Kenali Macam Kenari Yorkshire Beserta Harganya

Diposting pada

Burung kenari jenis Yorkshire memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan pecinta burung. Kenari ini memiliki warna yang menarik dan bentuk badan yang unik jika diperhatikan dengan seksama.

Tidak hanya memiliki suara dan bodi yang cantik, burung ini juga kerapkali diikutsertakan dalam ajang kontes burung. Suara gacor yang dimiliki sang burung menjadikanya sebagai burung kontes. Mari simak ulasan ciri dan harga dari burung kenari Yorkshire berikut.

Ciri Burung Kenari Jenis Yorkshire

Sebagian orang akan menyebut burung ini dengan sebutan wortel terbalik karena postur dan warna tubuhnya. Burung ini memang memiliki bentuk tubuh yang besar pda bagian atas dan mengerucut kecil menuju ekor.

Hal inilah yang menjadikanya memiliki sebutan wortel terbalik. Ada berbagai warna yang dimiliki oleh burung kenari untuk mengenalinya namun yang paling umum berwarna kuning, orange, cokelat, dan hijau.

Burung ini juga hanya memiliki ukuran tubuh yang berdiri tegak dengan panjang sekitar 15 hingga 17 cm. Semnetara itu kepala burung akan terlihat lebih besar, lebar dan pipih atau disebut dengan mbarong. Dada pada burung akan terlihat lebih bidang dan posisi tubuh tegap. Biasanya burung ini memiliki ukuran pinggang yang lebih kecil dari ukuran dada burung kenari Yorkshire.

Apabila anda memperhatikan dengan seksama, tampang kenari ini akan terlihat sangat sangar dengan ukuran tubuh yang kecil. Hal ini didukung dengan postur tubuh yang besar dan bagian mata yang terlihat tajam dan cerah.

Sehingga Yorkshire akan terlihat selalu waspada terhadap sekelilingnya. Anda juga bisa memperhatikan kaki burung yang nampak kecil namun terlihat cukup panjang.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Anis Kembang Agar Gacor

Sementara itu bulu burung akan terlihat tipis namun mengkilas. Uniknya burung ini memiliki bulu pada bagian kaki burung yang runcing dan panjang tersebut. Yorkshire juga memiliki nafsu makan yang tinggi serta suara gacor dan ngerol yang panjang.

Kenari jenis ini juga memiliki tubuh yang lincah dan atraktif serta memiliki sauara lantang. Burung ini juga memiliki mental fighter sehingga menjadikanya sebagai burung kontes.

burung-kenari

Harga Burung Kenari Jenis Yorkshire

Kelebihan yang dimiliki burung kenari Yorkshire adalah postur yang mencolok pada bagian dada dan menyerupai wortel terbalik. Aura yang dimiliki sanga burung pun juga sangat gacor dan bisa bertahan cukup lama. Sehingga burung ini dibandrol dengan harga yang mahal di pasaran. Ada beragam jenis keturunan yang dihasilkan dari burung kenari.

Ada jenis burung kenari F1 YS, F2 YS, F3 YS, F YS, dan seterusnya. Harganya pun beragam teragantung kemampaun yang dimiliki oleh sang burung. Yorkshire jantan lokal maupun impor akan dibandrol denga harga 4,5 juta hingga 10 juta rupiah. Sementara untuk kenari betina lokal maupun impor akan dibandrol dengan harga 4,5 juta hingga 6,5 juta rupiah.

Harga ini berbeda dengan anakan burung kenari yang dibandrol dengan harga kisaran 1,5 juta rupiah untuk jenis F1. Sementara anakan kenari jenis F2 akan dibanrol dengan kisaran harga 2,5 juta hingga 3 juta rupiah. Namun harga ini akan berbeda dari masing masing pasar burung dan kemampuan yang dimiliki oleh burung kenari Yorkshire tersebut.
Itulah beberapa ciri yang bisa dijadikan acuan untuk mengenali burung jenis Yorkshire.

Anda bisa menanyakan langsung kepada penjual burung mengenai harga dan kemampaun burung. Ada baiknya anda harus mengetahui bagaimana perawatan burung kenari yang benar agar burung bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikan pakan yang cukup dan selalu perhatikan kebersihan kandang sangkar burung kenari.