Cara Mudah Merawat Burung King Konin Agar Cepat Gacor

Diposting pada

Memiliki burung yang bisa gacor tentunya akan sangat menyenangkan, karena anda bisa mendengarkan celotehnya setiap hari. Bahkan burung tersebut bisa diikutkan kontes sehingga bisa menjadi juara.

Burung ini yang memiliki nama latin – Leptocoma Calcostetha. Sebagai salah satu burung yang memiliki kicauan yang enak didengar adalah burung king konin atau sering disebut dengan burung kolibri raja. Agar burung ini bisa cepat gacor, maka anda harus merawatnya dengan baik.

Tips Merawat Burung Kolibri Raja Agar Cepat Gacor


1. Melakukan Pengembunan Secara Rutin

Burung kolibri raja membutuhkan udara yang segar sehingga bisa lebih lincah dan cepat berbunyi. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengembunan secara rutin setiap pagi.

Alangkah baiknya jika anda melakukan pengembunaan pada jam 05.00 pagi, karena pada saat ini, burung kolibri raja bisa menghirup udara embun sembari menunggu matahari terbit. Anda bisa melakukannya dengan menggantang sangkar di bawah pohon.

kolibri-raja

2. Memandikan Burung setiap pagi

Kondisi tubuh yang bersih dan segar akan membuat burung ini merasa senang, sehingga memicu untuk lebih cepat gacor. Agar tubuh burung kolibri raja tetap terjaga kebersihannya, anda perlu memandikannya secara rutin dengan menyemprot mengguanakan spray secara teratur.

Memandikan dengan cara ini akan memberikan kesan seakan akan burung king konin sedang mandi air hujan. Lakukan secara rutin yaitu sekitar jam 07.30 pagi.

Baca selengkapnya :  Mengenal Ciri Burung Jalak Kebo

3. Membersihkan Sangkar Burung

Selain menjaga kebersihan tubuhnya, anda juga perlu menjaga kebersihan sangkarnya agar burung kolibri raja tidak mudah stres. Anda bisa melakukannya setiap pagi yaitu ketika burung ini sedang dimandikan.

Bersihkan sangkar dari sisa pakan dan kotoran untuk mempercepat pertumbuhan dan perkembangan burung ini. Anda juga perlu mengganti air minum dengan yang baru serta membersihkan tempat minum tersebut jika kotor.

4. Menjemur Burung Setelah Mandi

Penjemuran sangat perlu dilakukan mengingat sinar matahari sangat baik untuk menjaga kesehatan burung. Anda bisa melakukannya setelah burung dimandikan sehingga dia akan merasa seakan hidup di alam bebas.

Lakukan penjemuran sekitar jam 06.00 hingga jam 09.00. Karena dengan matahari pagi ini sangat baik untuk system imun dalam masa pertumbuhan dan menjaga kekebalan tubuh burung agar selalu sehat setiap harinya. Namun anda juga perlu hindari melakukan penjemuran di atas jam 09.00 pagi karena pada saat tersebut sinar matahari cukup menyengat sehingga bisa merusak suara burung king konin.

5. Memberikan Pakan yang Tepat

Salah satu faktor penting untuk melatih burung agar cepat gacor adalah dengan memberikan makanan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Dengan begitu, maka burung ini akan cepat tumbuh dan berkembang sehingga bisa mengeluarkan suara dengan variasi yang unik.

Disarankan untuk memberi pakan burung seperti kroto yang memiliki kandungan nutrisi yang baik. Berikan pakan kroto sebanyak 2 kali setiap minggu, karena sifatnya hanya sebagai pakan tambahan saja, namun untuk pakan harian yang wajib diberikan kepada burung ini adalah susu kental manis yang putih, ataupun juga dapat dicampur dengan sirup marjan yang berwarna merah yang dicampur dengan sedikit madu, racikan ini dapat juga disebut sebagai nectar buatan sendiri.

Baca selengkapnya :  Tips Mencetak Murai Batu Albino Bukan Hanya Kebetulan

gambar-king-konin

6. Mengantung Sangkar di Tempat keramaian

Akan lebih baik lagi jika anda sering menggantungkan sangkar burung di tempat keramaian. Hal ini bertujuan untuk membiasakan burung tetap bisa gacor meskipun berada di kondisi yang ramai.

Anda bisa meletakkan di tempat yang sering dilalui oleh orang sehingga mentalnya menjadi terlatih. Dengan begitu, burung king konin akan tetap berkicau dan tidak mudah stres meskipun nantinya di arena kontes sangat ramai.
Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk merawat burung yang satu ini.

Agar lebih terbiasa berkicau, anda juga perlu memberikan masteran. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan tiruan burung yang asli atau sekedar suara rekaman burung lain. Dengan mendengarkan kicauan burung lain, maka burung ini akan terpacu untuk ikut berkicau.

7. Tahap Pemasteran Suara Isian

Setiap memelihara semua jenis burung, oleh semua para penghobi kicau pastinya wajib hukumnya memberikan suara kicauan burung ocehan lainnya, atau bisa dikatakan sebagai masteran yang diperdengarkan kepada burung yang ingin diajari untuk dapat menirukan suara atau materi yang telah diberikan.

Burung yang satu ini tergolong sangat pintar untuk dapat merekam isian suara kicauan burung lainnya, namun juga dapat digunakan sebagai pemberi materi untuk burung yang lainnya. Dengan itu memiliki dua fungsi yang saling menguntungkan.