Cara Perawatan Harian Murai Batu Untuk Lomba

Diposting pada

Assalamualaikum, wr, wb. Halo temen-temen !.. Kembali lagi bersama situs resmi SuhuKicau.Com, nah di kesempatan kali ini kami akan memberikan tips dan pembahasan seputar perawatan harian murai batu secara baik dan benar ya, tanpa doping dan work 100% dijamin gacor dor deh pokoknya.

Ada berbagai pertanyaan yang masuk dari temen-temen murai batu mania, khususnya bagi yang pemula dan ingin mengetahui cara yang tepat dalam hal rawatan harian murai batu, baik untuk rumahan ataupun untuk bakalan prospek di gantangan ?.

Oke langsung aja kita bahas ke topik permasalahannya ya, yuk simak terus artikel ini sampai habis tentang perawatan harian murai batu dibawah ini :

Perawatan Harian Murai Batu Tanpa Doping Dijamin Gacor


Pengembunan Rutin Setiap Hari

Oke teman-teman sebenarnya perawatan harian murai batu itu tidak jauh berbeda dengan teman-teman yang pertama Ya yang pertama perawatan hariannya itu kita harus rajin pengembunan teman-teman jadi kalau bisa kalau bisa ya murai batu kita itu harus selalu di embunkan setiap hari ya,

pengembunan itu bisa dimulai setelah subuh sampai jam 7 pagi teman-teman jadi biarkan burung kita itu diembunkan Dibawah Langit langsung di lahan yg terbuka, agar udara embun bagi bisa bersirkulasi dengan baik masuk ke dalam sangkar dan mengenai tubuh si burung murai kesayangan kalian ya,

Sangat penting pengembunan itu adalah suatu di mana burung itu akan selalu merasa ada di alam bebas sehingga pengembunan itu bisa membangunkan burung murai batu untuk selalu gacor setiap hari.

cara-perawatan-harian-murai-batu

Penjemuran Yang Tepat Untuk Murai Batu

Nah untuk yang kedua ini adalah penjemuran ya, sama-sama kita tahu ya teman-teman bahwa semua burung itu butuh dijemur dan jika tidak dijemur dia akan kurang sehat bulu ngembang dan sebagainya,

Baca selengkapnya :  Download Suara Jalak Nias Gacor Mp3

maka dari itu untuk membuat burung itu supaya sehat dan gacor tentunya kalian harus meluangkan waktu untuk menjemurnya di pagi hari setelah melakukan proses pengembunan ya, tentu juga wajib dan harus dilakukan setiap hari.

lalu bagaimana jika cuaca ini sedang musim hujan misalnya ?, ya jadi penjemuran itu durasinya hanya disesuaikan dengan karakter burung kalian masing-masing ya, ada yang mau dijemur hanya beberapa menit ada yang sampai 1 jam ada yang 2 jam dan seterusnya itu disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi burung tersebut.

Tips Memandikan Murai Batu Yang Benar

Nah yang ketiga yaitu pemandian nya juga harus diperhatikan, jadi burung kita itu tidak hanya butuh pengembunan, dan penjemuran saja ya, namun juga perlu dimandikan,

apalagi burung Murai Batu yang memang suka mandi teman-teman mandi pun mandi pun itu harus disesuaikan dengan karakter burungnya teman-teman ya atau dengan kebiasaannya bisa Pagi, siang, sore atau malam,

nah frekuensinya itu bisa disesuaikan dengan kondisi dan kemauan burung setiap hari bisa selang sehari bisa 2 hari sekali atau 1 minggu sekali itu setiap burung murai batu itu tidak sama ya teman-teman, jadi harus kalian amati betul ya maunya burung murai batu kita ini mandi setiap hari atau mandi 2 hari sekali atau seterusnya yg disesuaikan dengan karakternya supaya temen-temen menemukan setting mandi yang pas yang disukai oleh burung,

nah seperti kita ketahui bersama cara yang tepat memandikan burung murai batu itu jangan disemprot atau dipaksakan ya, melainkan mandi harus pakai keramba khusus pemandian jadi kalian harus bisa menyediakan keramba dulu dengan air yang bersih baru burung murai batu kita dimasukkan kedalamnya.

Baca selengkapnya :  Prediksi Harga Lovebird Murah Di Tahun 2020 Terlengkap

perawatan-harian-murai-batu-lepas-trotol

Pemberian Pakan Tambahan (EF)

Nah yang keempat adalah ef yang wajib diberikan setiap harinya adalah jangkrik ya bisa kalian kasihkan pada waktu pagi dan sore tapi untuk jumlah yang takarannya itu pun harus disesuaikan dengan kemauan dan karakter burung kalian,

tapi biasanya rata rata rata ya cuman 5 ekor, misal pagi 5 dan sore 5 total perhari hanya 10 ekor saja itu sudah cukup akan tetapi ada beberapa kasus di mana murai batu itu kadang-kadang minta sampai 10 minta 7 dan berbeda-beda pastinya dalam hal mengkonsumsi pakan jangkrik ini ya.

Dengan cara ini kalian harus amati secara langsung karena untuk mengetahui kemampuan dan karakter burung murai batu kita itu per hari sanggup mengkonsumsi berapa jangkrik, jika sudah mengetahuinya maka jangan dirubah-rubah ya, misalkan pagi 3 dan sore 3, maka untuk selanjutnya dan seterusnya berikan dengan porsi seperti itu agar birahi si burung tetap stabil ya.

Selain ef jangkrik ini ada juga keroto ya, ada burung murai batu itu yang tidak harus pakai keroto itu juga kadang sudah gacor tapi kalau dikasih kroto biasanya akan tambah gacor ya,

dan ini kembali ke kebiasaan burungnya ada yang minta full kroto tanpa harus diberikan voer lagi, ada juga yang harus setiap hari meminta keroto itu satu cepuk tanggung biasanya, pasti karena karakter kesukaan burung murai itu berbeda-beda ya. Tentu kita sebagai pemilik harus bisa menganalisa dengan baik apa sih pakan favorit murai batu gacoan kita agar nanti bisa gacor dor siang malam.

baca juga : makanan terbaik untuk burung murai batu

Pengumbaran Untuk Latihan Fisik Murai Batu

Dalam hal ini berkaitan dengan olah fisik ya temen-temen, yang dimaksud disini adalah pengumbaran ya, jika kalian rajin atau sering dan harus dilakukan terhadap burung murai batu, karena pengumbaran bisa membuat burung lebih sehat, bergenaga (power) energik, serta bisa menstabilkan birahi murai tersebut ya.

Baca selengkapnya :  Rahasia Ternak Burung Serindit Agar Cepat Berhasil

nah Berapa kali dalam seminggu murai kita itu harus diumbar ?. itu kembali ke pengamatan kalian ya jadi pertama kali kita lakukan seminggu sekali dulu ya, lalu kita melihat perkembangannya seperti dan apa efeknya jika tidak ada perubahan dan kalau kurang durasi pengumbarannya maka kita tambahkan menjadi dua kali seminggu misalnya, jadi intinya kalian jangan takut dan harus selalu mencoba ya teman-temannya sampai ketemu yang pas dan tepat untuk rawatan murai batu kita.

tip-perawatan-harian-murai-batu

Kunci Konsistensi Keberhasilan Rawatan Hariannya

Nah hal yang paling terpenting serta inilah Kuncinya ya teman-teman adalah kalian harus konsistensi baik itu dari kebersihan sangkar, pengembunan, pemandian, penjemuran dan lainnya yang sudah dijelaskan diatas ya, akan tetapi kalian harus sudah mengetahui dan mengamati setiap jenis pola rawatan yang memang sudah menjadi kebiasaan si burung murai teresbut ya.

jadi konsistensi ini menyangkut aspek kebiasaan dalam segi hal rawatan dari pakan ya menggunakan voer apa yang kita pakai itu juga harus konsistensi misal menggunakan topsong atau goldcoin pakai itu terus ya jangan diganti-ganti,

dan jam berapa burung kita biasa di umbar terus itu berapa jumlah jangkrik yang kita berikan, tentu tidak boleh diubah-rubah karena kalau diubah sedikit saja pasti efeknya akan berubah pada burung murai batu kita.

Oke jadi itu saja tips pola perawatan harian murai batu yang bisa kami bagikan kepada kalian semua berdasarkan pengalaman yang sudah di uji coba kesuksesannya, selamat mencoba dan semoga sukses selalu. Salam murai batu mania.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari