Cara Merawat Burung Cucak Ranting Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Seperti biasa pada kesempatan kali ini suhu kicau akan berbagi tips cara merawat cucak ranting yg bisa kalian coba untuk memberikan perawatan yg terbaik untuk burung kalian dirumah. Burung yg berukuran tubuh sedang ini salah satu tergolong tipe burung cucak ya, dan masih bersaudara dengan cucak hijau, karena kemiripan yg hampir sama persis 90%. Cucak ranting ini sering dikenal dan disebut juga dengan nama cucak rante, cucak kinoi atau mini tergantung asal daerah kalian berasal ya.

Nah bagaimana untuk kualitas dan manfaat memelihara burung ini, ya khususnya bagi para pemula ataupun yg sudah senior sekalipun pasti sangat senang jika bisa merawatnya ya terlebih burung bisa gacor dan maksimal, karena sangat sering sekali untuk dijadikan sebagai burung masteran untuk jenis burung ocehan yg lainnya.

Kelebihan Cucak Ranting


Sebelum melaju kepada proses perawatannya, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu profile burung ini serta kelebihan apa saja sih jika kita merawatnya dengan baik dan tepat ?.

Kelebihan yg dimiliki oleh cucak ranting ini sangat mudah sekali untuk digacorkan, tapi ada syaratnya itupun jika kalian memberikan rawatan setiap harinya dengan konsisten dan memberikan pakan, mandi dan jemur yg tepat.

Mungkin dari sekian banyak penghobi burung sudah mengetahuinya ya, jika kita bisa menggacorkan burung ini. Dan sudan menjadi cucak ranting gacor full isian tentu memiliki harga jual yg fantastis pastinya, dan kita sebagai perawat juga memiliki kepuasan batin tersendiri ya.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Tengkek Buto, Makanan, Harga Dan Suara

kelebihan-cucak-ranting

Langkah Menjinakan Burung Cucak Rante


Bila kawan-kawan barusan beli burung ini dari ombyokan dengan keadaan yang masih giras, pasti saat sebelum mengaplikasikan ke skema rawatan sehari-hari, langkah pertama yang harus dilaksanakan ialah proses penjinakkan lebih dulu ya.

Ya walau tidak harus jinak keseluruhan, tetapi burung tidak begitu giras kronis bisa kita lanjut ke perawatannya. Yang penting bagaimana triknya supaya sang burung tidak begitu takut dan grabak-grebuk saat menyaksikan kita atau keramaian disekitarnya. Untuk langkah melulutkan burung ini ada 2 langkah, dapat kalian memakai therapy lapar atau dengan tehnik mandi basah kuyup dengan waktu pemandian yang sekerap mungkin.

Nah jika kalian repot dalam aktivitas setiap hari dan jarang-jarang sekali mengawasi burungnya, tidak dianjurkan kalian memakai therapy lapar, karena benar-benar berefek kematian pada burung bila kalia lupa memberi pakannya. Alternative yang lain ya dengan memandikannya secara teratur dengan disemprotkan sampai basah kuyup, seteleh itu ditempatkan kandangnya di bawah ya sampai nampak gerak-geriknya tenang.

Tips Rawatan Harian Cucak Rante Supaya Rajin Bunyi


Pemberian Pakan Voer

Voer apa yg bagus untuk cucak rante ?. Jika kondisi burung yg baru kalian dapat belum mau makan voer, sebaiknya dan secepatnya kalian harus latih ya. Bisa dengan cara mencapurkan voer dengan kroto setiap harinya agar burung terbiasa dan mengenal rasa pur tersebut dengan perlahan-lahan, sampai nantinya bisa ngepur total.

Nah jika burung sudah mau ngepur malahan baik ya, dan pastinya kalian lebih aman dalam memeliharanya untuk jangka panjang. Dan voer cucak rante juga tidak boleh diberikan sembarangan ya, harus yg bermerk standart serta memiliki protein, nutrisi dan vitamin yg sedang.

Baca selengkapnya :  8 Macam Burung Kelas Atas Yang Terkenal Di Indonesia

Dan biasanya merk voer untuk cucak rante yg saya pribadi gunakan ini adalah topsong hijau rumput laut dan alternatif lainnya bisa kalian gunakan juga fancy gold hijau ya, dan adapun jika temen-temen ingin mencapur dari kedua merk itupun juga sangat baik dan komplit lagi asupan si cucak ranting ini.

voer-cucak-rante

Pemberian EF

Pada burung cucak ranting sangatlah sekali menyukai pakan buah khususnya pisang kepok yg setengah matang ya dan wajib diberikan setiap harinya, buah diganti setiap harinya dengan yg masih segar ya agar si burung tetap sehat nantinya, serta makanan lain yg sangat digemarinya seperti serangga jangkrik ya, jadi untuk ef jangkrik ini walaupun sebagai makanan penunjang juga harus diberikan setiap hari dengan porsi yg disesuaikan dengan karakter siburung cucak ranting tersebut.

Untuk normalnya bisa kalian berikan pagi sebanyak 3 ekor, dan ketika sudah sore hari juga berikan kembali dengan jumlah yg sama, jadi dalam 1 hari si burung maksimal mengkonsumsi jangkrik sebanyak enam ekor ya. Untuk memberikan kroto jangan terlalu keseringan ya bisa dalam waktu seminggu 2 sampai 3 kali. Ya diseling saja dengan pemberian ulat hongkong yg masih mudah atau yg masih berwarna putih ya, karena sangat lembut dan mudah dicerna oleh burung. Kasihkan saja UH sebanyak 3 – 4 ekor seminggu sekali.

Cara Menjemur Dan Memandikannya

Nah hal yg kalian perhatikan juga disini teknik yg pas dan aman ketika memberikan penjemuran serta memandikannya setiap hari. Untuk durasi mandi yg dibutuhkan oleh burung ini sebaiknya kita sebagai pemilik harus mengetahui kondisi burung dan cuaca agar bisa menyesuaikan dan bijak dalam merawatnya.

Jangan pada cuaca ekstrim yg lagi musim penghujan ini kalian sering memandikannya, yg ada bisa sakit tuh burung ?. Terlebih si burung dalam kondisi mabung ini juga tidak diwajibkan untuk kalian memandikannya ya. Itupun jika kondisi burung normal dan sehat pemandian bisa kalian lakukan setiap hari diwaktu pagi ataupun 2 hari sekali dengan cara disemprot atau dimasukan ke dalam bak pemandian atau keramba ya.

Baca selengkapnya :  Rahasia Masteran Kacer Yang Berkualitas Dan Paling Efektif

Namun untuk durasi penjemuran cukup 1 – 2 jam saja, dan di usahakan jangan terlalu kelamaan saat melakukan jemur, maksimal sampai pukul 10.00 WIB, karena jika melebihi durasi penjemuran yg telah ditentukan maka burung bisa sakit karena dehidrasi.

Cara Memberikan Masteran Yg Tepat

Burung ini sangat cerdas dan mudah sekali untuk mencontoh suara yg didengarkan di sekitarnya, nah istilah disini pemasteran akan maksimal jika kalian tepat untuk menerapkannya, tentu bagi para kicau mania sudah paham ya jika kondisi burung sedang mabung sangatlah baik untuk dimasteri itu umum dan dasar bagi setiap jenis burung pun seperti itu.

Berbeda dengan cucak ranting ini, walaupun kondisi sedang normal, sakit ataupun mabung kalian harus memasterkannya setiap hari agar bisa maksimal dan si burung juga selalu merekam dalam kondisi apapun itulah kelebihannya.

Namun isian untuk cucak ranting yg bagus adalah suara burung-burung kecil seperti konin, ciblek ngebren, pleci ngalas, snipper atau tepus dada putih dan lainnya.

Demikianlah info tips cara merawat cucak ranting dengan baik dan benar agar nantinya burung bisa gacor maksimal hariannya, selamat mencobanya semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua.