Cara Mudah dan Ampuh Membasmi Kutu Burung

Diposting pada

SuhuKicau.com – Kutu adalah salah satu makhluk hidup yang tumbuh dengan memakan dan menghisap darah inangnya. Adanya kutu pada burung akan menyebabkan burung tidak memiliki penampilan yang sempurna karena bulunya yang rusak.

Selain itu juga adanya kutu ini akan membuat burung menjadi tidak nyaman untuk beraktifitas. Untuk itu anda harus memberishkan kutu tersebut sebelum burung terinfeksi. Yuk simak tips membasmi kutu burung berikut.

Cara Ampuh Membasmi Kutu Pada Burung


1. Menggunakan Desinfektan

Cara pertama untuk membasmi kutu adalah dengan memberikan desinfektan pada burung. Ada banyak sekali merk desinfektan yang ada di pasar burung. Anda bisa memilih merk yang sudah cukup terkenal ampuh untuk membasmi kutu tersebut.

Yang paling penting adalah selalu memastikan jika desinfektan tidak memiliki kandungan bahan kimia yang cukup tinggi, sehingga bisa menyakiti sang burung. Gunakan desinfektan sesuai dengan petunjuknya.

2. Memanfaatkan daun sirih

Tips alami untuk bisa membasmi kutu pada burung adalah dengan menggunakan daun sirih. Kandungan yang terdapat dalam daun sirih dipercaya mampu membasmi kutu yang bersarang pada burung. Kumpulkan beberapa daun sirih, lalu rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, gunakan air rebusan yang berwarna hitam untuk dimasukkan pada botol seprey atau semprotan burung.

daun-sirih

Setelah dingin barulah semprotkan air rebusan tadi ke burung yang terinfeksi oleh kutu burung. Semprotkan air tersebut mulai dari bagian sayap, leher, perut, pangkah ekor hingga ekornya secara merata.

Baca selengkapnya :  Daftar Harga Burung Murai Terbaru Dan Terlengkap 2020

Anda juga bisa langsung memandikan burung dengan menggunaan air rebusan sirih. Namun anda harus berhati hati agar tidak mengenai mata burung. Lakukan pembersihan ini secara rutin agar kutu bisa hilang dan tidka bersarang lagi di tubuh burung.

3. Pemberian Multivitamin

Selama burung masih memiliki kutu, biasanya tidak memiliki nafsu makan dan berkurang kelincahan sang burung. Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa memberikan obat multivitamin agar memaksimalkan kesembuhan sang burung dari dalam.

Pemberian multivitamin ini akan menjaga kesehatan sang burung tetap terjaga dan terhindar dari kondisi drop atau juga kondisi melemah.

4. Mandi dengan Cucian Air Beras

Air bekas cucian berasa memiliki cara penggunaan yang sama dengan air sirih. Air beras diyakini mampu merontokkan telur dan kutu burung. Hal ini karena air cucian beras mengandung lapisan lilin yang bersifat merontokkan atau melepaskan pegangan sang telur kutu. Gunakan upaya manual saat membersihkan kutu dengan air beras, agar kutu bisa hilang dari tubuh burung.

Dengan menggunakan air cucian beras, kutu akan mudah untuk dibuang apalagi saat burung sedang disisir. Kumpulkan air cucian beras pada satu tempat dan masukkan dalam botol semprotan burung. Setelah itu semprotkan pada burung secara rutin dan lakukan pembersihan agar burung bisa terhindar dari kutu yang mampu merusak bulunya.

5. Campuran Air Beras dan Air Sirih

Apabila kutu pada burung masih saja tetap tinggal, cobalah dengan menggabungkan air bekas cucian beras dengan air rebusan sirih. Dengan dua gabungan dari air tersebut membasmi kutu akan benar benar efektif. Campurkan kedua ar tersebut pada wadah semprot dan bersihkan burung dengan rutin. Hal ini tentu akan membuat kutu burung akan hilang secara perlahan lahan.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor

Adanya kutu pada burung memang akan merusak bulu yang dimiliki oleh burung. Apabila kutu dibiarkan tentu akan menggangu burung dan menjadi masalah yang cukup serius.

Adanya kutu ini akan membuat performa burung lemah dan tidak mampu berkicau seperti pada umumnya. Untuk mengatasi datangnya kutu pada burung, anda bisa membersihkan kandang burung dengan rutin sehingga akan mencegah datangnya kutu.