Makanan Burung Kutilang Emas

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Pembahasan kali ini cukup menarik ya sobat kicau, yaitu tentang makanan burung kutilang emas, nah bagi kalian yang ingin memelihara burung tersebut sebaiknya harus tau terlebih dahulu ya jenis pakan harian yang disukainya, tentu bertujuan agar membuat burung menjadi sehat dan gacor setiap harinya.

Memang kicaumania zaman now ini terlalu memandang sebelah mata ya, apalagi jika ada tetangga kalian yg memelihara burung jenis kutilang tentu sudah di cemooh dan diledek-ledek pastinya, yaaah kok miara kutilang sih ?.. hehehe

Nah sebaiknya kalian jangan seperti itu ya. Tanggapi semua hobi itu dengan bijak dan positif saja, jangan terlalu mementingkan ego kita sendiri yang selalu tinggi. Bener nggak ?. Oke langsung aja nih ke pokok ulasannya ya :

Makanan Burung Kutilang Emas Beserta Cara Perawatan Hariannya


Voer

Pakan yg wajib setiap harinya disediakan di dalam kandangnya tentu berupa voer ya temen-temen, namun merk voer untuk kutilang emas yg biasa saya gunakan ini adalah topsong kuning ya, karena banyak memiliki kandungan yg cukup komplit dari sisi, nutrisi dan protein yang tidak terlalu tinggi, dan juga tidak kerendahan.

Di usahakan juga selalu diganti setiap harinya ya, walaupun dalam sehari voer yg ada di dalam wadah cepuk nya tidak habis maka wajib kalian buang atau diganti dengan yg masih baru agar selalu fresh dan baik bagi kesehatannya.

Serangga Kecil

Untuk pakan tambahan berupa serangga, kalian cukup memberikannya jangkrik seitap harinya ya, sebanyak 7 ekor ( pagi 3 – sore 4 ), tapi inget untuk kepala dan kakinya bisa kalian buang ya, hanya dikasihkan badan jangkriknya saja ya temen-temen. Mencegah burung tersedak / kelolotan yg bisa membuat masalah lagi nantinya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Cucak Keling Agar Cepat Gacor

Namun hal yg harus diperhatikan juga dari kualitas jangkrik tersebut, jangkrik yg bagus dan sehat yg akan diberikan keburung haruslah kalian kasih makan terlebih dahulu ya seperti daun singkong, ataupun daun-daunan yg banyak mengandung vitamin yg baik seperti halnya si jangkrik ini hidup di alam / habitatnya.

Buah-Buahan

Untuk pakan ekstra buah, sebaiknya kalian berikan jangan setiap hari ya, cukup seminggu sekali saja seperti pisang kepok matang ataupun pepaya ya. Agar pencernaan dan metabolis si burung tersebut tetap terjaga dan selalu sehat setiap harinya.

Sudah kita ketahui bersama manfaat buah sangatlah banyak dan tidak hanya untuk manusia saja, untuk burung piaraan yg suka dengan buah-buahan juga sangatlah dianjurkan untuk dikasihkan agar bisa menyerap dan menyempurnakan sistem metabolisme dan menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit atau virus yang lain.

merk-voer-untuk-kutilang-emas

Tips Rawatan Haian

Namun untuk kelebihan kutilang emas ini dalam hal perawatan hariannya tidak terlalu sulit ya temen-temen. Kemudian hal yg harus kalian ketahui kutilang emas ini ada beberapa tahap yg harus kalian lakukan jika baru saja membeli burung ini dipasar atau dapat dikatakan masih giras lah.

Dalam berkicaunya memang tidak bisa langsung suara ngeplong nya ya, dan kebanyakan sih awal-awalnya tuh hanya ngeriwik-riwik aja, cuman saja itu juga tergantung pada usia burung temen-temen ya. Jadi kalau misalnya usah burung temen-temen ini masih muda Jangan cepet-cepet berharap untuk burung tersebut bisa langsung gacor ya, semua butuh proses yg harus kita lalui melewati pola rawatan yg kita berikan setiap harinya.

Untuk burung kutilang ini keseharian pada pagi hari selalu saya mandi dan jemur, nah sebelum dimandikan ini selalu saya embunkan ya temen-temennya itu menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi burung Kutilang ini agar membiasakan untuk bangun pagi dan juga untuk melatih burung tersebut cepat berbunyi ngeplong sendiri.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Prenjak Agar Cepat Gacor

Namun untuk burung Kutilang emas yg masih berusia sudah mapan dan tua, tentu sangat mudah dan sering mengeluarkan suara ngeplongnya ya, berbeda dengan yg masih bahan tentu pasti cuman bisanya ngeriwik-riwik saja ya temen-temen, jadi intinya kalian harus di tuntut konsisten tiap hari, dalam merawat burung ini agar bisa selalu sehat dan cepat gacor ya.

kelebihan-kutilang-emas

Baca juga artikelnya agar lebih detail seputar : perawatan burung kutilang agar rajin bunyi

Mitos Memelihara Burung Kutilang Emas

Nah ini kabar yang seru!. Yang sering dibahas dikalangan kutilang mania, ya tentang fakta atau hanya mitos belaka saja, jika kita memelihara burung ini katanya sih bisa mendatangkan hoki atau rezeki yg tidak diduga-duga ?. Akan tetapi haruslah ciri-ciri yg memiliki katuragan yg jantan dan juga unik dan jarang di jumpai !. Namun tidak semua orang yg percaya dengan hal tersebut ya.

Ya yg pasti semuanya dikembalikan lagi dengan kepercayaan dan keyakinan temen masing-masing, ya. Saran saya jangan sampai kalian memelihara burung ini karena mengharap dapat keberuntungan, karena semuanya sudah diatur oleh tuhan yang maha esa, baik, buruk, mudah, sulit, kaya dan miskinnya seseorang, bener nggak ?. Beuuch.. ceramah kita dah kayak ustat aje ye.. hehehe.

Demikianlah informasi singkat pada dan jelas seputar makanan burung kutilang emas, semoga kiranya bisa bermanfaat serta menambah wawasan temen-temen kicaumania semuanya ya. Salam satu hobi dan sukses selalu. Terima kasih.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari