Mengenal Ciri Dan Karakter Murai Batu Bahorok

Diposting pada

SuhuKicau.com – Burung yang memiliki mental paling kuat diaantara jenis murai lainya adalah burung murai bahorok. Murai batu adalah jenis burung yang cukup populer dibandingkan dengan jenis burung lainya.

Burung ini telah tersebar di seluruh pulau Sumatera, Semenanjung Malaysia dan sebagain pulau Jawa. Yuk simak beragam ciri burung murai batu bahorok dan karakternya berikut.

Tips mudah mengetahui identitas dan kualitas burung murai


Ciri Ciri Burung Murai Jenis Batu Bahorok

Secara umum, burung murai ini memiliki penampilan yang sangar dan juga terkesan beringas. Bentuk kepala burung murai ini papak atau ceper dan besar, namun sangat proposional karena didukung dengan leher jenjang dan besar. Namun ada juga beberapa jenis individu murai batu yang memiliki bentuk kepala bulat.
Selain itu juga mata dari burung ini memiliki sorot mata yang seolah mengindtimidasi. Sehingga burung ini akan terkesan menatap dengan galak kepada lawan dan seolah sedang menerkam.

Namun anda tidak perlu takut dengan tatapan seperti itu karena burung murai senantiasa waspada dengan keadaan sekitar.

Postur tubuh burung murai batu bahorok memiliki tubuh yang besar dan panjang dengan dada yang lebar dan bidang. Sehingga burung ini akan memiliki kesan kekar dan juga elastis. Anda akan menemukan ekor panjang dari burung ini dengan ukuran panjang minimal 17 cm dengan bulu tebal serta ekor yang lebar.

burung-murai

Secara umum, bentuk ekornya hampir normal dan sama dengan murai batu lainya. Namun ada beberapa wilayah tertentu yang memiliki bentuk ekor melengkung kebawah dan di wilayah lainya bentuk ekornya melengkung keatas. Warna bulu leher dan punggung burung murai batu ini terlihat mengkilap kebiruan jika terkena sinar matahari.

Baca selengkapnya :  Mengenal Jenis Burung Pelatuk Yang Ada Di Indonesia

Warna pada kaki sebenarnya tidak memiliki ciri khusus. Hampir sama dengan jenis burung lainya, burung murai ini memiliki kaki berwarna merah muda, ada yang merah gelap, ada yang semu kehitaman dan yang paling jarang adalah memiliki warna kaki hitam pekat. Namun sebenarnya, burung murai tidak memiliki warna kaki yang berwarna hitam.

Suara dari murai batu bahorok ini memiliki vokal yang besar dengan volume yang keras. Namun suara dari burung ini masih enak untuk didengar. Ketika burung murai mengeluarkan suara alamnya anda akan mendengar tembakan air terjun yang panjang adan terkesan bergulung atau biasa disebut ngeroll. Kombinasi suara burung ini dinilai sangat eksotis dan disukai oleh semua pecinta burung.

Harga Jual Burung Murai Batu

Karena memiliki penampilan yang gagah dan juga eksotis, tak heran jika burung ini dibandrol dengan harga yang relatif tinggi. Ada beragam jenis burung murai yang dijual di pasaran. Untuk harga burung yang masih anakan akan dijual dengan kisaran harga 3 juta rupiah. Sementara harga dari burung murai dewasa akan dibandrol dengan harga paling tinggi berkisar 10 juta rupiah.

Harga yang ditawarkan untuk setiap jenis burung berbeda beda. Ada burung yang memiliki harga berkisar dari 2 juta hingga 5 juta rupiah. Burung ini memiliki harga yang mahal lantaran julukan yang dimilikinya yaitu burung kicau terbaik yang ada di Indonesia.

Sehingga harga yang dibandrol pun sangat tinggi tergantung dengan kualitas yan dimiliki oleh burung murai batu bahorok.

Itulah beberapa ulasan mengenai burung murai batu yang menjadi primadona di kalangan peconta burung. Anda tidak perlu ragu untuk merawat burung ini, karena burung ini tidak memiliki perawatan yang khusus.

Baca selengkapnya :  Tips Cara Merawat Lovebird Agar Gacor Dan Ngekek Panjang

Ada baiknya tambahkan beberapa makanan yang bergizi tinggi untuk membantu suara gacor yang dimiliki burung, agar tetap berkualitas dan menjadi pemenang di setiap ajang pertandingan.