Rahasia Ternak Burung Serindit Agar Cepat Berhasil

Diposting pada

Masih bersama Website Resmi SuhuKicau.Com yang selalu update informasi seputar burung kicauan, pada tema bahasan kali ini akan diulas tentang ternak burung serindit, yang mungkin banyak para penghobi burung ocehan yang malas bahkan meremehkan untuk membudidaya burung serindit ini, alasannya harga burung serindit dipasaran murah dan cara menangkarnya juga sulit !.

Nah maka dari itu akan kita jelaskan disini secara lengkap, bagaimana cara membudidaya burung lovebird asal indonesia ini agar kita ikut andil dalam melestarikannya, penasaran ?. Yuk langsung aja cek informasi selengapnya dibawah ini :

Trik Sederhana Budidaya Burung Serindit Supaya Sukses


Perencanaan Kandang Tangkaran

Bentuk kandang yang pas buat budidaya burung serindit biasanya berbentuk persegi panjang, sama halnya seperti kandang ternak jenis burung lovebird pada umumnya, namun hal terpenting yang dicocokkan dengan tempat area sekitarnya, untuk bahan kandang tangkar dapat terbuat dari kawat ram serta hendak lebih bagus bila terdapat disiapkan tempat petarangan di dalam kandang.

Kandang dengan dimensi yang lebih besar serta besar pula condong disenangi oleh burung serindit sebab tipe ini senang leluasa dalam beraksi maka hendak lebih gampang menyesuaikan diri di dalam kandang. Hendaknya, penempatan petarangan pula hendaknya diletakkan di bagian dalam kandang , serta terdapat sebagian perihal yang butuh dicermati agar indukan burung serindit menyesuaikan diri.

Bahan pembuatan petarangan, dapat memakai glodok kotak yang terbuat dari bahan kayu, yang bertujuan untuk sarang menaruh telur dan beristirahat, hendaknya bikin petarangan cocok dengan lingkungan aslinya ialah lubang di pepohonan. Hingga dalam petarangan, dapat dimasukkan bubuk kusen untuk menempatkan telurnya agar tidak mudah pecah.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Kerak Basi, Pakan, Harga, Suara

proses-penjodohan-koloni

Metode Memilah Indukan Serindit Berkualitas

Memilih indukan yang bagus serta bermutu supaya kelak nanti anakan yang diperoleh pula bermutu baik. Buat melainkan keduanya tidak begitu susah sebab terdapat identitas wujud yang gampang dikenali, paling utama pada burung jantan. Untuk memilih indukan jantan yang memiliki kualitas baik bisa dilihat dari bentuk kakinya yang berwarna kuning, dengan ini burung indukan jantan memiliki mental yang bagus.

Cara membedakannya cukuplah mudah antara serindit jantan dan betina, jikalau serindit sudah dewasa bagi sang jantan memiliki warna merah pada bagian dadanya, namun betina berwarna ijo. Perbandingan itu hendak lebih nampak pada dikala burung telah beranjak berusia, sebaliknya pada era sedang belia umumnya susah buat dibedakan.

Jika memilih dan membedakan jenis kelamin jantina serindit dikala masih anakan / bahan bisa kalian lihat dari bentuk bola matanya, biasanya jika lingkar matanya lebih besar, sorot pandangnya tajam (tegas) sudah pasti jantan. Berbeda sebaliknya dengan si betinanya.

Cara Memasangkan Indukan Burung Serindit

Bikin metode perkawinan pula berarti bikin burung serindit. Bikin mengawinkan burung serindit, tidak ada bimbingan khusus untuk melaksanakannya.

Tetapi budidaya akan jadi lebih mudah apabila ada beberapa indukan serindit atau dengan menggunakan cara koloni yang sekaligus dimasukkan di kandang tangkaran secara bersamaan. Dikembalikan seperti pada habitatnya di alam liar yang dimana mereka akan memilah sendiri jodohnya yang sesuai dengan keinginannya.

Meski terdengar mudah, suasana burung tetap harus diperhatikan, sangat penting apabila beberapa induk burung dimasukkan dalam satu kandang. Apabila para indukan burung terlihat tidak serasi, ada alternative yang lain untuk mengembangbiakan burung ini, yakni dengan kandang yang berukuran lebih kecil pada umumnya yang dipakai untuk harian. Lalu satukan pasangan serindit di dalam satu kandang itu, masukkan sejodoh burung jantan dan betina tersebut.

Baca selengkapnya :  Mengenal Beberapa Jenis Burung Kolibri Di Indonesia

indukan-betina-serindit

Kasih Pakan Kesukaan Burung Serindit

Ada beberapa hidangan yang amat disukai dan amat memiliki banyak sekali manfaat dan kandungan vitamin yang baik apabila diserahkan setiap harinya kepada indukan burung serindit, baik dalam perawatan hariannya ataupun lagi menempuh proses perjodohan.

Berikan canaryseed yang harus selalu tersedia di dalam kandangnya setiap hari, atau bisa kalian selingi dengan memberikannya nasi putih yang umum disantap oleh kita.

Tetapi janganlah hanya dikasihkan nasi putih saja, tetapi berikan pula, bisa kalian sediakan juga air meneral yang dicampur oleh gula putih, maksimal pemberian nasi dan air gula ini cukup satu minggu sekali saja.

Tidak hanya itu saja, namun ada bagusnya kalian pula harus memberikan buah- buahan yang diselang- bergantian dalam memberikannya, buah yang amat digemari burung serindit ini ialah pisang yang sudah matang, berikanlah buah pisang ini minimal dua kali dalam seminggu.

Baca juga : Cara Merawat Burung Serindit Agar Cepat Gacor