murai-batu-medan

Ciri Ciri Murai Batu Medan (Harga Dan Suara)

Para pecinta burung kicau, nama burung Murai Batu Medan sudah tidak asing lagi terdengarnya, karena memiliki suara kicauan yang merdu dan seringkali diburu di pasaran.

Hanya saja, para pemula yang baru saja menekuni hobi ini masih merasa kesulitan untuk mengenalinya dengan sekali melihat. Agar lebih mengenalnya, perlu untuk mengingat dan mengetahui ciri ciri fisik yang dimilikinya. Berikut ulasannya.

Mengenal karakter burung murai batu medan yang memiliki kualitas terbaik


Beberapa Ciri Khas Si Burung Murai Jenis Medan

Ciri fisik yang paling mudah untuk membedakannya dengan jenis burung Murai lainnya adalah bentuk tubuhnya yang terlihat lebih besar. Bahkan ukuran tubuhnya ini semakin terlihat jelas, ketika disejajarkan dengan jenis Murai lainnya.

Dengan bentuk tubuhnya yang besar, ekornya yang panjang terlihat ideal sekaligus membuatnya tampak semakin cantik. Dengan ciri fisiknya tersebut, nampaknya anda lebih mudah untuk mengenalinya.

Karena bentuk tubuhnya termasuk besar, membuatnya tampil gagah nan menawan bagi siapapun yang melihatnya secara langsung. Ternyata, suara kicauannya yang merdu nan berkualitas berasal dari bentuk tubuhnya sendiri. Ciri khas lainnya dari burung cantik ini, yaitu cenderung menegakkan kepalanya saat sedang berdiri. Ketika dalam pose tersebut, burung ini pun terlihat begitu indah dan terlihat matang.

Keunikan dari sang Murai Batu Medan pun bisa dilihat dari bentuk ekor dan pergerakanan ekornya. Seperti yang dikatakan sebelumnya, burung ini memiliki ekor yang panjang dengan bentuk sedikit melengkung.

Jika diukur, ekornya sendiri bisa mencapai panjang sekitar 26 cm hinngga 35 cm. Bahkan bagian ekor ini sangat penting untuk diperhatikan saat akan membelinya, karena bisa menambah keelokan tampilannya.

Bagi anda yang mengidamkan memiliki burung Murai jenis Medan berkualitas, ada baiknya untuk memperhatikan bagaimana pergerakan ekornya. Sebab burung Murai dengan kualitas jempolan, mampu mengangkat ekornya hingga ke ujung kepala.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Sirtu Agar Cepat Gacor

Nampaknya atraksi unik ini hanya bisa dilakukan oleh burung Murai, sehingga tidak heran bila dirinya banyak diburu di pasaran. Dan dari keunikannya tersebut pula, anda lebih mudah untuk membedakannya dan tidak tertipu saat membelinya.

Motif pada ekornya juga bisa menjadikannya tampil berbeda dengan saudaranya. Sebab pada umumnya, mereka memiliki empat pasang bulu berwarna putih yang masing masing berada di bagian kanan dan kiri ekornya. Corak unik tersebut tatkala membentuk huruf “U dengan bagian tengahnya terpotong. Pada bagian ekornya pula, anda bisa melihat adanya strip berwarna hitam seakan membelah ekornya secara horizontal.

Tertarik memelihara Murai Batu Medan untuk mengikuti ajang perlombaan ? Ada sedikit tips yang bisa dilakukan, untuk mendapatkan Murai juara di gantangan. Selagi asyik memilih Murai, pastikan untuk melihat dengan teliti pada bagian ekornya.

ciri-burung-murai-batu-medan

Jika memungkinkan, pilihlah murai dengan warna ekornya yang tampak jelas dan tidak ada warna pudar. Dengan warna tersebut, burung terlihat lebih menarik dilihat dan tampak menawan.

Tips lain untuk memilihnya yaitu, memastikan warna putih pada ekornya terlihat berkilau dan bersih. Warna putih pada ekornya ini tampak semakin menonjol, karena warna tubuhnya cenderung gelap mengarah ke arah hitam pekat nan mengkilat.

Bentuk ekornya yang presisi antara bagian kanan dan kiri, menjadi salah satu daya pikat tersendiri dari burung gagah satu ini. Siapapun yang melihat burung ini, pasti dibuat jatuh hati saat pertama kali melihatnya.

Warna cantik pada bulunya, menjadi salah satu ciri khas yang bisa membedakan Murai Batu Medan dengan jenis Murai lainnya. Dimana umumnya Murai berjenis Medan ini memiiki bulu berwarna coklat tua ataupun hitam keabu abuan yang berada di sekitar dadanya.

Sedangkan bagian tubuh lainnya seperti sayap, leher, dan kepala umumnya memilki warna hitam yang pekat. Kombinasi antara warna coklat tua dan hitam ini, justru membuatnya tampak gagah nan menawan.

Tampilan warna tubuhnya ini tampak begitu sempurna, ketika dilihat di bawah terik matahari. Dari warna hitamnya yang mengkilat, mampu menghasilkan efek warna kebiru biruan yang cantik.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Pleci Terbaru Dan Terlengkap 2020

Tentu saja tampilannya tersebut berhasil memberikan kesan menawan nan ekslusif, jika dibandingkan dengan jenis Murai lainnya. Bahkan banyak pecinta burung kicauan menyadari bila dirinya mulai tertarik memeliharanya, sejak melihat keindahan warna bulunya tersebut.

Perbaduan warna bulu yang dimilikinya, dirasa bisa menjadi ciri khas untuk membedakannya dengan jenis Murai lainnya. Bahkan dengan memperhatikan warna bulunya, anda tidak akan tertipu oleh pedagang nakal yang berusaha menjualkan jenis burung berbeda. Selain warnanya yang tampak menawan, umumnya bulunya terlihat rapi dan tidak mudah rontok. Bahkan warna pada bulunya ini terlihat berkilau, yang menambah kecantikan tampilannya.

Baca juga artikel terkait seputar burung murai

Suara Kicauan Khas

Sebagai burung kicauan, tidak heran bila suara yang dihasilkan Murai Batu Medan terdengar merdu dan sedap didengar. Bahkan suara yang dikeluarkannya terdengar khas nan indah, sehingga mudah untuk mengenali siapa pemilik suara tersebut. Dengan suara emas yang dimilikinya, pasar pun menjualnya dengan harga yang termasuk tinggi. Semakin tinggi kualitas suara yang dihasilkan, maka harga jualnya akan semakin menjulang tinggi.

Ciri khas apa yang membuat kicauan burung cantik satu ini terdengar berbeda ? Pasalnya, kicauan burung Murai satu ini memiliki intonasi suara yang cukup jelas nan keras. Kicauan yang bisa dilakukannya pun memiliki variasi unik, dimana suara kicauannya tersebut dapat dilakukannya secara berulang beberapa kali dengan intonasi yang sama. Karena terus dilakukan, akan semakin mudah bagi anda untuk mengetahui sang pemilik suara kicauan tersebut.

gambar-burung-murai-batu-medan

Jenis suara yang dihasilkan seperti deskipsi di atas, tak jarang digunakan sebagai bahan masteran ataupun diikut sertakan dalam ajang lomba bergengsi. Untuk bisa mengeluarkan suara kicauan jernih dan ngekek panjang, diperlukan serangkaian pelatihan yang dilakukan secara rutin. Agar hasilnya lebih maksimal, anda juga bisa memberikan pakan tambahan kaya gizi untuk mencukupi kebutuhan hariannya.

Pakan apa yang cocok diberikan untuk meningkatkan kualitas suara kicauannya ? Silahkan memberikan ulat hongkong di sela sela pakan utamanya. Anda bisa menemukan pakan tersebut di pasar buurng ataupun di tempat hasil budidaya ulat hongkong. Harganya pun dianggap bersahabat dengan kantong, sehingga tidak ada ruginya ketika memberikan pakan tambahan ini sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Suara burung murai batu medan gacor mp3


Link | Download

Link | Download

Patokan Harga Di Pasaran

Setiap burung Murai yang ditawarkan di pasaran dipatok dengan harga yang bervariasi. Perbedaan harganya sendiri ditentukan oleh usia, jenis, hingga prestasi yang pernah diraihnya. Untuk murai medan hasil ternakan apabila sudah lepas trotolan, dan masih muda memiliki harga minimal 3 – 5 jutaan untuk burung yang sudah gacor. Namun untuk murai bahan hutan berkisar antara 3 sampai 4 jutaan.

Namun jangan kaget bagi burung yang memiliki potensi kualitas yang baik dan sering mendapat juara dilapangan baik latberan, latpres ataupun kontes, bisa memiliki harga yang sangat fantastis yang disesuaikan dengan materi, mental dan lainnya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Khusus untuk anakan murai batu medan dipatok dengan harga mencapai 700 ribuan samapi 2,5 jutaan per ekornya, sedangkan bagi Murai yang lebih dewasa dipatok mulai dari harga 1.3 jutaan per ekornya. Namun perlu diingat bila harga tersebut ada kemungkinan berubah di saat tertentu.

Sebagai pemula, tentu saja tidak mudah untuk bisa membedakan berbagai jenis burung yang ada di dunia. Agar lebih memudahkan, silahkan untuk mempelajari terlebih dahulu ciri khas pada setiap burungnya dan jika memungkinkan silahkan melihatnya secara langsung.

Begitu pula ketika ingin mengenali burung Murai satu ini, dimana anda harus mengetahui perbedaannya dengan jenis burung Murai lainnya agar tidak salah membelinya.