Burung Siri Siri

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Halo kicau mania bagaimana kabar kalian, semoga sehal selalu ya. Kembali lagi di artikel ini kami akan berbagi informasi seputar Burung Siri Siri yang saat ini mulai menjadi incaran para pecinta burung kicau.

Siri-siri masuk ke familia pycnonotidae yang secara sekilas terlihat seperti burung cucak rawis, namun tentunya keduanya memiliki jenis yang berbeda ya. Biasanya dipelihara karena suaranya sering dan cocok

digunakan sebagai materi isian burung lomba seperti Murai Batu dan juga Kacer. Dia memiliki kicauan yang lumayan bervariasi ditambah lagi dengan volume yang lantang menjadikannya semakin menarik.

Tetapi kalau kalian hanya ingin memeliharanya sebagai hiburan saja tentunya tidak masalah. Daripada kalian semakin penasaran untuk mengenal unggas pengicau ini lebih jauh, yuk simak artikel kami sampai habis.

suara-burung-siri-siri

Mengenal Burung Siri

Jenis Burung Siri-siri

Burung ini memiliki dua spesies yakni burung siri-siri besar dan burung siri-siri kecil, keduanya berasar dari tenpat yang berbeda namun sekilas sama hanya berbeda ukuran tubuh saja.

1. Siri-siri besar

Jenis Burung yang satu ini yang biasanya disamakan dengan cucak rawis karena memiliki warna bulu yang mirip dan juga ukuran tubuh yang sama. Meskipun begitu perbedaan terletak pada suara kicauannya.

Burung ini memang sering digunakan sebagai masteran karena memiliki suara yang nyaring serta tembakan-tembakan yang tentunya sangat bagus untuk materi burung lomba. Memiliki nama latin Ixos Virescens Sumatranus.

Dia berasar dari pulau sumatera dan mendiami hitan-hutan yang terletak pada wilayah Bukit Barisan. Meskipun mirip dengan siri-siri jawa, diatas kepalanya terdapat bulu kecil seperti jambul, memang tidak begitu kentara apabila dilihat sekilas mata.

Baca selengkapnya :  Burung Betet

burung-siri-siri-besar

2. Siri-siri Kecil

Untuk jenis siri-siri yang satu ini yang disebut juga dengan siri jawa dimana dia memang berasar dan mendiami pulau jawa khususnya daerah kaki gunung slamet dan juga merapi.

selain di pulau jawa, siri-siri kecil ini banyak juga ditemukan didaerah pulau Bali. Memang mirip dengan siri-siri besar yang berbeda hanya pada ukuran tubuhnya dan juga volume suaranya yang tidak terlalu lantang.

Hal ini juga yang menyebabkan dia banyak diincar sebagai koleksi saja, namun untuk yang sudah gacor suaranya kicauannya juga tak kalah merdu tetapi kalian harus merawatnya dengan baik dan benar.

burung-siri-siri-kecil

Makanan Burung Siri-siri

Sebenarnya dia memakan serangga atau hewan kecil di sekitar sarangnya namun dalam perawatan kalian bisa melatihnya untuk memakan voer kasar tetapi tidak sekaligus ya harus pelan-pelan terlebih kalau yang kalian

miliki merupakan hasil tangkapan liar tentunya diperlukan kesabaran untuk menjinakkannya. Selain itu kalian bisa memberikannya jangkrik dan juga ulat hongkong bahkan kroto sebagai makanan tambahannya.

Tetapi kalau biasanya burung lain diberikan EF cukup 1/2 sendok teh perhari burung siri-siri ini memerlukan EF dengan jumlah yang lebih banyak karena memang metabolisme tubuhnya yang baik sehingga memerlukan asupan protein.

Selanjutnya kalian juga bisa memberikan pisang kepok putih, mengapa harus jenis kepok putih karena rasanya manis dan juga tidak terlalu lembek. Kalau kepok kuning biasanya rasanya sedikit masam serta tekstur buahnya lebih lunak.

Perawatan Harian Siri-Siri

Untuk menjadikannya gacor tentunya perawatan terbaik harus kalian lakukan. Sebenarnya tidak sulit hampir sama saja dengan merawat burung kicau lain dan juga harus dilakukan secara rutin.

1. dimandikan setiap hari pada pukul 7.30 selama 30 menit.
2. bersihkan kandang secara rutin.
3. berikan makanan yang bergizi serta minuman harus air matang.
4. jemur dibawah sinar matahari sampai bulunya kering maksimal 1 jam.
5. sambil istirahat ditempat yang adem bisa sambil kalian masteri dengan suara burung yang sudah gacor.
6. pada malam hari kerodong ditutup supaya burung bisa beristirahat dan juga sambil didengarkan remakan suara masteran.

Baca selengkapnya :  Langkah Setingan Kacer Giras Untuk Lomba Type Panas Dan Dingin

kalau dilakukan secara konsisten, maka hasilnya akan terlihat meskipun waktunya tergantung dari kondisi si burung juga ada yang cepat ada juga yang memerlukan lebih banyak waktu.

Nah itulah tadi ulasan tentang burung siri siri, semoga informasi ini berguna bagi kita semua dan untuk informasi burung lainnya baca artikel kami yang lengkap dan pastinya disuguhkan dengan sepenuh hati untuk kalian.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari