Mengenal Jenis Burung Murai Batu Yang Terpopuler

Diposting pada

Assalamualaikum wr wb, kembali lagi masih bersama di blog resmi SuhuKicau.Com yang setiap hari tanpa lelah dan henti-henti memberikan informasi yang sangat menginspirasi buat teman-teman kicau mania semuanya, pada bahasan kali ini saya akan berbagi informasi seputar Jenis-jenis burung murai batu.

Mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda semua tentan burung murai ini, namun dari kalangan pemula ataupun yang sudah pemain lama sekalipun terkadang masih ada saja yang masih bingun dengan jenis murai batu apa yang anda pelihara atau anda sedang ingin mencari murai yang jenis apa yang kiranya sesuai dengan harapan anda untuk mendapatkan burung yang bagus tentunya. Disini kita akan menjelaskan tentang jenis murai batu apa saja yang ada di indonesia tercinta kita ini, penasaran yuk simak terus sampai habis ulasan selengkapnya dibawah ini :

Sebelumnya ada baiknya kita harus terlebih dahulu mengenal lebih dekat burung murai tersebut, burung murai batu ini mempunyai sebutan atau nama latin (Copychus malabaricus) adalah ras yang masih memiliki keluarga dengan Turdidae, yang memiliki keistimewaan pada mental dan suara kicauannya yang bernada dan sangat bervariasi.

Kepopuleran burung ini tidak hanya di lokal saja namun di negara lain pun juga sangat banyak dan menjadi tren untuk dipelihara sebagai burung kesayangan, seperti negara : malaysia, thailand dan filipin juga masih sangat banyak warga mereka yang menyukai burung murai batu ini untuk dipelihara dan dirawat dengan baik. Burung ini banyak tersebar di seluruh pulau sumatra, semenanjung malaysia dan dikepulauan jawa.

murai-batu-medan

Mengetahui berbagai macam burung murai

Jenis-jenis murai batu yang ada di indonesia terbilang banyak sekali, dari beberapa perbedaan setiap jenis burung ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang pasti dimilikinya, namun para penghobi kicau juga pasti memiliki selera yang berbeda-beda juga.

Ada beberapa dari kalangan teman-teman kicau yang sangat menyukai burung yang dari jenis medan dan ada juga sebaliknya ada yang lebih suka dengan bentuk postur yang dimiliki oleh burung murai banjar (borneo) semua tergantung anda sebagai pemilik yang merawatnya dengan baik. Ada sekitar 12 jenis burung murai yang perlu anda ketahui, dan layak untuk anda pelihara. Baik untuk hiburan bunyi-bunyian saja diruamah ataupun dicetak sebagai burung lapangan (gantangan).

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

Murai batu medan

Habitatnya berada dikawasan Bukit Lawang, Bahorok kabupaten langkat yang tidak jauh dari daerah kaki gunung leuser, sumatra utara. Keunggulan pada volume dan variasi suara yang dikeluarkannya sangatlah kencang (vokal tembus) yang dimana diikutsertakan dengan fisik yang terlihat ideal tegap (gagah pemberani).

Untuk jenis ini memiliki tubuh lebih besar dari jenis yang lainnya, ekor yang dimiliki tergolong sangat panjang sekitar 25 cm dibandingkan dengan panjang tubuhnya. Bentuk agak melengkung yang semakin ke ujung semakin terlihat lebar. Daya tarik yang paling utama terletak pada suara yang keras dan lantang, mempunyai tembakan yang khas dan isian materi yang full durasi apabila burung ini sedang dalam kondisi bagus.

Gaya tarung yang macul, serta ekor dengan kepala yang naik turun apabila sudah ngeplay, dengan penampilan burung murai batu medan yang seperti ini tergolong memiliki harga yang sangat tinggi dipasaran dan mahal tentunya.

Murai batu aceh

Burung ini yang memiliki habitat di alam liarnya sangat senang tinggal di kaki gunung leauser Aceh, jika dilihat sekilas hampir mirip dengan murai batu medan , akan tetapi burung murai aceh ini memiliki postur tubuh yang agak ramping (kurus) dan panjang tubuh dan ekornya tidak sampai seukuran dengan burung murai medan.

Dengan karakter burung murai batu aceh tipe seperti ini biasanya saat mengeluarkan suara kicauannya akan terdengar lebih tajam, pedas, namun termasuk memiliki banyak materi yang sangat baik jika dijadikan sebagai burung kontes lapangan.

Murai batu nias

Disebut juga burung murai batu pagai, karena yang berasal dari pulau pagai. Namun ciri khusus dari jenis burung ini yang memiliki ekor berwarna hitam, akan tetapi tidak terlalu panjang jika dibandingkan dengan murai medan atau yang lainnnya.

Namun kelebihan yang dimiliki burung murai nias ini memiliki tembakan yang melengking keras dan mampu untuk ngerol 2 sampai 3 step, mitos yang beredar burung ini mudah loyo!. Dan jarang sekali para penghobi murai batu menggunakan burung ini untuk gacoan dilapangan.

murai-batu-nias

Murai batu lampung

Habitat yang dikuasai oleh burung asal sumatra ini adalah danau ranau, yang banyak berada di daerah lampung selatan. Karakter serta mentalnya bisa diadu dan hampir setara mirip dengan murai batu medan. Akan tetapi volume kecil dan variasi lagu kurang.

Untuk ukuran body jauh lebih kecil, yang memiliki ekor tipis dan pendek yaitu hanya berukuran 17 sampai dengan 22 cm saja, bagian ujung ekor yang menumpul, keunggulan dari murai batu lampung ini dari gerakan tubuh yang lebih lincah, terutama dalam mempermainkan gerakan ekornya saat berkicau, namun kekurangan lainnya untuk materi atau isian lagu yang dibawakan terbatas dikarenakan burung ini sulit sekali untuk dimasteri.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Perawatan Cucak Jenggot Agar Gacor

Murai batu borneo

Murai batu yang berasal dari daerah kalimantan bagian timur ata banjar ini mempunyai keunikan dibagian kepalanya yang bergaris putih memanjang ke belakang seperti warna yang seolah-olah dibuat atau dibentuk, namun ini asli warna bulu yang sangat unik, dan banyak orang bilang atau menyebutnya sebagai burung borneo palahaji.

Namun tidak semua jenis burung kalimantan ini memiliki bulu putih dikepalanya (palahaji) ada juga yang biasa pada umumnya, untuk ciri fisik lainnya khususnya untuk ekor yang jauh lebih pendek dari burung murai sumatra (lampung), sekitar 8 sampai 14 cm saja, bentuk leher juga lebih pendek. Untuk bulu dada berwarna coklat kekuning-kuningan bisa dikatakan terlihat lebih cerah.

Untuk volume / vokal yang dihasilkan cukup lumayan keras, dengan speed yang rapat yang mempunyai tembakan kasar yang dapat membuat lawannya menjadi terpancing emosinya.

Pada umumnya burung murai borneo jantan, bila melihat burung sejenis akan menggembungkan dadanya memang ini adalah sifat dasar atau karakter tempur gaya dia bermain saat mengadu kicauan seperti ini, bukan berarti burung jenis ini over birahi atau emosi.

Murai batu padang

Habitatnya di daerah padang, sumatera barat, jika diperhatikan burung ini memang mirip dengan murai batu medan pada umumnya, namun untuk tubuhnya jauh lebih kecil dan pendek, bagian ekor lebih kecil, tipis di ujungnya berbentuk melengkung tumpul, suara yang dihasilkan burung ini kecil volume vokalnya, jauh jika dibandingkan dengan burung murai batu medan (bahorok).

Murai batu jambi

Untuk burung murai jambi ini memang sangat jarang ditemukan, dan masih banyak berkeliaran di daerah hutan tropis yang berada di daerah jambi, untuk bentuk tubuh burung ini sangat kecil seperti burung bahan jika dibandingkan dengan murai batu lain pada umumnya.

Akan tetapi walaupun kecil-kecil gini cabe rawit temen-temen, burung ini tergolong pintar dan cepat menirukan suara ocehan burung sejenis ataupun masteran, dan memiliki volume yang cukup nyanter melengking dan besetan yang tajam, membuat kita penghobi burung kicau murai batu sangat menyukai dengan karakter suara yang dibawakan oleh burung murai jambi yang satu ini.

Baca selengkapnya :  Download Suara Pleci Masteran Mp3 Auto Gacor

murai-batu-jambi

Murai batu bengkulu

Ciri khas murai batu bengkulu, yaitu pada bulu ekornya yang renggang dan tampak tidak rapi, tapi sangat tebal jika dibandingkan dengan burung murai batu lainnya, karena bulu ekor yang ketebalan yang bisa membuat kurangnya dalam bermain saat bertarung kurang atraktif. Untuk proses pemasteran burung ini memang sangat lambat dan harus bersabar.

Murai batu jawa

Burung ini yang memiliki habitat asalanya dari pulau jawa tengah dan jawa barat. Bentuk tubuh berukuran lebih kecil dibandingkan murai batu medan. Untuk panjang ekornya jauh lebih pendek yang hanya mampu mencapai 8 – 10 cm meter saja. Burung ini tergolong sangat langka ditemukan di peternak ataupun dipasaran, mungkin karena kurang peminatnya ataupun karena faktor alam yang memang sulitnya burung ini untuk diburu.

Murai batu malaysia

Ciri khas yang dimiliki oleh jenis burung murai malysia ini berekor tipis dan panjang, postur tubuh kecil dan memang sih terlihatnya kurang ideal dengan panjang ekor yang dimilikinya. Karakter suara burung sangat nyaring bagus bernada irama, memiliki durasi kicauan baik, bervariasi dan sangat mudah untuk dilatih menjadi gacor (rajin berkicau).

Murai batu thailand

Habitat burung ini yang berasal dari daerah perbatasan Thailand dan Malaysia. Ciri khas murai batu Thailand berekor panjang dan bulunya berwarna hitam mengkilat sedikit kebiru-biruan, memang sangatlah unik dan langka, walaupun ada dan ditemukan di indonesia, sudah pasti harga burung ini dibanderol dengan harga yang tinggi, yang dikarena burung import.

Murai batu Filipina

Habitat burung murai filipin ini tentunya berasal dari negara filipina dong. Atau juga burung luar negri lah bahasanye mah. Yang banyak berkembang biak di hutan Luzon dan Catanduanes. Murai batu Filipina ini memiliki suara yang sangat bagus akan tetapi tidak terlalu banyak memiliki variasi kicauan, namun burung ini memiliki bulu yang sangat indah, rapih dan mulus.

Khusus untuk burung murai yang berasal dari luar negri sudah pasti masih kalah dengan kualitas jenis burung murai batu yang dari dalam negri, dan kita semua pasti merasakan dan mensyukuri kelebihan yang dimiliki. Demikian informasi yang dapat kami berikan sekilas jenis burung murai yang kiranya dapat menambah wawasan temen-temen, sobat kicau mania dimanapun anda berada. Semoga bermanfaat.