7 Cara Budidaya Burung Merpati bagi Pemula

7 Cara Budidaya Burung Merpati bagi Pemula – suhukicau mania, memelihara burung merpati memang mengasyikan apalagi bagi yang memang hobi. Selain itu bisa juga di latih untuk menjadi merpati lombaan yang apabila

meraih kemenangan akan mendapatkan hadiah dan juga kepuasan tersendiri bagi kalian tentunya. Tapi di saat pertumbuhan perekonomian setelah kita terpuruk selama masa pandemi lalu ada baiknya kalau

hobi kita ini bisa menghasilkan cuan tambahan kita. Yap, caranya dengan membudidayakan burung merpati tentu ini menjadi peluang bisnis yang menjanjikan juga tapi yang menjadi kendala ialah lahan yang dimiliki

terbatas dan kurangnya pengetahuan sehingga sering gagal yang membuat para pemula menjadi rugi, tapi artikel ini akan mengulas bagaimana cara budidaya merpati yang anti gagal dengan lahan yang terbatas.

7 Cara Budidaya Burung Merpati bagi Pemula

Inilah 7 Cara Budidaya Burung Merpati Anti Gagal

Cara – Cara Budidaya Merpati

Membudidayakan burung merpati sebenarnya dapat dilaksanakan oleh siapa, bahkan juga untuk pemula yang mempunyai tempat terbatas. Nach, ada banyak cara yang harus kamu kerjakan bila ingin beradabdaya burung merpati.

1. Cara awalan yang harus dilaksanakan ialah sediakan kandang atau tempat. Ingat jika spesies ini lebih sukai hidup secara bergerombol. Maka kandang yang dibikin tidak boleh terlampau kecil. Kamu dapat membuat kandang dengan panjang 1 mtr., lebar 60 cm, dan tinggi 40 cm.

2. Buat dan tempatkan kandang menghadap ke arah timur dan statuskan yang cocok dengan cahaya Matahari pagi. Masalahnya unggas memang memerlukan cahaya matahari sebagai sisi penting untuk metabolisme badan mereka.

3. Tentukan indukan yang sehat. Kamu dapat memperoleh induk berkualitas dari peternak merpati professional di wilayahmu. Pada umumnya, wujud badannya harus seimbang, gesit, dan bulu-bulunya tidak lusuh.

4. Lihat kebersihan kandang karena merpati dapat terserang penyakit mematikan. Gempuran virus, seperti newcastle disease, paramyxovirus, arbovirus, dan pigeon pox, bisa memiliki sifat mematikan bila ketahanan tubuh merpati tidak sedang bagus.

5. Perkawinan merpati dapat terjadi bila umur mereka cukup dewasa. Pada intinya, merpati ialah hewan monogami yang kawin dengan pasangannya saja.

6. Nach, poin utama selanjutnya ialah pemberian pakan. Kamu dapat memberi pelet dan makanan alami, seperti beberapa bijian, buah, dan sayur.

7. Tetapkan akan dibawa ke mana pembudidayaan yang kamu kerjakan. Apa mereka dipiara biasa, dilibatkan lomba, atau dipasarkan dagingnya?

Burung merpati atau dara mempunyai daging dengan rasa yang unik dan tentu saja bergizi tinggi. Dikutip Nutritionix, daging burung dara memiliki kandungan banyak protein, potasium, dan kalori. Disamping itu, burung dara mempunyai kandungan yang tinggi vitamin A dan B kompleks yang baik untuk kesehatan

cara merawat burung merpati,

Tips Ala Suhukicau

Dalam proses budidaya burung merpati atau jenis lainnya, kalian diharuskan memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar dan juga kebersihan asupan makanannya sertai memenuhi vitamin dan juga mineral lainnya.

Terlebih untuk masa reproduksi baik merpati betina maupun jantan memerlukan jumlah atau porsi makanan lebih banyak dari pada biasanya. Biarkan burung merasa nyaman disaat masa reproduksi sehingga

hasilnya juga lebih maksimal. Dalam proses ini pastinya kalian harus sabar dan melakukannya dengan sepenuh hati karena semuanya memerlukan proses tidak ada yang instan ya guys.

Terimakasih banyak karena kalian sudah membaca 7 cara budidaya burung merpati bagi pemula semoga informasi yang kami sajikan ini bisa bermanfaat bagi kalian semua terutama para pecinta burung kicau.

Related Posts
Cara Membuat Racikan Makanan Cucak Keling
makanan-cucak-keling

makanan cucak keling - Halo sobat kicau cucak keling lovers guys ketemu lagi masih tetap bersama suhukicau.com website yg selalu Read more

Cara Meredam Emosi Pada Kacer Yang Terlalu Over Emosi
cara-meredam-emosi-pada-kacer

cara meredam emosi pada kacer - Masih bersama website suhu kicau kita bertemu kembali ? Dan kami akan share pengalaman, Read more