Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Malas Bunyi

Diposting pada
Rate this post

cucak ijo malas bunyi, kembali lagi masih bersama situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu setia memberikan info-info terupdate dan berkualitas seputar hobi burung kicau, nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips analisa, penyebab cucak ijo malas bunyi serta solusi cara mengatasinya.

Bagi para penghobi burung cucak ijo mania ini tentu sudah paham bagaimana cara membuatnya gacor ya, khsusnya untuk yang masih junior pemula belum banyak yang mengetahui cara menangani permasalahan jika burung cucak ijo kesayangannya tiba-tiba tidak mau gacor dan bisu seketika, nah memang banyak faktor penyebabnya ya temen-temen.

Maka dari itu kita akan share dan bahas secara detail masalah kenapa cucak ijo malas bunyi ?. Biar nggak pada gagal paham, yuk langsung aja kita simak artikel selengkapnya dibawah ini :

Analisa Cucak Ijo Macet Bunyi Dan Giras


Sebelum kalian lakukan rawatan penggacoran, tentu kalian sebagai perawatnya harus mengetahui terlebih dahulu ya penyebab-penyebabnya kenapa kok sampai bisa si cucak ijo burung kalian ini bisa macet ?.

Yang dimaksudkan disini untuk burung cucak ijo yang tadinya gacor ya, eh tanpa ktia sadari si burung jadi malas untuk berkicau, bukannya untuk burung yg masih bahan atau trotolan, tentu kondisinya berbeda ya.

Kalau burung yang masih bahan wajar saja dia berkicau semaunya atau terkadang masih belum mau gacor, namun disini khusus untuk si cucak ijo yang tadinya sudah gacor dikarenakan ada sesuatu yang akhrinya membuatnya menjadi lebih pendiam bahkan menunjukan prilaku giras dan menjadi terlihat tidak tenang (grabakan).

Baca selengkapnya :  Inilah Manfaat Madu Untuk Kacer Supaya Cepat Gacor

cara-mengatasi-burung-cucak-ijo-malas-bunyi

Penyebab Cucak Ijo Tidak Mau Kunjung Gacor


Kondisi Sedang Mengalami Stres

Penyebab yang pertama ini bisa dikarenakan akibat stres karena kaget karena sangkarnya terjatuh dan si burung ini mengalami luka pada bagian luar atau dalamnya, atau gara-gara diserang hewan predator seperti, kucing, anjing ataupun lain sebagainya yang membuat kondisi psikis burung menjadi traumatik.

Kondisi Kesehatan

Bisa juga karena kondisi burung sedang drop atau sakit karena perubahan cuaca alam yang memang burung tersebut sedang tidak FIT jadi mudah terserang virus, atau penyakit hewan unggas yang lainnya.

Kondisi Drop Mental

Namun bisa karena sering dibawa ke arena lomba dengan jam terbang yang terlalu padat, hingga burung terlalu capek ataupun ngedrop mentalnya kalah tanding di area gantangan hingga membuat mentalnya jadi turun dan malas untuk berkicau!.

Kondisi Over Birahi

Burung cucak ijo yg sedang mengalami over birahi ini tentu, dan justru enggan berkicau ya, nampak menunjukan perilaku yang terlalu agresif, galak, walaupun bunyi itupun suara monoton asli cucak ijoan saja, tidak mau bongkar isiannya.

Over birahi burung tersebut bisa disebabkan dari pakan EF yang berlebih, atau juga sering di cas dengan burung cucak ijo betina, jadi keinginan burung ingin kawin dan reproduksinya sedang naik dan tinggi-tingginya, ya.

Kondisi Masuk Masa Mabung

Nah untuk perihal tentang masalah mabung ini, tentu jarang dipikirkan oleh sebagian para perawatnya, karena faktor masa siklus mabung tentu sudah hal yang wajar ya untuk setiap jenis burung ocehan pasti akan mengalami dan melewati masa-masa mabung atau proses ganti bulu lama dengan yg baru.

Namun terkadang setiap jenis burung berbeda-beda juga cara melewati proses mabung ini, ada yang ambrol total dan juga ada yang proses nya lama seperti nyulam bulu. Jadi jika burung sedang ingin memasuki masa mabungnya ini kalian tidak perlu khawatir ya , karena ini sudah ketentuan alam dan memang harus kita lewati dengan perawatan yang lebih inten agar kelak setelah beres mabung, si burung bisa tampil lebih optimal dan joss lah pokoknya.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Jalak Putih

Kondisi Salah Dalam Perawatan Harian

Permasalahan rawatan harian tentu menjadi faktor paling utama juga, baik dari pola penjemuran, mandi, pemberian makanan yang seimbang, teknik penggunaan kerodong, sampai pemasteran yang tepat juga menjadi hal yang harus kalian perhatikan ya,

intinya dalam merawat setiap jenis burung itu haruslah konsisten, terlebih dengan memberikan perawatan pada burung semi fighter seperti cucak ijo ini.

Cara Merawat Cucak Ijo Yang Malas Bunyi

Lalu bagaimana sih cara mengatasi permasalahan tersebut, berdasarkan pengalaman kami, cuman dalam waktu 4 hari insyallah burung cucak ijo temen-temen kembali gacor seperti semula :

Trik Yg Pertama

Ya ini untuk yang pertama trik ini yang 1 minggu belum ada perkembangan pertama saya lanjutkan untuk yang kedua ini bahannya cukup mudah tentunya kalian menyiapkan gula pasir atau gula putih cukup satu sendok saja kita larutkan dengan menggunakan air panas air panas secukupnya,

Oke kita tuk tunggu sampai dingin tentunya untuk memaksimalkan penyembuhan burung cucak ijo hal yang macet kalian untuk membantu kalian embunkan sekitar jam 5 pagi, dan untuk penjemuran cukup 15 menit saja untuk burung yang macet.

Oke di trik yg pertama ini kalian cukup kasihkan 1 cepuk yang untuk perhari berturut-turut sampai bunyi ya temen-temen.

Dan jika selama 5 hari atau 10 hari kondisi si burung ini belum sembuh juga maka kita lanjut ke tahapan selanjutnya.

air-gula

Trik Yg Kedua

Cara ini lebih cepat pastinya, namun kalian harus menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya kalau kalian tidak punya bisa langsung beli di pasar ya,

bahan bumbu dapur yg sering dijadikan masakan adalah temu kunci, bentuknya sama seperti jahe ya, lalu kalian cuci sampai bersih selanjutnya setelah kalian kupas kulitnya dan potong-potong kunci tersebut lalu rebus menggunakan air hingga mendidih dan matang, setelah itu dinginkan dan siap untuk kita sajikan sebagai minuman hariannya untuk si cucak ijo.

Baca selengkapnya :  Perawatan Murai Batu Trotol Yang Baik Dan Benar

temu-kunci

Trik Yg Ketiga

Selanjutnya untuk bahan yg kalian dibutuhkan adalah tomat ya, nah buah tomat yang segar bisa kalian parut manual menggunakan tangan ataupun blender lalu kita saring ampas nya ya, untuk sari tomatnya cukup 1 sendok makan, di kombinasi dengan 3 sendok rebusan temu kunci dan ditambahkan 1 sendok gula pasir ya.

tomat

Cara ini berkolaborasi dengan trik yang pertama dan kedua ya, nah kalian cukup kasihkan sari tomatnya yang sudah kita campur dengan rebusan temu kunci, dan gula pasir tersebut yg nanti kita akan berikan kepada burung cucak ijo yg sedang macet itu agar supaya bisa kembali pulih lagi dengan cepat.

jamu-cucak-ijo-macet-bunyi

Terapi Burung Cucak Ijo Malas Bunyi

Bisa juga kalian setel suara audio mp3 pancingan cucak ijo malas bunyi, biasanya menggunakan terapi air dan suara kicauan cucak ijo betina agar si jantannya ini lebih cepat pulih mentalnya dan mau berkicau kembali seperti sediakala.

Silahkan kalian download secara gratis file masteran terapi untuk burung cucak ijo : download suara cucak ijo betina pikat

Demikianlah tips yg bisa kami share seputar cucak ijo malas bunyi, agar burung cucak ijo kesayangan kalian cepat kembali gacor dor lagi ya temen-temen, semoga dapat bermanfaat.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari