Mengenal Jenis Burung Kacer Tretes Beserta Pola Rawatannya

Diposting pada

Suhu Kicau kali ini akan membahas tentang burung kacer tretes atau yg sering dikenal dg sebutan kacer dada hitam ya temen-temen, ada banyak kalangan penghobi kacer mania ini yg masih belum mengetahui kelebihan dan kekurangan kacer tretes dan bagaimana sih cara rawatan hariannya ?, khususnya bagi yang masih pemula yg pasti sangat membutuhkan informasi ini monggo disimak sampai tuntas ya.

Ciri Kacer Tretes

Jika kalian hanya melihat sekilas saja dari bentuk tubuhnya burung kacer memang terlihat sama ya, namun berbeda dengan tipe burung yg satu ini ya, dari corak warna pada bulu dan ukuran fisik jauh memiliki perbedaan dengan ciri kacer poci pada umumnya.

Untuk bodynya kacer tretes ini memang memiliki ukuran lebih panjang dan besar ya, serta warna khas pada bagian dadanya berwarna hitam semua, walaupun ada putihnya mungkin hanya sedikit dan itupun samar-samar saja ya. Burung ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh kacer lainnya, yaitu dari suara vokalnya sangatlah kencang serta merdu dan memiliki variasi yg sangat banyak ya.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat gambar burung kacer tretes dibawah ini :

mengenal-burung-kacer-tretes

Namun kenapa jika kita perhatikan di arena gantangan kenapa penghobi kacer ini jarang menggunakan kacer tretes ini sebagai burung gacoan ya, bahkan hampir tidak ada, rata-rata mereka menggunakan kacer poci biasa. Namun ada beberapa pertanyaan dari temen-temen kicau mania apakah kacer tretes bisa ikut lomba ?.

Jawabannya ya bisa-bisa saja ya, nah jika kita analisa disinilah kelemahannya, jika burung ini di trek dengan jenis kacer poci biasa tentu menurut versi suhu kicau lebih memilih burung kacer hitam putih (poci) biasa ya, karena lebih memiliki speed yg rapat dan mental fighter yg jauh lebih baik, ketimbang si kacer tretes ini, itulah alasannya para temen-temen kicau mania jarang sekali menjadikan burung kacer tretes sebagai gacoan lapangan, dan hanya untuk gacoran rumahan saja.

Baca selengkapnya :  Inilah Cara Setingan Murai Lomba Agar Menjadi Juara

Baca juga artikel terkait lainnya : setingan kacer giras

Nah bagi teman-teman disini kalau punya burung kacer dada hitam, kami juga akan memberikan sedikit tips tentang perawatannya, yang pastinya kalian sudah tahu ya, Ada burung kacer yang warnanya dan hanya hitam polos hitam itu ada pula yang bercorak kombinasi putih hitam biasanya ataus sering disebut-sebut poci, yuk simak pembahasannya dibawah ini :

Tips Perawatan Kacer Tretes

Burung teman-teman dalam keadaan sehat ya terlebih dahulu tentu dalam menerapkan perawatannya bisa lebih aman, kenapa kalau burung teman-teman sedang sakit berarti kita rawat proses penyembuhan sakitnya terlebih dahulu.

Untuk yg pertama perawatan Harian dari segi penjemuran ya pagi hari wajib untuk kita jemur atau kita embunkan secara rutin setiap hari ya, setelah melakukan penjemuran ini kalian bisa siapkan pakan kesukaannya berupa serangga atau EF yang dikasihkan pada burung kacer dada hitam, bisa berupa keroto segar ataupun jangkrik kurang lebih sekitar 3 – 4 ekor saja, dan kemudian sorenya cukup dikasih kembali 2 – 3 ekor.

Dan Jadwal pemberian kroto bagusnya siang hari ya, dg takaran 1 sendok makan saja, jangan terlalu kebanyakan juga ya, karena jika terlalu banyak pemberiannya burung malahan bisa over birahi nantinya. Intinya dalam melakukan rawatan hariannya kalian harus konsisten ya agar sirkulasi dari pola rawatan yg temen-temen lakukan si burung bisa cepat menstabilkan dan membangun powernya sendiri nanti.

harga-kacer-tretes

Baca juga : rawatan kacer tipe dingin

Harga Burung Kacer Tretes

Untuk kacer tretes harga pasaran terbarunya saat ini sangat murah ya, untuk yg jadi dg usia sudah dewasa (mapan) dan sudah gacor dibanderol antara 500-750 ribuan saja kok. Dan untuk yg masih bahan muda yg jantan biasanya 200-300 ribu. Serta untuk betina hanya 150 ribuan per/ekornya.

Baca selengkapnya :  5 Cara Merawat Jalak Kebo Harian Agar Cepat Gacor

Oke jadi itu saya info seputar kacer tretes yg bisa kalian jadikan sebagai bahan referensi ya, dan kiranya dapat menambah ilmu pengetahuan seputar dunia kicau kacer mania, salam satu hobi hitam putih sukses selalu.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari