Makanan Yang Bagus Untuk Burung Parkit

Diposting pada

makanan burung parkit – Assalamualaikum wr, wb. Apa kabar sobat kicau mania ?. Ketemu lagi nih bersama web Suhu Kicau yang selalu update informasi setiap harinya seputar burung kicauan khususnya di indonesia. Nah pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips tentang jenis makanan burung parkit yang aman dan sehat untuk di konsumsi setiap hari supaya tambah gacor pastinya.

Burung parkit ini merupakan salah satu tipe burung paruh bengkok yang banyak memiliki fans terlebih dari negara luar ya, burung yang memiliki tingkat kecerdasan tinggi ini mudah sekali untuk jinak dan dilatih oleh si perawatnya, jadi tidak heran ya untuk penghobi burung parkit ini sangat banyak, bahkan terus bertambah setiap tahunnya.

Semakin banyaknya penggemar tentu kebutuhan pasar meningkat nah untuk membudidaya ataupun ternak burung parkit tentu sangat baik untuk menjadi peluang usaha ya, walapun budidaya ataupun perawatan hariannya tentu harus tau juga cara memberikan pakan yang berkualitas pastinya agar si burung tetap sehat selalu, nah tanpa banyak basa-basi lagi, yuk langsung aja simak penjelasan lengkapnya dibawah ini :

Makanan Burung Parkit Agar Cepat Gacor


Biji-Bijian

Salah satu jenis pakan yang paling digemari dan menjadi favorit bagi burung parkit ini adalah biji ya, intinya yang berasal dari biji jagung manis ya, tentu jika kalian memberikannya harus yang masih terbungkus kulitnya, dan kondisinya masih segar dan fresh ya agar baik bagi kesehatan si burung. Selain pakan jagung ini kalian bisa memberikannya biji milet putih ataupun merah, saran saya beli saja kiloan ya, misalkan milet putih 1/2 kg dan merah, kemudian di campur 1 : 1 ya, lalu sebelum memberikannya kepada burung parkit sebaiknya diseleksi terlebih dulu biji milet tersebut, dengan cara direndam di dalam baskom atau ember yang berisi air bersih, biarkan selama 15 menitan, amati biji-bijian yang mengapung, dan yang tenggelam.

Baca selengkapnya :  Cara Mengatasi Murai Batu Cabut Bulu

Jika kondisi biji milet yang tenggelam di dasar / bawah air maka itulah jenis biji yang memiliki kualitas bagus ya, saringlah dan buang biji-biji yang mengambang diatas permukaan air ya, setelah itu penyeleksian biji kalian harus mengeringkan dengan cara menjemurnya atau memanaskannya dengan cara di sangrai.

Selain biji jagung dan milet, parkit juga sangat menyukai biji beras merah ya. Tidak ada salahnya juga jika kalian mencapur biji ini bersamaan dengan milet. Namun takarannya jangan terlalu banyak kurang lebih 1/4 dari takaran miletnya.

makanan-pokok-burung-parkit

Sayur-Sayuran

Nah untuk sayuran yang aman dikonsumsi bagi parkit dan tentu sangat disukainya adalah seperti : sayur bayam, kol, toge serta sawi hijau / putih dan brokoli ya temen-temen. Kalian bisa memberikannya secara berselang-seling dengan memvariasikan agar tidak mudah bosen. Misalnya pemeberian dalam seminggu cukup 2 – 3 kali saja untuk asupan sayurannya ya, hari senin dikasih bayam segar, kamis diberikan sawi hijau dan pada hari minggunya disajikan brokoli, dan untuk minggu berikutnya bisa di acak lagi ke menu sayuran yang lainnya.

makanan-sayuran-burung-parkit

Buah-Buahan

Seperti yang kita ketahui bersama ya, tipe burung paruh bengkok ini bukan jenis burung yang total menyukai buah ya, namun dalam hal pemberian buah juga sangat perlu untuk asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh siburung, akan tetapi tidak di anjurkan memberikannya terlalu sering ya.

Pemberian buah ini hanya sebagai pakan pendamping saja ya, jadi cukup 1 minggu atau bahkan 2 minggi sekali saja, buah yang aman dan sehat diberikan untuk burung parkit ini adalah buah apel, pisang dan pir ya. Catatan disini saat memberikan buah apel atau pir misalnya, kalian harus membuang bijinya terlebih dahulu ya, karena sangat berbahaya bagi pencernaan si burung jika termakan.

Baca selengkapnya :  10 Manfaat Minyak Ikan Untuk Burung Lomba Agar Maksimal

makanan-kesukaan-burung-parkit

Baca juga informasi ; harga burung parkit

Tulang Sotong

Jika lebih maksimal agar burung mendapatkan mineral asinan alam, kalian bisa memberinya tulang sotong yang selalu di sajikan setiap hari di dalam sangkarnya, jika burung ini membutuhkan asin dari kandungannya tulang sotong maka baru akan menggigitinya perlahan-lahan, dan memang tidak langsung habis ya, pakan tulang sotong ini wajib diganti jika sudah 2 minggu, diganti dengan yang baru ya.

macam-macam-makanan-burung-parkit

Dari ke empat jenis makanan burung parkit ini jika kalian tepat dan selalu konsisten dalam hal penyajiannya tentu akan membuat burung sehat, lincah dan gacor setiap harinya, selamat mencoba dan semoga dapat bermanfaat ya.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari