Tips Mudah Perawatan Pleci Mabung Agar Cepat Tuntas

Diposting pada

perawatan pleci mabung – Pada alam bebas di lingkungan aslinya, situasi tertentu kala burung lagi hadapi proses ganti bulu ataupun istilahnya kerap diucap mabung( molting) ialah perihal yang telah lazim berlangsung oleh tiap tipe burung, serta burung itu sanggup menanganinya. Berlainan dengan burung yang kita jaga di dalam kandang, bila burung lagi hadapi kondisi itu hingga haruslah dicermati serta butuh penindakan spesial pemeliharaan yang berlainan dari rawatan setiap hari umumnya.

Pada dikala burung hadapi cara ubah bulu, paling tidak kamu wajib butuh mengestimasi, sebab burung pleci ini terkategori salah satu jenis burung kecil yang rentan serta membahayakan bila anda kurang pas dalam membagikan rawatan mabungnya dengan tepat.

Terdapat sebagian perihal berarti yang wajib kamu cermati sepanjang burung pleci ini hadapi waktu mabungnya, supaya cara mabungnya berjalan dengan sempurna, dengan begitu tidak hanya situasi burung hendak senantiasa segar, mutu suara serta penampilannya pula dapat senantiasa terpelihara dengan bagus.

Tetapi bila burung pleci kamu hadapi proses rontok bulu saat sebelum waktunya, tentu terdapat sebagian aspek pemicu, selanjutnya analisa yang baik dari faktornya dan penyelesaiannya:

pleci-masuk-masa-mabung

Kiat Simpel Memelihara Pleci Mabung Biar Cepat Selesai


Lebihi Takaran Pemberian Kroto Serta Mengurangi Jatah Ulat

Dalam situasi dikala ubah bulu, kebalikannya kurangi pemberian pakan larva hongkong. Bila hariannya pleci diberi larva sebesar 3 hingga 4 ekor, bagikan setengahnya saja, cukup anda bagikan 1 hingga 2 ekor larva hongkong( UH) kala burung pleci hadapi waktu mabungnya. Pakan UH ini amat susah buat di cerna oleh pleci, dalam situasi mabung burung pleci tidak mempunyai badan yang Bugat( kurang kondusif), jadi kurang bagus bila diserahkan pakan larva terlalu berlebihan. Supaya lebih maksimalnya lagi ada pilihan lain. Berikanlah larva daun pisang yang mempunyai komposisi yang lebih lembut serta amat gampang di cerna nyatanya.

Baca selengkapnya :  Cara Mudah Merawat Burung Kacer Bahan Agar Cepat Gacor

Amat direkomendasikan sekali kala pleci yang lagi mabung ini bagus bila diserahkan kroto fresh, apalagi diusahakan sesering bisa jadi. Sebab isi yang terdapat di kroto ini amat bagus buat pembuatan nutrisi, daya yang bisa melindungi energi burung pleci supaya senantiasa segar, dengan impian kroto inilah bisa memantapkan kondisi badan serta dapat menjaga kesehatan sang kecil kala melampaui waktu mabungnya.

pleci-rontok-bulu

Burung Tidak Boleh Dimandikan

Era mabung ini memanglah durasi yang sangat ditunggu- tunggu oleh sebagaian para kicaua kegandrungan yang mengerti, sebab pada waktu ini hendak melampaui era yang jauh lebih bagus, dari akumulasi umur, modul, dan bentuk burung itu. Hendak namun mabung ini ialah cara yang rentan sekali kendala. Buat pleci mabung bagusnya janganlah dimandikan terlebih dulu hingga proses ganti bulu lama dengan yang barunya beres, perihal ini bermaksud supaya proses jatuh bulu tidak tertahan, yang membuat proses mabungnya jadi lebih segera.

Burung yang lagi mabung ini, lumayan dibersihkan saja kotoran pada dasar kandangnya, dan ubah air minum serta voer halusnya, dan membagikan pakan keroto fresh dengan dosis 1 spatula teh saja tiap pagi hari supaya kukila bisa senantiasa fresh, serta segar. Ingat janganlah sangat lama menjemur kukila pleci kala sedang jatuh bulu, lumayan 5 hingga 10 menit saja, kemudian setelah itu di anginkan sepanjang 15 menitan serta bisa di kerodong kembali hingga petang hari, di lihat kembali kebersihan kandang, air minum serta voernya kemudian kerodong kembali hingga ke esokan harinya.

pleci-tengah-mabung

Beres Pergantian Bulu Tumbuh Dengan Sempurna

Untuk perkara ganti bulu terjalin karena memanglah telah waktunya tiap tipe burung tentu hendak hadapi masa- masa ini. Umumnya cara dari dini rontoknya bulu hingga berkembang bulu yang terkini dengan cara sempurna menyantap durasi kurang lebih antara 41 hingga 46 hari, bila dalam durasi yang sudah di prediksikan itu kerontokan bulu sedang saja terjalin, berarti cara mabung dapat dibilang stress serta terinfeksi oleh aspek yang lain, semacam area yang kurang aman ataupun dapat jadi oleh benalu kejam.

Baca selengkapnya :  Ciri dan Kelebihan Cucak Ijo Kalimantan

Gimana kita selaku pemilik wajib bertanggung jawab, dan sanggup membagikan rawatan mabung yang pas, supaya nanti kelaknya sehabis melampaui proses mabung itu, tidak hendak mencuat kasus yang bisa saja muncul, sebab salah rawatan kala mabung.

Spesial buat sang kecil kacamata( pleci) ini, umumnya pergantian bulu ini hendak dirasakan oleh kukila pleci yang sedang bakalan( belia) yang dimana bulu- bulunya belia hendak gugur serta digantikan dengan bulu berusia, buat mabung awal, hendak namun dipulangkan lagi dari tiap- tiap hormon kukila itu, kadangkala kala apalagi terdapat yang lebih kilat dari durasi yang sudah didetetapkan.

Baca juga : Cara Mudah Merawat Pleci Agar Bukpar Dan Gacor