Cara Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina

Diposting pada

Halo sobat kicau mania, dan pada kesempatan malam hari ini, suhu kicau akan berbagi tips cara membedakan parkit jantan dan betina yang bertujuan bagi kalian yang ingin memproduksi atau ternak serta agar nantinya jika kalian ingin membeli burung parkit baik itu yg jantan ataupun betinanya tentu tidak salah pilih ya temen-temen.

Nah bagi temen-temen pemula yg mulai menyukai atau memulai hobinya di burung parkit ini, tentu banyak yang belum mengetahui cara membedakan jantina burung parkit tersebut ya,

memang jika dilihat sekilas antara si jantan ataupun betinanya ini hampir mirip akan tetapi pasti jika kalian perhatikan dengan seksama dan paham ciri-cirinya tentu akan memudahkan anda untuk menentukan pilihan.

Untuk kelas gantangan burung parkit di indonesia memang belum ada ya, karena itu tadi, burung jenis paruh bengkok ini bukan salah satu tipe burung yang fighter ya, jadi tidak bisa dijadikan sebagai burung lapangan, itu kekurangannya,

namun dibalik itu semua pasti memiliki kelebihannya, burung parkit ini memiliki bentuk tubuh yang unik, indah dan enak dilihat,

mudah dirawat serta tergolong burung paruh bengkok yang memiliki tingkat kecerdasan yang sangat tinggi jika kalian mampu dan rajin melatih burung parkit ini.

cara-membedakan-burung-parkit-jantan-dan-betina-anakan

Ada banyak jenis parkit di dunia, seperti parkit lokal, lutino, australia, monk, ataupun albino, namun pada dasarnya cara membedakan jenis kelaminnya tentu hampir sama rata-rata. Oke langsung aja kita ke pokok pembahasannya ya, yuk simak artikel ini sampai habis :

Cara Mudah Membedakan Burung Parkit Jantan Dan Betina


Ada beberapa cara yang tepat dan dapat dijadikan parameter untuk membedakan antara parkit yg jantan dan betina terutama untuk burung yang kalian beli dari pasar burung ombyokan ya.

Untuk jenis burung parkit jantan, jika diperhatikan pada lobang hidung atau pangkal paruhnya tentu masih berwarna biru tua akan tetapi jika kita pegang masih terasa lunak ya,

nah tentu menandakan burung parkit tersebut masih bahan muda ya, berbeda dengan yg betina memiliki warna pada lubah hidungnya ini bercorak keputihan ataupun coklat muda,

Dengan cara ini biasanya bisa dijadikan prediksi akurat untuk usia burung parkit yang sudah 6 bulan ke atas ya temen-temen,

harga-burung-parkit-jantan

namun jika usia burung parkit ini masih terlalu muda yang berkisar antara 4 – 5 bulan kebawah warna pada pangkal paruhnya hampir terlihat sama semua nya, baik itu yang jantan ataupun si betinanya.

Jadi parameter lain untuk menentukan parkit muda ini, maksimal pada usia 4 bulanan ya, kalian perhatikan dengan teliti warna pada pangkal paruhnya itu sedikit lebih biru.

Mengenali Ciri Burung Parkit Dewasa Siap Produksi

Pada gambar dibawah ini adalah jenis burung parkit warna hijau dan kuning ya, (Green yellow fish), nah jika kita perhatikan pada area mukanya disini kalau untuk mencari burung parkit yang siap ternak.

yang sudah berusia mapan dan burung ini diprediksi dari ciri-cirinya moncongnya lubang hidung nya ini keras, serta mengkilat pada bagian hidungnya ya, seperti gambar dibawah ini.

Selain dari warna paruhnya tentu dari perilaku sehari-hari ya, jika kita amati tentu burung yang sudah siap produksi ini cenderung lebih aktif dan menunjukan responsif yang tinggi jika kita dekatkan dengan tangan kita ataupun melihat sesama jenis ataupun lawan jenisnya,

Baca selengkapnya :  Download Suara Burung Murai Batu Mp3 Terbaik

dengan kondisi yang seperti ini si burung langsung gacor dan ngeleper, seakan-akan memberikan isyarat bahasa tubuh yang bahwa si parkit ini sudah siap untuk di kawinkan atau sudah masuk level birahi yang tepat.

Baca juga : harga burung parkit jantan

ciri-ciri-parkit-dewasa-siap-ternak

Tips Pola Rawatan Burung Parkit Agar Cepat Gacor

Ada pertanyaan dari temen-temen parkit mania, apakah burung parkit gacor betina atau jantan ?. Menurut hasil riset dilapangan yang disesuaikan dengan bukti fakta yang ada,

burung parkit jantan lah yang lebih cenderung cepat untuk berkicau (gacor) dan suara parkit jantan memiliki variasi kicauannya yang lebih bermacam-macam, ketimbang si betina yang biasanya hanya monoton saja ya.

Nah untuk cara merawat burung parkit tentu sangatlah mudah ya, terlebih bagi kalian yang disibukan dengan aktifitas atau pekerjaan di luar, tentu burung peliharaan parkit kalian akan baik-baik saja, asalkan tau cara pola rawatannya.

Untuk temen-temen yang ingin lebih mengetahui bagaimana sih cara merawat burung parkit silahkan cek disini

Demikianlah tips info seputar cara membedakan parkit jantan dan betina semoga bisa kalian pahami dan bermanfaat ya, salam parkit mania. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari