Burung Kiwi

Diposting pada
Rate this post

Burung Kiwi – Halo sahabat kicau kali ini kita akan mengulas informasi yang menarik masih seputar burung meskipun bukan yang biasa dipelihara oleh kicau mania ini merupakan burung yang tidak bisa terbang.

Fauna yang satu ini merupakan unggas yang dilindungi oleh negara Selandia Baru dimana dia juga merupakan burung asli yang berasal dari sana dan juga merupakan ikon dari perjuangan negara Selandia Baru.

Hal ini selaras dengan fakta dimana burung kiwi merupakan aves yang agresif meskipun dia tidak bisa terbang dia tidak segan-segan menyerang apabila ada yang mengacau di teritorialnya.

Dia akan menyerang dengan cakar-cakarnya yang kuat dan tajam serta paruh kuatnya yang berbahaya yang menjadikannya burung yang aktif berburu. dengan metode penyerangan inilah yang menandakan dia pejuang yang tangguh.

harga-burung-kiwi

Bagi kalian yang masih penasaran sekali dengan unggas yang satu ini, langsung saja baca artikelnya sampai habis ya.

Mengenal Lebih Jauh Burung Kiwi

Ciri Fisik Burung Kiwi

Secara fisik burung ini cukup mudah dikenali dimana dia memiliki tubuh yang bulat dengan paruh panjang serta kaki yang tidak terlalu panjang. Ukuran tubuhnya sedang tidak besar dan tidak kecil.

Bagi yang belum tahu dia terlihat seperti ayam karena dia juga tidak bisa terbang sehingga sering ditemukan dibawah disemak-semak pepohonan sebagai tempat dia bersembunyi dari hewan-hewan predator yang mengancamnya.

Karena ketahanannya itu dari para penyerang sehingga mereka harus tetap bersusah payah untuk bertahan hidup menjadikan negara selandia baru menjadikannya ikon perjuangan bangsa ditengah revolusi yang panjang.

Baca selengkapnya :  Cara Membedakan Cucak Jenggot Medan Dengan Kapas Tembak

Habitat Asli

Aves yang satu ini merupakan hewan asli selandia baru, dan hanya dapat ditemui disana bahkan menjadi ikon negara asalnya. Populasinya pun kini kian menipis mengingat dia bertelur sangat sedikit dimasa perkawinanya.

Sehingga dia sangat dilindungi disana bahkan sudah mulai banyak dilakukan upaya-upaya untuk tetap melestarikan burung kiwi dengan beberapa spesiesnya supaya dia tetap hidup disana. Dia hidup di perhutanan dibawah semak-semak karena tidak bisa terbang.

makanan-burung-kiwi

Makanan Burung Kiwi

Dia merupakan burung pemakan serangga yang berukuran kecil sampai ke ukuran yang besar dari jenis serangga bisa dimakannya. Dia aktif memburu dimalam hari dia juga memiliki penglihatan dan pendengaran yang peka.

Meskipun ukuran tubuhnya kecil dia memiliki paruh yang kuat, tak heran karena dia memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan burung unta meskipun secara bentuk dan ukuran fisiknya terlihat cukup berbeda.

Fakta Unik dan Menarik

1. Memiliki telur yang besar bahkan untuk seukuran tubuhnya dimana jika biasanya burung bertelur cukup kecil yang hanya sekitar 5% dari bobot tubuhnya, untuk burung kiwi ini telurnya mencapai 20% dari ukuran tubuhnya.

2. Saat menetas anakannya langsung memiliki banyak bulu dan cukup tebal tentunya ini berbeda sekali dengan anakan burung lain dimana biasanya menetas tanpa bulu atau masih botak. hal ini kemungkinan karena kandungan kuning telur lebih banyak dibanding burung lainnya.

3. Merupakan Burung Yang Setia Ternyata kesetiaan tak hanya menjadi milik merpati dan lovebird, kiwi – kiwi ini pun memiliki kesetiaan yang luar biasa dimana dia hanya berpasangan satu kali seumur hidupnya.

4. Kiwi – kiwi memiliki indra penciuman yang tajam, ini merupakan senjata yang cukup membantunya untuk menghindari musuh dan predatornya meskipun pendengaranya tak terlalu tajam tetapi dia bisa mengenali pola gelombang suara.

Baca selengkapnya :  Download Suara Cililin Mp3 Masteran Terbaik Dengan Jeda

burung-kiwi-di-indonesia

Nah sahabat kicau itulah tadi beberapa informasi yang menarik tentang burung kiwi ini, simungil yang tangguh. semoga upaya untuk melestarikannya diberi kelancaran sehingga bisa dilihat oleh anak cucu keturunan

mereka di selandia baru tentunya. semoga informasi ini menginspirasi kalian dan kami tak henti-hentinya mengucapkan syukur dan banyak terima kasih karena kalian sudah selalu setia membaca artikel dari kami.

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari