Mengenal Ciri Burung Jalak Kebo

Diposting pada

Bagi para pecinta burung, merawat burung kicauan merupakan hobi yang sangat menyenangkan. Salah satu rekomendasi burung yang bisa dipelihara adalah burung jalak kebo.

Burung ini memang tergolong memiliki harga murah dipasaran, akan tetapi jangan salah menilai, dan jangan meremehkannya. Dibalik ini semua ada keistimewaan yang tidak dimiliki oleh burung lain yaitu dapat menirukan suara apapun disekelilingnya, hamper setara dengan burung beo.

Namun habitat dan kebiasan dari burung satu ini yang dimana sering berada di punggung kerbau untuk mengambil serangga yang ada di atasnya, sehingga namanya disebut sebagai jalak kebo. Berikut ini ulasan mengenai burung dengan nama latin Acridotheres javanicus.

Ciri Ciri Burung Acridotheres Javanicus yang Perlu Diketahui

Burung ini memiliki dua jenis yaitu mata putih dan mata kuning. Biasanya yang memiliki mata putih kurang pintar dalam mengolah suara. Namun suara burung ini tergolong cukup unik dan bisa menirukan suara manusia.

Selain itu, burung ini juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mata kuning. Biasanya burung mata kuning lebih banyak diburu karena memiliki kemampuan menirukan suara sekitar dengan pandai.

ciri-burung-jalak-kebo

Sedangkan perbedaan burung jantan dan betina bisa dilihat dari tubuhnya dan suara yang dihasilkan. Biasanaya burung jantan memiliki kicauan yang lebih bervariasi serta bagian kepala memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan burung betina.

Pada burung jantan terdapat jambul di dekat paruh depan dengan warna bulu lebih hitam pekat dibandingkan dengan burung betina. Ukuran tubuh burung jalak kebo jantan juga lebih kecil dan terlihat kurus.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Kacer Mabung Sampai Tuntas

Sedangkan pada bagian ekor pada burung jantan terlihat lebih menyatu. Berbeda dengan ekor burung jantan yang lebih mengembang. Di bagian kloaka burung jantan terlihat lebih menonjol dan memiliki bentuk kerucut dengan sedikit bulu.

Sedangkan pada burung betina memiliki kloaka yang terlihat lebih bulat datar dengan adanya tambahan bulu bulu yang panjang. Burung ini masih sedikit dipelihara karena cukup sulit ditemukan di alam liarnya. Burung ini juga apabila dipelihara oleh manusia, sangat cepat sekali untuk beradaptas dan jinak, namun burung jalak kebo ini rata-rata memiliki nafsu makan yang sangat tinggi (doyan makan) akan tetapi kotorannya juga banyak sekali.

Nah bagi yang ingin memelihara burung ini, setidaknya anda harus rajin setiap harinya untuk dapat membersihkan kandangnya agar selalu terjaga kesehatan dari burung ini.

Harga dan Suara Jalak Kebo

Burung ini memiliki suara dengan ciri khas tersendiri dimana kualitas kicauannya berbeda dengan burung burung lain. Namun, harga burung ini berbeda beda tergantung dari kualitas kicauannya.

Dimana ketika burung tersebut bisa meniirukan suara manusia maka harganya akan lebih mahal. Selain itu, harga burung jalak kebo anakan tergolong lebih murah dibandingkan dengan burung yang sudah dewasa. Karena kicauannya belum sebagus saat dewasa.

harga-burung-jalak-kebo

Namun, harga burung ini tergolong cukup murah dibandingkan dengan burung kicauan yang lain. Untuk harga terbaru dipasaran – anakan biasanya dibandrol mulai sekitar RP 75 ribu. Sedangkan untuk burung yang sudah pandai gacor biasanya memiliki kisaran harga mulai dari Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu.

Harga paling mahal adalah burung mata putih yang bisa berbicara yaitu dibandrol antara Rp 500 ribu hingga Rp 600 ribu. Sedangkan mata putih yang belum panda gacor biasanya dibandrol dengan harga Rp 100 ribu.

Baca selengkapnya :  Download Suara Anis Kembang Gacor Ngeplong Mp3

Biasanya harga ini akan selalu berubah karena dipengaruhi oleh musim dan keadaan pasar. Selain itu, perbedaan ini juga dipengaruhi perbedaan tempat antara satu dengan yang lain. Bagi anda yang ingin mendapatkan burung jalak kebo dengan harga yang murah sebaiknya memilih yang masih anakan.

Meskipun burung ini belum pandai gacor namun anda bisa memberikan perawatan yang tepat sehingga burung ini lebih rajin berkicau.

Jalak kebo memang tergolong burung yang jarang dipelihara karena cukup sulit diperoleh, namun cara merawat burung ini tergolong mudah. Burung ini memiliki kicauan yang menarik bahkan bisa menirukan suara manusia.

Harganya yang tergolong murah bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin memelihara burung. Apalagi untuk anakan burung ini yang biasanya dibandrol dengan harga mulai Rp 75 ribu setiap ekornya.

Bagaimana ?. Apakah anda ingin membeli dan memelihara burung yang satu ini!. Demikian informasi yang dapat kami sampai berdasarkan fakta yang ada dilapangan, semoga bermanfaat.