Cara Merawat Burung Sogok Ontong

Diposting pada
Rate this post

halo teman-teman suhukicau di edisi kali ini kita akan memberikan ulasan informasi tentang Cara Merawat Burung Sogok Ontong yang bernar. Meskipun terlihat mudah dan sederhana tetapi untuk mendapatkan

atau menghasilkan individu yang berkualitas tentunya diperlukan perawatan terbaik dan juga harus konsisten serta penuh kasih sayang. Sebenarnya inilah kuncinya karena mau makanan yang kita berikan sedemikian

rupa tetapi kita asal saja merawat dan memperlakukan apalagi perawatannya sembarangan tidak teratur tentunya si burung tidak akan merasa nyaman sehingga tidak akan terbentuk sogok ontong dengan kualitas

baik dari kesehatan fisik dan mentalnya juga kicauan yang unik tidak akan maksimal. Nah mungkin sebagian orang berpendapat perawatan sogon ini mudah tidak terlalu ribet, itu memang benar sekali

tetapi sekali lagi kita harus melakukan yang terbaik dan juga dengan cara atau step yang benar. Mau tahu bagaimana itu caranya ? yuk dari pada kalian semakin bertanya – tanya langsung saja kami jelaskan di artikel ini selengkapnya.

cara-membuat-pakan-sogok-ontong

Cara Perawatan Harian Burung Sogok Ontong

1. Pengembunan Rutin

Banyak manfaat yang didapatkan oleh burung saat dia diembun, dia bisa memperoleh oksigen yang bersih yang baik untuk pernafasannya dimana kita ketahui sudah banyak polusi terlebih diperkotaan.

Selain itu dia juga dapat berinteraksi langsung dengan burung liar lain sehingga dia bisa terpancing untuk berkicau. lakukan pengembunan dipukul 5.30 sampai pagi sebelum dia dimandikan.

Baca selengkapnya :  Harga Burung Siri Siri

Tetapi jangan embun burung apabila cuaca sedang hujan atau dingin takutnya akan menyebabkan si burung terganggu kesehatannya.

2. Mandikan Burung Dengan Rutin

Supaya lebih segar dan juga untuk menjaga kesehatan dan kebersihannya kalian harus memandikannya dengan rutin. cara memandikannya dengan cara disemprot sampai bulunya basah kuyup jangan terlalu lama cukup maksimal 30 menit setiap pagi.

voer-burung-sogok-ontong

3. Bersihkan Kandang Setiap Hari

Setelah burung dimandikan, sebelum kembali dijemur kalian harus membersihkan kandangnya terlebih dahulu dari sisa kotoran dan sisa makananya dan setiap seminggu sekali bersihkan menggunakan desinfektan supaya lebih steril.

tak hanya kandangnya sebaiknya kalian juga membersihkan cepuk bekas makanan dan minumannya juga sehingga lebih terjaga asupan makan dan minuman apalagi sogon memakan nektar kalau tak dibersihkan akan mengundang semut.

4. Jemur Dibawah Sinar Matahari

Setelah dimandikan dna diberi makan kalian harus menjemurnya dibawah sinar matahari secara rutin untuk mengembalikan kestabilan suhu tubuhnya, dan juga ada banyak manfaat untuk menjaga dayatahan tubuhnya

tidak perlu terlalu lama maksimal 1 jam atau sampai bulunya kering sudah cukup. karena dia bertubuh kecil sehingga dia tidak akan tahan kalau lama-lama dijemur dibawah sinar matahari.

5. Pemberian Makanan dan Minuman

Sogon secara alamiah memakan nektar kalian bisa memberikan nektar buatan pabrik yang sudah banyak dijual di kios burung maupun di ecommerce online dengan harga yang beragam juga. atau kalau kalian masih kesulitan

mendapatkannya kalian bisa memberikan susu kental manis yang dicampur sedikit air sampai agak encer. atau air sirup cocopandan. Selain itu kalian juga bisa memberikan voer sebagai makanan tambahan untuk nutrisinya.

6. Pemasteran

Yang terakhir kalian bisa memaster burung sogon kesayangan kalian dengan suara yang sudah kami sediakan di artikel lain dan bisa kalian unduh secara gratis atau di youtube juga sudah banyak. lakukan secara teratur supaya dia bisa merekam dan menirukannya.

Baca selengkapnya :  Cara Merawat Burung Merpati Agar Juara

Bagaimana apakah kalian sudah mendapat gambaran tentang cara merawat burung sogok ontong yang benar ? semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita semua di hobi yang sama ini yakni merawat burung kicau.

Dan kami banyak mengucapkan terimakasih ke kalian semua yang sudah selalu setia membacanya. Sekali lagi kami disini bukan untuk menggurui kalian terutama yang sudah ahli tetapi hanya untuk berbagi informasi dan pengalaman.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari