Cara Mudah Membedakan Pleci Jantan Dan Betina

Diposting pada

halo berjumpa lagi di website SuhuKicau.Com yang dimana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips seputar cara membedakan pleci jantan dan betina, khususnya bagi para pemula tentu kalian masih bingung ya, maka dari itu akan kita bahas bersama disiniya.

Burung pleci saat ini menjadi populer di kalangan kicaumania ya, walaupun burungnya berukuran kecil namun ciri khas yang dimilikinya sangatlah istimewa, baik dari suara, karakter dan tampilannya juga sering dijadikan sebagai burung lapangan ataupun rumahan ya.

ciri-pleci-jantan-muda

Cara Membedakan Pleci Jantan Dan Betina Akurat


Ciri Pleci Betina

Oke teman-teman untuk ciri-ciri yang pertama kita lihat dulu mulai dari pleci betina, nah jika kita amati dengan cermat pleci betina ini memiliki lingkar mata yang tipis dan juga putus-putus, kemudian yang kedua kita lihat dari warna bulu di mana pleci betina memiliki warna bulu yang cenderung kasar dan juga berwarna kusam atau pudar.

Dan pada punggungnya maupun pada warna yang pada pleci betina ini memiliki warna hijau yang cenderung memudar, cara yg lainnya mungkin bisa juga kalian langsung pegang burung tersebut dan raba pada bagian kloaka ataupun duburnya ya,

saat kalian memegang di kasih air sedikit di bagian perut atau di sekitar duburnya nah tentu temen-temen bisa rasakan saat meraba vent / dubur untuk pleci betina memiliki bentuk yang horizontal atau sejajar dengan perut ke arah bawah, jika ciri-ciri tersebut kalian dapati tentu sudah bisa diprediksi dengan kuat bahwa burung itu sebagai pleci betina.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Burung Pleci Buxtoni Yang Bagus

Ciri Pleci Jantan

perbedaan pleci jantan dan betina dada kuning, dan kemudian ciri-ciri berikutnya adalah untuk yang pleci jantan nah disini teman-teman mungkin sudah bisa bedakan dengan yang tadi bagaimana ?.

Untuk yang pleci jantan memiliki lingkar mata yang sangat tebal dan juga tegas Nah ini bisa dilihat lingkar matanya tidak putus-putus kemudian sangat tebal.

Berikut kita bisa lihat juga pada warnanya, Di mana padi jantan memiliki warna yang sangat kontras dan memiliki bulu yang sangat halus sedangkan pada betina tadi memiliki bulu yang kasar kemudian berwarna kusam sangat sekali dengan jantan yang memiliki warna yang lebih terang kemudian bulu-bulunya sangat halus,

Kemudian ciri-ciri jantan berikutnya bisa kita lihat pada bagian lainnya, nah untuk jenis pleci jantan memiliki vent yang sangat panjang dan tegak lurus ke atas berbeda dengan betina yang ke arah bawah, maka untuk jantan ini memiliki vent yang tegak lurus ke atas dan lebih menonjol kemudian diperhatikan pada bagian lainnya yang terdapat bulu-bulu yang panjang dan juga tebal ya,

dari ciri-ciri pleci jantan dan betina tentu kalian sudah bisa kalian bedakan ya temen-temen, nah biar lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini :

Berikut gambar pleci jantan dan betina

gambar-ekor-pleci-jantan-dan-betina


pleci-jantan-dan-betina-jika-disatukan

pleci jantan dan betina jika disatukan

namun bagaimana cara membedakan pleci jantan dan betina dari suaranya ?. Apakah karakter suaranya berbeda !. Ya Tentu agak berbeda ya, biasanya untuk yg betina ini cenderung lebih monotong suara pleci saja, namu si betina mampu bukpar, ngerol dan bongkar isian lagu jika sudah on dan stabil birahinya ketika berkicau.

Tips Rawatan Harian Untuk Burung Pleci Bahan

Memberikan tips mengenai perawatan harian burung pleci yang sebagian besar Para Kicaumania sudah mengetahui burung ini dan saya rasa banyak dari teman-teman yang memelihara burung ini ya,

Baca selengkapnya :  Suara Burung Jalak Kebo Masteran Ampuh Burung Macet Bunyi

nah bagi temen-temen yang masih pemula atau masih bingung dalam perawatan burung pleci ini, namun tidak perlu bingung lagi karena kali ini saya akan memberikan tips mengenai perawatan burung pleci ini Oke tidak perlu berlama-lama lagi langsung saja kita ke langkah yang pertama.

Pengembunan Pagi Bagus Untuk Pleci

Tahap yang pertama kita mulai dari pengembunan pengembunan ini bisa dilakukan pada pukul 5 atau 5.30 pagi, nah pengembunan ini sangat bermanfaat sekali untuk burung pleci yang masih bahan maupun yang sudah jadi untuk mengaktifkan dia agar lebih cepat lagi untuk berbunyi.

Bersihkan Kandang Secara Rutin

Kedua setelah pengembunan sekitar 7 pagi dan Matahari mulai naik dan terik saat kita untuk memandikannya pertama-tama kita keluarkan dari pakan dan juga minumannya jangan lupa juga untuk selalu membersihkan alas sangkar agar kotorannya hilang dan sangkarnya selalu bersih.

Lakukan kebersihan kandang ini dari kotorannya setiap hari ya, karena burung yang kecil ini tergolong suka makan voer dan kotorannya pasti banyak setiap harinya, hehe.

pleci-jantan-yang-bagus

Pemandian Dan Penjemuran

Untuk memandikan burung itu sendiri kita bisa gunakan semprotan Jangan lupa untuk menyemprotkan tekanan yang halus agar tidak melukai ataupun merusak bulu pleci untuk memandikan burung pleci sendiri tidak perlu sampai basah kuyup ya, hanya setengah basah kuyup saja.

Nah pemandinan ini sangat banyak sekali manfaatnya untuk pleci salah satunya adalah birahi burung pleci membuat dia nyaman dengan bulu-bulunya yang bersih dan halus dan juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan birahi si burung pleci agar lebih stabil dan cepat berbunyi,

nah untuk tahap berikutnya adalah penjemuran ya, pada saat penjemuran ini Jika teman-teman punya lebih dari satu burung pleci kita bisa menggunakan sistem koloni saat penjemuran nya,

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Merpati Agar Juara

karena burung pleci ini bersifat koloni atau bergerombol maka saya anjurkan buat teman-teman untuk memelihara burung pleci ini lebih dari 1 ekor yang sangat berguna untuk lebih cepat lagi memunculkan burung pleci ini untuk bunyi.

Nah untuk pakannya bisa kalian cek di artikel lainnya disini ya : makanan untuk burung pleci agar cepat gacor

Nah jadi itu saja ya tips yang dapat kami bagikan seputar cara membedakan pleci jantan dan betina, semoga dapat bermanfaat untuk para pleci mania nusantara, salam kicau mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari