gambar-kacer-konslet

Tips Jitu Ubah Kacer Mbagong Jadi Konslet

Assalamualaikum wr wb, pa kabarnya semua bro.. Kembali lagi masih bersama suhukicau.com, yang selalu konsisten memberikan tips tentang burung kicau yang ada di indonesia.

Pada pembahasan kali ini para suhu akan mengulas bagaimana caranya membuat burung kacer yang tadinya mbagong menjadi konslet dan stabil bila diadu gantangan atau istilahnya di trek. Penasaran !. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Penyebab burung kacer sering mbagong


Memang tidak jarang bagi penghobi burung kacer yang sering mengalami masalah pada burungnya, apalagi permasalah gacoan kacernya yang sering mbagong atau nangkur, kudalaut ini ketika di trek dengan sesama jenis, baik hanya 3 sampai 5 burung ataupun terkadang lebih dari 20 burung pun masih juga yang sering menjumpai salah satu kacer yang jebol birahinya atau istilahnya dengan mbagong tersebut.

perawatan-kacer

Karakter Burung

Sebelum anda menganalisa lebih jauh, kenapa kacer mbagong!. Setidaknya anda harus mengetahui terlebih dahulu sifat dasar dan karakter dari burung kacer kesayangan anda. Karena sifat dasar yang dimiliki setiap burung kacer adalah petarung sejati, yang sangat merespon kicauan dan agresif ketika melihat dan mendengar suara kicauan sesama jenisnya.

Namun dibarengi dengan karakter dari setiap burung yang berbeda-beda, setidaknya anda harus mengetahui dulu karakter tipe burung kacer anda seperti apa, agar pada saat perawatan harian dan setingan ketika ingin ditrek atau digantang adu akan tampil maksimal tentunya.

Kondisi Burung

Dilihat juga dari kondisi burung kacer tersebut, jika kondisi kurang FIT, atau kurang sehat (sedang sakit) apabila anda paksakan untuk naik gantangan atau di trek pastinya burung kacer akan mbagong dan yang lebih dikhawatirkan lagi, bisa membuat burung menjadi drop mental stres.

Baca selengkapnya :  Ciri Dan Karakter Lovebird Euwing Beserta Harganya

Nah ini sangat perlu anda perhatikan, sebelum mengetrek burung anda dilapangan, pastikan dulu kondisi si burung sehat, FIT dan gacor. Agar tidak mendatangkan masalah baru lainnya pada burung kacer anda.

Pola Pakan

Keseimbangan pola pakan yang anda berikan setiap harinya, juga sudah pasti mempengaruhi tingkat birahi yang dimiliki burung kacer tersebut, jika anda tidak konsisten dalam memberikan pakan EF (Extra Fooding), contoh halnya jangkrik ataupun kroto yang berlebih atau kurang asupan, dan tidak rutin sesuai dengan takaran yang dibutuhkan oleh si kacer, maka otomatis juga dapat membuat burung ini akan mbagong ketika diadu.

Penjemuran Dan Pemandian

Manfaat dari penjumran adalah meningkatkan birahi dan melatif fisik si kacer tersebut, sedangkan untuk pemandian adalah sebagai peredam birahi burung. Jadi saling berkaitan untuk mengatur suhu tubuh, dari titik birahi si burung kacer ini agar bisa stabil. Jika anda salah dalam melakukan kedua hal ini, sudah pasti juga kacer anda akan mbagong.

kacer-konslet


Cara mudah menghilangkan mbagong kacer agar menjadi konslet

Kacer yang bisa dikonsletkan, istilahnya sama seperti burung lovebird. Atau bisa dibilang kacer yang sudah memiliki birahi yang tinggi, akan tetapi burung ini bukan burung yang masih bahan. Melainkan burung yang sudah jadi dewasa mapan serta memiliki perilakunya terlau galak , over emosi, atau over birahi jika digantang full bagong.

Dan ini akan menjadi titik proses awal untuk membuat kacer ini menjadi konslet dan tampil lebih stabil tidak ngebagong lagi. Nah bagaimana prosesnya ?, disini kita harus menjodohkan burung kacer tersebut dengan betinanya. Carilah indukan betina kacer yang gacor dengan usia yang masih muda dan baru mabung pertama yang dimana si betinanya ini masih genit-genitnya dan sering merayu agresif dengan burung kacer jantan dan siap untuk diternak, yang nantinya akan kita jodohkan dengan kacer yang sering full bagong ini.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Murai Batu Bordan Agar Cepat Gacor

Proses pertama

Caranya seperti apa?. Sebelumnya anda harus melakukan proses perkenalan terlebih dahulu dengan sangkar yang berbeda dan letakkan sedikit berjauhan kira-kira 7 – 8 meter, biar burung saling meliat dari kejauhan.

Dan anda bisa memperhatikan cocok atau tidaknya dari perilaku kedua burung tersebut, jika si betina sudah saling saut menyaut dengan si jantan dan betina ini juga agresif membuka ekor mengeluarkan suara-suara yang variasi terlihat seperti menantang sang jantan baru boleh anda dekatkan dengan jarak satu sampai setengah meter untuk menstabilkan si jantan agar ikut buka ekor (ngobra). Apabila si jantan sudah terlihat ON, baru dijauhkan kembali dan disembunyikan tanpa melihat akan tetapi masih di lokasi yang sama hanya saja mendengar-dengar suaranya saja berikan durasi selama 1 – 2 jam.

Lakukan penjauhan serta menempelnya dengan betina secara berulang. Perhatikan dan analisa si kacer sampai ketitik jenuh, biasanya apabila sudah jenuh burung kacer jantan ini diem, dan si betina terlihat ngeleper-ngeleper, seperti minta kawin.

Baca artiekl terkait seputar burung kacer :

√ Mengenal Jenis Burung Kacer
√ Cara Mudah Ternak Burung Kacer
√ Mengenali Ciri Kacer Betina
√ Cara Merawat Kacer Mabung

Proses kedua

Nah baru itulah kita satukan kedau burung kacer ini dalam satu bak mandi keramba, yang dimana si jantan dan betina kita mandikan bareng.

Jika sudah mau mulai mandi bareng ini sudah aman melewati titik aman yang kedua. Selanjutnya proses penyimpanan burung, jantannya harus di krodong dan sangkar betinanya diletakkan disampingnya tetapi jangan dikerodong. Untuk perawatan EF seperti biasanya, rawatlah setiap harinya dengan konsisten selama satu minggu.

Proses ketiga

Selanjutnya tahap pengetesan atau uji coba si kacer jantan dilapangan atau di adu (trek), akan tetapi si betina yang sebagai untulannya harus tetap dibawa disebelah sangkar si jantan yang menggunakan kandang kecil dicantol seperti untulan pada burung pleci. Lakukan hal tersebut sebelum berangkat ke gantangan dari rumah sudah disiapkan kandang yang saling menempel dan di kerodong secara aman.

kacer-ngobra

Ketika sudah ada dilapangan, carilah posisi yang aman, dan jauhkan terlebih dahulu dari suasana arena keramaian gantangan, cari tempat yang sejuk sepi, dan barulah mulai coba anda pisahkan si kacer betinanya dari kandang jantan. Dan burung siap untuk digantangkan.

Biasanya untuk membawa kacer betina ke arena lapangan memakan waktu proses naik 3 sampai 4 kali gantngan dengan tempo waktu yang berbeda. Pada ke 5 kalinya burung digantang baru boleh si betina ini ditinggalkan dirumah tidak usah dibawa lagi, dan disini titik birahi si jantan sudah mau mulai stabil walaupun tidak ditemani ke lapangan.

Intinya dari setiap hal yang dapat menyebabkan kacer mbagong ialah hal yang telah dijelaskan diatas, apabila anda sudah memberikan perawatan secara konsisten, baik dan maksimal namun masih saja melihat burung kacer anda sering mbagong cara terakhir adalah proses penjodohan atau pengecasan si betina yang gacor dan serasi dengan si jantannya.

Demikian informasi Tips Jitu Ubah Kacer Mbagong Jadi Konslet , berdasarkan pengalaman yang sudah terbukti ampuh dan kiranya dapat anda jadikan sebagai referensi yang bermanfaat bagi temen-temen kacer mania semua.