Mengenal Keistimewaan Jalak Bali, Habitat, Makanan Dan Harga

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, kembali lagi masih tetap bersama situs resmi SuhuKicau.Com yang selalu update memberikan info-info terbaru seputar burung kicau di indonesia.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar burung jalak bali yang sangat istimewa dan menjadi burung yang paling banyak digemari oleh para hobiis di tahun ini. Penasaran ?. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Burung jalak bali ini burung yang tergolong sudah melegenda dan memiliki nama di dunia perburungan di nusantara, biasanya hanyak para kolektor dan ekonomi menengah keatas saja yang mampu memilikinya, burung ini memiliki nama latin atau ilmiahnya : Leucopsar rothshildi yang saat ini menjadi satwa endemik yang dilindungi yang ada di negara indonesia, asal asul burung ini berasal dari pulau bali, populasi penyebarannya terluas antara bubunan, buleleng sampai gilimanuk dataran tinggi.

ciri-burung-jalak-bali

Namun seiring tahun populasi burung ini sudah hampir terancam punah dan menyempit hanya terbatas dikawasan taman nasi onal bali saja yang tepat berada di semenanjung prapat agung dan tanjung gelap.

Memahami karakteristik burung jalak bali


Sifat bawaan yang dimiliki oleh burung jalak bali ini adalah semi fighter, dengan banyak kelebihan yang tidak dimiliki oleh ocehan burung kicau pada umumnya, dengan penampilan yang indah nan elok berwarna putih bersih. Burung ini juga sangat diburu dan sering banyak dicari oleh para big bos dan kolektor burung langka dan dilindungi habitatnya.

Akan tetapi setelah menjadi burung yang endemik, serta dilindungi oleh pemerintah ini, yang dimana populasi burung jalak bali ini terancam punah dan sangat sulit ditemukan di alam liar, namun masih ada beberapa penangkaran yang diberikan ijin resmi legal yang ada didaerah pulau jawa dan bali yang masih memproduksi dan mengembangbiakan burung ini, sudah pasti burung yang satu ini bukan burung sembarang yang memiliki harga pasaran pada umumnya.

Baca selengkapnya :  Cara Memilih Burung Pleci Buxtoni Yang Bagus

Ciri fisik yang dimiliki burung jalak bali

– Jika dilihat dari bentuk dan panjang tubunya berukuran 12 sampai 15 cm setara dengan burung jalak lain pada umumnya, akan tetapi yang membedakan kelebihan bulu warna putih yang dimilikinya sangat bersih dan di ujung ekor dan sayapnya terlihat ada bintik totol berwarna hitam.

– Memiliki jambul yang tipis dan halus seperti bulu kepala yang mampu berdiri ketika sudah ketemu titik birahi dalam berkicau.

– Untuk kakinya memiliki warna keabu-abuan

– Memiliki paruh yang lumayan besar dan runcing dengan panjang kurang lebih sekitar 5 cm.

– Bola mata berwarna coklat tua, kehitam-hitaman serta pada kelopak didekat area matanya yang terlihat seperti kulit tanpa bulu dan berwarna biru cerah.

Habitat dan kebiasaan

Untuk burung jalak bali ini sendiri memiliki wilayah sebaran relatif cukup luas antara lain, dapat anda jumpai sampai diwilayah semenanjung prapat agung yang dimana didekat dataran pantai hutan sebelah ilir teluk kelor sampai bukit asam kembar, kali ombo, bukit utama, kesambi pos dan gondang barat.

anakan-burung-jalak-bali

Untuk habitat burung ini yang dimana juga sangat menyukai tempat bertipe mangrove, hutan savana dan hutan pantai yang memiliki iklim tropis, hutan yang menjulang dengan pepohonan yang rimbun dan lebat.

Makanan burung jalak bali

Pakan alami yang paling disukai oleh burung jalak bali ini adalah serangga-serangga kecil seperti : ulat, cacing tanah, jangkrik, telur semut (kroto) serta biji-bijian seperti milet, jewawut dan canary seed namun untuk jenis buah-buahan seperti pisang dan pepaya.

Harga jalak bali

Berikut daftar harga terbaru burung jalak bali di tahun 2020, yang dimana untuk burung yang masih anakan atau bahan yang masih berusia dibawah 1 tahun bisa mencapai 8 sampai 10 juta rupiah, berbeda dengan burung yang sudah berusia diatas satu tahun dan tergolong sudah dewasa bisa mencapai 25 jutaan perekornya, wow memang harga yang sungguh fantastis bukan!.

Baca selengkapnya :  Tips Perawatan Burung Wambi Harian Yang Tepat

harga-jalak-bali

Akan tetapi yang namanya hobi perawat burung langka kicauan yang istimewa ini, apa arti harga bisa dinomor duakan betul tidak ?.. hehehe. Yang penting kepuasan batin jika sudah memiliki burung yang cantik, unik, langka dan istimewa ini.

Namun saran saya jangan anda membeli burung ini jika tidak memiliki surat-surat izin atau sertifitak resmi dari pemerintah pusat, yang nantinya dapat membuat bahaya anda sendiri yang akan menanggung resiko pidana serta dapat dipenjara.

Demikian informasi singkat tentang burung jalak bali yang kiranya dapat menambah wawasan anda di dunia burung kicauan, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya : Tips Mudah Ternak Jalak Bali