Mengenal Burung Cucak Ijo Mini

Diposting pada
Rate this post

Hai suhukicau semua pasti kalian sudah tidak asing dengan burung cucak ijo kan tetapi ini ada spesies yang berbeda memang sejenis dengan cucak ijo tapi dia memiliki ukuran tubuh lebih kecil namanya Burung Cucak Ijo Mini

Jika dilihat sekilas keduanya memang mirip karena memiliki warna bulu hijau hampir diseluruh tubuhnya tetapi kalau diperhatikan secara detail si cucak ijo mini ukuran tubuhnya lebih kecil.

Ukuran tubuh cucak ijo atau yang dikenal juga dengan cucak daun ini sekitar 20 cm sedangkan cucak ijo mini memiliki ukuran tubuh sekitar 15 sampai 17 cm saja. Cukup terlihat ya suhukicau semua.

Karena dia kecil bahkan ada yang menyamakannya dengan cucak ranting, tetapi burung cucak ranting warna bulunya tidak sehijau cucak mini melainkan hijau ke kuningan dan juga suara kicauannya lebih variatif.

Kalau kalian ingin tahu lebih jauh lagi tentang cucak ijo mini ini dibawah ini kita akan jelaskan tentang ciri – cirinya secara lengkap dan juga habitat asli serta makanan kesukaannya.

burung-cucak-ijo-mini-jantan

Cucak Hijau Mini Habitat, Makanan dan Perawatan


Ciri – Ciri Cucak Hijau Mini

Warna bulunya dominan hijau, hampir sama dengan cicak ijo lainnya hanya saja pada bagian ujung sayapnya terdapat corak berwarna kehitaman. Sesuai dengan namanya ukuran tubuhnya lebih kecil.

Untuk yang sudah dewasa disekitar dagunya akan berwarna hitam seperti jenggot, pada lingkaran matanya berwarna kuning dia tidak memiliki bulu berwarna biru ditubuhnya kalau ada kemungkinan itu cucak ranting.

Baca selengkapnya :  Jenis Burung Rambatan (Harga Dan Suara)

Suara kicauannya tidak konsisten terkadang nyaring terkadang biasa saja tetapi dia memiliki kemampuan yang baik dalam menirukan suara kicauan burung lain sehingga banyakd ipelihara sebagai burung masteran.

Cucak hijau mini jantan memiliki bentuk tubuh yang proporsional dan tegap ketita berdiri di tangkringan, untuk yang betinanya tubunya lebih gemuk dan kepalanya agak sedikit merungkuk.

Volume suara burung jantannya lebih nyaring dari yang betinanya. Pada kaki cucak mini jantan berwarna hitam dan bersisik sedangkan yang betina tidak bersisik. dibagian paruh bawahnya terdapat bulu hitam

seperti jenggot bagi pejantan sedangkan yang betina tidak ada.

burung-cucak-ijo-mini-betina

Habitat Asli

Burung ini berhabitat asli di wilayah Myanmar selatan hingga ke Malaysia dan di Indonesia sendiri ada di daerah kalimantan dan sumatera di daerah hutan hujan tropis.

Makanannya

Dialam bebas dia memakan buahan dan juga serangga tetapi didalam perawatan kita harus mengajarinya makan voer karena berfungsi melengkapi nutrisi yang dibutuhkan tubuhnya.

Berikan buahan seperti pepaya yang mengandung banyak vitamin A, Jeruk yang mengandung banyak Vitamin C dan juga pisang kepok yang kaya akan kandungan potasium.

selain itu Jangkrik, kroto dan juga ulat hongkong sebagai makanan tambahan yang memiliki banyak kandungan protein yang baik untuk menjaga stamina si burung cucak mini ini.

Perawatan Hariannya

Seperti halnya beberapa burung kicau lain pada umumnya perawatan cucak mini juga harus dilakukan secara rutin cara dan inilah beberapa langkah perawatan rutin yang harus kalian lakukan

Embun burung di waktu fajar mulai dari pukul 5.30 hal ini bertujuan supaya si burung mendapatkan oksigen yang bersih dan juga dia bisa berinteraksi dengan burung liar lainnya untuk berkicau.

Baca selengkapnya :  Inilah Keistimewaan Burung Flamingo

Setelah itu mandikan burung dimulai pukul 7.00 mandikan dengan diseprot atau dimasukan kedalam keramba, karena ada burung yang langsung mau mandi dikerambanya.

Lalu jemur burung dibawah sinar matahari dibawah pukul 11.00 sampai bulunya kering selama 1 sampai 2 jam saja sudah cukup jangan terlalu lama karena tanutnya dia kepanasan.

Berikan EF setiap hari berupa ulat hongkong 1 cepuk kecil dan 5 ekor jangkrik perhari sedangkan kroto berikan seminggu 1 sampai 2 kali saja cukup dengan dosis 1/2 sendok teh.

Setiap 3 hari sekali berikan cucak ijo mini kesayangan anda buah-buahan segar seperti pepaya, semangka, pisang kepok putih dan jeruk manis. Pada siang hari burung bisa sambil dimasteri.

Bersihkan kadnang burung dari kotoran tahinya dan juga sisa makanan yang jatuh supaya burung nyaman di kandangnya dan terhindar dari gangguan penyakit yang disebabkan bakteri.

burung-cucak-ijo-mini-dan-harganya

Suhukicau semua itulah tadi informasi seputar burung cucak ijo mini semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menginspirasi kalian semua terimakasih banyak sudah selalu setia bersama kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari