Cara Mengatasi Kacer Macet Bunyi Setelah Mabung

Diposting pada
Rate this post

Assalamualaikum wr, wb. Ketemu lagi masih bersama suhu kicau dan sahabat pencinta burung kacer indonesia, nah kali ini saya akan membahas tentang cara mengatasi burung kacer macet bunyi setelah selesai mabung.

Untuk burung kacer ini yang tidak mau bunyi lagi ya teman-teman. Yang saya tahu ini sudah hal biasa setelah mabung selesai biasanya seminggu dua minggu kalau sudah bulu-bulunya mepek termasuk ekornya juga akan tetapi burung tidak kunjung gacor ini!. Ya biasanya memang gitu.

Terkadang jika salah rawatan ketika mabung, maka yg ada nanti si kacer macet bunyi dan giras itu juga sering dialami sebagian kacermania ya!. Namun tidak usah khawatir, di artikel ini akan kita bahas secara detail ya pastinya, yuk ikuti terus informasi selengkapnya dibawah ini :

Tips Mengatasi Kacer Stres Macet Bunyi


Jika si kacer ini mau bunyi walau sebentar itu sudah biasa tapi lain lagi yang sudah gacor yg dikarenakan memang dari faktor usianya sudah mapan. Berbeda dengan yg masih muda, biasanya kalau masih mabung pertama itu kadang ya burung itu males bunyi juga temen-temen.

Perawatan Pasca Mabung

Kalau saya untuk burung kacer itu yang saya pernah rawat selama ini Jika seperti itu setelah mabung ya berikan perawatan seperti biasa jangan lupa ya di jemur juga tapi dengan syarat kondisi bulunya sudah tumbuh dengan sempurna ya.

Baca selengkapnya :  Cara Terapi Sauna Untuk Burung Kacer

Jangan sekali-kali kalian melakukan rawatan harian seperti mandi dan penjemuran ketika bulu burung belum full ataupun normal. Karena bisa mengakibatkan kondisi burung akan drop serta bulu tidak tumbuh dengan sempurna nantinya.

mengatasi-kacer-stres-macet-bunyi

Cara Menjemurnya Yg Tepat

Nah ketika misal bulu baru sudah pulih dan mentok ya, itupun penjemuran yg harus kalian lakukan secara bertahap ya, jangan terlalu lama-lama dulu menjemur si burung kacer ini, cukup 10 – 15 menit saja dulu, biarkan burung adaptasi dengan panasnya matahari pagi, karena suhu tubuh yg di alami selama ini ketika masa mabung sangat dingin pastinya dan kita coba rubah pelan-pelan dengan tahapan yg tepat. Dan itu tetap konsisten ya untuk penjemuran ya. Dan saya tekankan lagi disini.

Cara Memandikannya Yg Disesuaikan

Dan cara memandikan kacer dari tipenya masing-masing ada juga yang mandinya tiap hari ada juga 2 hari sekali itu tergantung birahi kacer tersebut ya. Kalian harus menyesuaikan dengan karakter kebiasaannya sebelum masuk masa mabungnya, jangan di rubah-rubah ya.

Apabila kondisi sikacer ini terlalu memiliki birahi tinggi ya bisa dimandikan atau kurang birahi itu ya bisa kurangi volume mandinya, yang hal-hal lain yang perlu diketahui untuk EF itu sesuaikan aja tetep misalkan biasanya 5 pagi 5 sore itu Jangan dirubah kalau memang sudah pengaturannya pernah disetting dan tepat seperti itu.

Pemberian Vitamin, Pakan Dan Kebersihan

Dan selanjutnya untuk itu temen-temen juga bisa menambahkan vitamin setelah selesai mabung itu seminggu sekali beri vitamin untuk kacer macet bunyi seperti porte Pit dikit aja temen-temen atau bisa juga yang jenis vitamin lainnya yg menurut kalian bagus atau yg sering biasaya digunakan.

Baca selengkapnya :  Mengenal Burung Cucak Ijo Mini

Dalam memberikan vitamin itu juga sangat bermanfaat untuk membantu kondisi si burung agar cepat dalam situasi yg FIT tentunya, bagi burung tersebut. Cukup satu minggu atau seminggu dua kali tapi sedikit saja jangan banyak-banyak. Pemberian makan seperti biasa voer hariannya dan minum selalu di kontrol ya, dan setiap hari harus dibersihkan kandangnya dari kotoran.

Berikan Pengumbaran

Selama burung mengalami masa mabungnya pasti kurang gerak atau istilahnya badan si burung ini kaku dan banyak mengeluarkan tenaga dalam untuk merontokan dan menumbuhkan bulunya, ketika proses dorong ekor atau numbuhnya bulu ini pasti kita berikan EF yg berkualitas dengan porsi yg banyak, asupan protein, nutrisi yg dihasilkan dari EF yg kita berikan ini tidak di imbangi dengan geraknya si burung dalam beraktifitas.

Maka dari itu jika temen-temen memiliki kandang umbaran, sebaiknya selesai proses mabung, burung alangkah baiknya harus di umbar minimal 1 minggu sekali saja, itupun cukup dengan durasi pengumbaran selama 30 menitan saja ya. Jangan terlalu kelamaan.

audio-terapi-kacer-macet-bunyi

Menggantung Sangkar DiKetinggian

Langkah selanjutnya kalian bisa mencoba untuk menggantungkan kandang di posisi yg lebih tinggi, misalnya di atap rumah jika kalian memiliki tingkat , lantai 2 yg tinggi di teras depannya ataupun di bawah pohon yg tinggi juga boleh, ukuran ketinggiannya di usahakan seperti jarak dari tanah de atas gantangan perlombaan, nah seperti itulah, jarak ketinggiannya yg ideal.

Karena jika kacer yg mengalami kondisi stress, jika digantung dengan ketinggian maka burung lebih tenang dan bisa memancingnya untuk bersuara, karena kenyamanan yg dirasakannya. Tapi ingat jangan sering-sering ya untuk menggantung dalam posisi tinggi, jika dilakukan terlalu sering maka burung bisa berubah menjadi lebih giras nantinya.

Baca selengkapnya :  Perawatan Burung Cililin Agar Cepat Gacor Nembak Yang Maksimal

Baca juga artikel lainnya : penilaian burung kacer saat lomba

Suara Terapi Kacer Biar Ngeplong

Adapun jika terjadi burung saat mabung mengalami stress, dan setelah kondisi sudah pulih mepek bulunya si kacer ini masih males untuk berkicau, bisa kalian lakukan mastering atau memperdengarkan audio mp3 terapi kacer stres yg bertujuan memancing emosi fighternya agar mau nyaut jika mendengarkan suara kacer pikat, apakah ada respon atau tidak ?.

Berikut bisa kalian download suara ampuh memancing burung kacer yg malas untuk berkicau jadi spontan gacor dibawah ini :

Oke teman itu saja tips tentang kacer macet bunyi yg bisa kalian praktekan dirumah, agar si kacer gacoan anda bisa kembali normal dan gacor lagi seperti sediakala ya. Selamat mencoba, semoga sukses dan semoga bermanfaat ya, salam hitam putih kacer mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari