Tips Perawatan Kenari Saat Musim Hujan Agar Tetap Gacor Fit

Diposting pada

Kembali lagi masih bersama website resmi Suhu Kicau hari yang dimana pada kesempatan kali ini kita akan mengulas tentang perawatan kenari saat musim hujan, dikarenakan musim ini di akhir bulan 2020 desember kan lagi musim hujan, sudah tentu curah hujan sangat tinggi jarang ada panas.

Namun biasanya kita sebagai pemilik nggak punya kesempatan dan terlalu fokus merawatnya dimusim yang ekstrem ini otomatis banyak burung yang mudah drop atau mungkin banyak yang sakit bahkan dapat menyebabkan kematian pada si burung kenari tersebut. Maka dari itu akan dibahas secara lengkat trik-trik mudah yang dapat kalian lakukan dirumah agar bertujuan untuk membuat burung kenari gacoan kalian selalu sehat dan rajin untuk berkicau pastinya.

Perawatan Kenari Saat Musim Hujan


Jangan Terlalu Mengablak Kenari Seharian

Yang pertama jangan pernah menggantung kandang burung kenari ini di luar rumah saat kondisi hujan jadi misal diluar cuaca sedang Buruk apa lagi hujan angin, jadi segera masukan kenari kedalam rumah dan lebih baik di kerodong biar hangat.

Dan jangan pernah menggantung burung di luar apa lagi mungkin kalau temen-temen yang sibuk kegiatan atau Mungkin Lagi mager, di rumah ya jadi terus burung masih di depan rumah pada kondisi hujan turun itu langsung dimasukin ke dalam rumah karena kenapa kenari itu sangat sensitif terhadap udara dingin jadi ketika kenari ada tepak angin terus-terus dia kan Cepet drop.

Kalau tidak percaya coba aja bisa Dibuktikan Jadi silakan kalau misal Mau nekat di Gantang di luar rumah dalam kondisi hujan pasti dua sampai tiga hari dalam kondisi seperti itu akan cepat membuat bulu dari kenari mengembang jadi pasti mulai tanda tanya dia mulai bulu mengembang dan permasalahan lainnya yang bisa timbul dan dapat membahayakan dari burung kenari kalian.

Baca selengkapnya :  Cara Menjodohkan Burung Kenari

gambar-burung-kenari

Kontrol Pemberian Pakan EF

Sementara stop terlebih dahulu pemberian sayur atau EF (extra fooding) yang terlalu banyak mengandung air contoh misal seperti sawi putih dan mentimun, Karena untuk EF sayur yang mengandung banyak air itu bisa menyebabkan mencret terutama di musim penghujan seperti ini dan kalau Kenari udah mencret otomatis dia akan Cepet Down kondisi tubuhnya.

sayuran untuk kenari saat musim hujan ?. Nah jadi untuk temen-temen yang dari beberapa jenis sayuran tersebut atau mungkin semua hal yang mengandung banyak air jadi diganti dengan sayur yang sedikit mengandung air seperti mungkin bisa kalian berikan sawi hijau atau pakcoy dan boleh di selang dengan buah apel dan lain yang lebih aman bertujuan untuk membuat birahi kenari walaupun dimusim dingin agar tetap stabil.

Sayur yang mengandung banyak air yang bisa diganti dengan banyak karbohidrat atau protein karena musim penghujan seperti ini kenari yang jarang dijemur dia lebih membutuhkan lebih banyak makan karbohidrat dan protein agar tubuhnya hangat dan contoh bisa diberi telur puyuh rebus yang sudah matang atau dengan Cede jadi lebih bagus.

Atau kalian juga bisa tambahkan pakan biji niger kedalam pakan hariannya, karena manfaat yang dimiliki oleh biji niger ini mampu membuat kenari tetap hangat di musim penghujan seperti ini bisa ditambahkan ke dalam pakan hariannya, untuk takarannya kalian bisa campurkan satu sendok teh biji niger canary seed atau milet, biji Niger berwarna hitam kecil seperti beras kita bisa beli di pasar burung di toko pakan dan sebagainya kita Bisa beli eceran yang penting kita sampai rumah kita cuci bersih apalagi kalau kita punya oven dan nanti setelah itu bisa kita campur kan ke pakan harian Dari si Burung ini jadi untuk fungsinya agar tubuh kenari ini bisa lebih hangat dan juga fungsi biji Niger ini juga bisa untuk mengurangi kegemukan pada burung kenari.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Makanan Burung Kapas Tembak Terbaik Agar Cepat Gacor

Lakukan Pengumbaran Secara Rutin

Karena kondisi burung yang jarang dijemur atau terkena panas sinar matahari dan selalu diberi pakan seperti cede atau telur puyuh rebus, otomatis resikonya akan menjadi lebih gemuk, jadi kalian harus melakukan pengumbaran minimal 1 minggu sekali dimasukkan ke kandang umbaran atau 1 minggu 2 kali dengan durasi minimal sekitar 30 menitan lah, karena manfaat umbaran ini sangatlah baik ya untuk menjaga kesehatan, kelincahan, nafas dan mampu membakar kalori dari asupan yang telah diberikan, agar mencegah si burung kenari ini tidak obesitas dan tetap menjaga kualitas suara gacor yang dimilikinya.

trik-memelihara-burung-kenari

Gunakan Lampu Sebagai Penghangat

Menggunakan lampu sebagai pengganti energi matahari dan wajib sering digunakan untuk ternak pastinya dengan menggunakan lampu yang kita gunakan yang biasanya memakai lampu LED putih kalau di musim panas jadi dia nggak terlalu hangat tidak terlalu panas tetapi tetap terang dan musim hujan saya menggantinya dengan lampu yang berwarna kuning.

Jadi fungsinya bisa mengganti dari sinar matahari dan juga di malam hari ini cuaca yang sangat dingin ya harusnya bisa membuat kenari lebih hangat dan tidak mudah drop. Pada saat musim penghujan ini memang ada untung dan ruginya, melainkan bagi para penangkar yang memanfaatkan waktu yang sangat bermomen ini dan sangat berpotensi jika ternak kenari musim hujan.

Pemberian Multivitamin

Cara yang terakhir ini bisa kalian berikan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh, karena memang di musim sekarang ini ya curah hujan sangat tinggi kelembapan udara pun sangat tinggi jadi penyakit yang biasanya muncul itu adalah penyakit pernapasan. Dan bisa juga kalian berikan racikan pakan kenari biar gacor yang di kombinasikan dengan multivitaminnya.

Baca selengkapnya :  Makanan Burung Ciblek Agar Cepat Gacor

Kita juga harus selalu siap untuk jaga-jaga dengan menyediakan vitamin yang baik cocok dan rekomended untuk jenis kenari kalian, banyak sekali yang menggunakan di pasaran ada biojanna, ebod VIT atau jenis multivitamin yang lainnya.

Yah mungkin itu saja pengalaman dari kami cara memberikan perawatan kenari saat musim hujan agar selalu sehat, selamat mencoba semoga dapat bermanfaat. Terima Kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari