan serangga-serangga kecil lainnya.

Harga dan Suara burung tengkek buto

Jika anda ingin memelihara burung yang satu ini setidaknya anda harus menyiapkan bajet yang lumayan besar, dan tergolong mahal. Untuk anakan yang masih trotolannya saja yang masih di loloh bisa mencapai 800 sampai 1 jutaan, berbeda dengan yang sudah dewasa yang bisa mencapai harga sekitar 1,5 sampai 2 jutaan.

Harga yang fantastis untuk burung yang termasuk langka ini, memang sesauilah dengan harga pasti ada rupa dan kualitas tentunya, keunggulan burung ini kenapa memiliki harga yang begitu mahal ?. Dikarenakan sulit untuk didapatkan, dan memiliki suara yang unik dan gacor kebanyakan yang pasti jika ada yang memlihara burung ini rata-rata para pemain burung kicauan yang bertujuan untuk memaster burung ocehan lainnya agar mendapatkan suara isian dan materi yang bagus yang dimiliki oleh tengkek buto ini.

Baca selengkapnya :  9 Jenis Love Bird Paling Mahal Dan Terpopuler

Sangat baik jika suara tengkek buto ini untuk memaster burung kicau seperti love bird, kacer dan murai batu.

Berikut suara audio mp3 tengkek buto untuk masteran burung kicau lainnya.

Link | Download