Mengenal Ciri Cucak Ijo Banyuwangi (Harga dan Suara)

Diposting pada

cucak ijo banyuwangi – Burung Cucak Ijo merupakan spesies burung kicau yang terkenal merdu kicauannya. Sehingga populer untuk dijadikan peliharaan para pecinta burung. Cucak Ijo sendiri memiliki beberapa jenis dan ada yang dibedakan menurut tempat tinggalnya.

Dari semua jenis Cucak Ijo Banyuwangi merupakan yang paling diburu karena gacor maksimal. Untuk mengenal lebih dekat jenis burung merdu satu ini, yuk simak ulasannya berikut.

Berkenalan Dengan Cucak Ijo Asli Banyuwangi


1. Asal Usul

Sesuai dengan namanya, burung satu ini berasal dari kota di ujung Jawa Timur, Banyuwangi. Dilansir dari berbagai sumber, cucak ijo memiliki beberapa spesies salah satu ada di alas Purwo Banyuwangi.

Burung satu ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dan juga kualitas suara yang sudah tak diragukan lagi. Hingga banyak yang percaya jika burung dari Alas Purwo ini lebih mudah untuk dijadikan jawara lomba maupun masteran.

burung-cucak-ijo

Selain dari Alas Purwo ada juga sub spesies dari Cucak Ijo yang juga bisa ditemukan di Banyuwangi yakni di hutan Sanggon Pesanggaran. Sementara yang lainnya berada dikawasan kaki gunung ijen.

Hanya saja untuk sub spesies ini kualitasnya tidak sebagus yang berasal dari Alas Purwo. Baik dilihat dari segi mental, postur tubuh, warna hingga kualitas gacorannya. Membuat Cucak ijo Banyuwangi dari Alas Purwo begitu spesial dan banyak diburu.

2. Ciri Ciri

Burung cucak Ijo yang berasal dari Banyuwangi ini bisa dikatakan memiliki ciri yang terbilang istimewa. Burung yang berasal dari Family Chloropeseidae ini sangat khas jika dilihat dari fisiknya.

Baca selengkapnya :  Cara Sukses Ternak Cucak Rowo

Meskipun hanya memperhatikan sekilas pasti sudah bisa membedakan burung satu ini. Ukuran tubuh pada Cucak Ijo dari Banyuwangi panjang dan juga sedikit melengkung. Sangat berbeda dengan jenis cucak ijo yang berasal dari daerah lainnya.

Untuk warnanya hijau jelas dan juga gelap sementara Cucok Ijo lainnya memiliki warna sedikit kekuningan. Selain warnanya, bulu pada cucok Ijo dari Banyuwangi ini juga lebih panjang dengan ekor yang lentur.

Karena ekornya yang lentur inilah yang membuat postur tubuhnya sedikit melengkung saking lenturnya. Pada bagian pipinya dan sayap bagian atas memiliki warna biru dan untuk leher Cucak Ijo Banyuwangi memiliki warna hitam.

Dari segi suara bisa dikatakan jika tidak terlalu bervariatif. Namun ketika burung langka satu ini diadu maka ia akan mengeluarkan suara yang bervariasi. Sehingga dibutuhkan pemasteran yang tepat pada burung satu ini.

Yang membuat fisiknya juga istimewa adalah hadirnya jambul yang berdiri ketika ngentrok. Biasanya jambul ini akan terlihat ketika burung ngerol dan juga bisa memiliki gaya atraktif cenderung agresif ketika berkicau.

cucak-ijo-bahan

3. Harga Dan Suara

Sebenarnya untuk mendapatkan burung satu ini yang asli tidaklah mudah. Langkanya burung ini membuat harganya juga melambung. Bila anda menemui penjual jenis ini akan sangat sulit menjamin keasliannya.

Harga burung kicau satu berada di kisaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Apalagi untuk burung yang sudah menang kontes atau memiliki pemasteran yang baik pasti harga burung Cucok Ijo Banyuwangi akan jauh lebih mahal.

Keindahan burung satu ini memang telah menarik perhatian banyak pecinta burung. Membuat populasinya langka dan lindungi agar tetap ada terjaga keberadaannya. Inilah yang membuat sangat sulit untuk menemukan burung Cucok Ijo Banyuwangi yang asli.

Baca selengkapnya :  8 Macam Burung Kelas Atas Yang Terkenal Di Indonesia

Baca juga artikel lainnya : Masteran Suara Cucak Ijo

Jikapun ada kemungkinannya sangat kecil karena bisa saja sudah dikawin silang dengan cucok ijo yang berasal dari daerah lain. Hanya saja ciri khasnya nampak jelas jadi mudah membedakannya.

Suara cucak ijo banyuwangi mp3

Link | Download