Cara Merawat Burung Kadalan Birah

Cara Merawat Burung Kadalan Birah – Halo sobat kicau setelah sebelumnya kita mengulas tentang kadalan birah mulai dari ciri, habitat sampai ke harganya tapi kami belum memberikan informasi tentang rawatan

hariannya, bagaimana memandikannya cara memberikan makanannya dan cara penjinakkan apalila kalian dapat dari hasil tangkapan di alam bebas. Nah pertama kalian tentu harus membaca dulu tentang karakter dari

kadalan birah yang mau dibeli atau dirawat serta mengetahui apa jenis kelaminnya. Sedikit saran dari kami sebaiknya memelihara kadalan birah sepasang supaya si burung tidak kesepian. Meskipun dialam bebas dia juga

tidak hidup secara berkoloini melainkan bergabung dengan jenis unggas lain. Kadalan birah sendiri memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dengan paruh yang kuat dan besar karena makanannya juga berupa

serangga-serangga yang cukup besar dan juga hewan melata kecil seperti kadal dan anakan ular. Namun yang paling mengejutkan dari burung ini ialah dia akan cepat beradaptasi dengan pemiliknya apabila diperlakukan

dengan baik jangan gerasak-gerusuk dalam merawatnya pastikan gerakan kalian tenang supaya dia juga tidak kaget yang nantinya akan membuat dia takut ke manusia, Untuk cara rawatan selengkapnya langsung saja baca artikelnya sampai habis.

mitos-burung-kadalan-birah

Cara Rawatan Harian Burung Kadalan Birah

1. Memandikan Kadalan Birah

Untuk menjinakan dan juga supaya dia lebih rileks kalian bisa memandikannya setiap hari dipagi hari, caranya cengan menyemportkan menggunakan sprayer setingan halus dulu untuk adaptasi karena biasanya dia

tidak pernah dimandikan. Kalau sudah terbiasa kalian bisa meningkatkan lagi kekuatan semprotan airnya. Nah Selain itu mandi juga berguna untuk membersihkan bulunya sehingga warnanya lebih berkilau.

Apakah kadalan birah tidak di embun ? pengembunan boleh saja dilakukan tetapi tidak diwajibkan dalam hewan yang satu ini. Tapi kalau kalian mau boleh – boleh saja supaya dia menghirup oksigen pagi.

harga-burung-kadalan-birah

2. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Penjemuran dilakukan untuk mengeringkan bulunya dan juga supaya dia mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi yang berguna untuk merubah provitamin D menjadi Vit D dan juga meningkatkan daya tahan

tubuh si burung. Namun kadalan birah ini tidak begitu menyukai udara panas sehingga penjemuran dilakukan cukup 1 sampai 2 jam saja. Penjemuran usahakan di waktu yang sama.

3. Membersihkan kandang Burung Secara Rutin

Mengingat ukuran tubuhnya yang lumayan besar, hal ini juga yang menyebabkan dia kotorannya banyak. Kalau tidak dibersihkan dengan rutin akan menumpuk dan banyak mengandung kuman dan virus penyakit.

Kadalan birah sendiri dilirik karena keunikan fisiknya karena secara suara memang kurang menarik sebenarnya baik jantan dan betina terbilang monoton dan hampir mirip.

4. Memberikan Makanan Bergizi

Asupan makanan yang bergizi sangatlah diperlukan untuk menjaga kesehatan dan juga menaikan potensi yang dimiliki oleh individu burung itu. Kadalan birah ini makannya cukup banyak karena tubuhnya besar.

Dia tidak memakan voer sehingga jangkrik dijadikan pakan utamanya. dia juga menyukai cicak dan juga cacing tanah. Bisa kalian berikan. Biasanya dalam sehari memakan 15 ekor jangkrik ditambah EF serangga lain untuk memenuhi kebutuhan hariannya.

cara-merawat-burung-kadalan-birah

5. Masteri Secara Rutin Supaya Gacor

Setelah dijemur kalian bisa menggantungnya di lokasi yang lebih adem, kalau kalian mau kadalan birah yang rajin ngicau tentunya kalian juga harus rajin melatihnya dengan memasterinya.

Dengan perawatan terbaik, pemasteran rutin serta asupan makanan dan minuman yang terjaga baik vitamin dan gizi, maka cepat atau lambat kalian akan mendapatkan progres yang baik dan dia semakin jinak bahkan tanpa pakai kandang.

Bagaimana sobat kicau, apakah informasi ini menarik dan bermanfaat ? semoga cara merawat burung kadalan birah ini bisa dilakukan dengan benar sehingga kalian bisa memeliharanya dengan baik, jinak bahkan bisa gacor.