Cara Menjinakkan Burung

Diposting pada
5/5 - (1 vote)

Cara Menjinakkan Burung – Halo sahabat kicau kembali lagi di edisi kali ini kami akan memberikan informasi penting yang memang menjadi pertanyaan bagi setiap pecinta kicau terutama bagi yang masih baru.

Secara umum, cara membuat seekor burung menjadi jinak dan nyaman ketika mengalami peralihan dari yang tadinya dialam liar dan kemudia dia harus dirawat di kandang yang ukurannya terbatas dan membatasi

ruang geraknya tentu akan memuat dia menjadi stres memang tidak lah jauh berbeda. Meskipun ada beberapa jenis burung yang memiliki karakter tertentu sehingga memerlukan perlakuan khusus untuk bembuatnya menjadi jinak.

Ada beberapa poin penting yang kalian harus perhatikan dengan baik ketika kalian memelihara burung liar hasil tangkapan ialah mengerti tentang karakter si burung. Mulai dari cara hidupnya

sifat fighter yang dia miliki, makanan apa yang disukainya dan yang bergizi pastinya serta bagaimana rawatan harian yang harus kalian lakukan supaya dia menjadi nyaman ketika didalam kandang dan tidak gerabagan lagi.

Kenapa hal ini menjadi sangat penting, karena kalau kalian tidak bisa menjinakannya lebih baik jangan kalian pelihara mendingan kalian beli saja di kios burung yang sudah jinak pasti akan lebih mudah memeliharanya.

Karena kalau gagal atau salah perlakukan si burung akan semakin terkiksa dan yang fatalnya lagi tak jarang dalam proses penjinakan siburung mati. Faktor penyebabnya ialah stres yang berlebihan akibat

salah penanganan, dia tidak mau makan dan minum yang membuat fisiknya menjadi lemah. Nah dari pada kalian semakin bingung berikut akan kami beritahu bagaimana cara menjinakkan burung dengan tepat.

cara-menjinakkan-burung-liar

Beberapa Cara Menjinakan Burung Dengan Tepat dan Cepat

1. Menyediakan Kandang Yang Nyaman

Karena dia terbiasa berada di alam bebas pastinya dia akan merasa sangat tidak nyaman ketika berada didalam kandang yang sempit. Nah tugas kalian disini ialah membuat dan menyediakan kandang yang

nyaman untuk dia dengan menyediakan tempat yang bersih dan juga tidak terlalu sempit. Selanjutnya psaang tangkringan sejajar atau bersilang bisa kalian sesuaikan dengan kenyamanannya nanti.

Meskipun terlihat sepele kenyamanan posisi tangkringan burung akan sangat mempengaruhi penjinakannya kalau dia sudah nyaman tentu akan mudah baginya beradaptasi dengan lingkungan barunya.

2. Berikan Makanan Kesukaannya

Memberikan voer bagi burung liar tentunya dirasa akan sulit, hal ini memerlukan adaptasi dari individu burung itu sendiri. jadi yang wajin kalian lakukan ialah mengajari atau melatihnya

agar terbiasa memakan voer sebagai pakan utamanya tetapi tentu tidak mudah ya lakukan dengan sabar pelan-pelan tentu ini step selanjutnya untuk mengajarinya makan voer setelah dia dirasa cukup jinak.

Misal dia merupakan burung pemakan serangga jadi berikan dulu dia makanan jangkrik atau kroto gitu setiap harinya. Untuk kacer, murai dan burung pemakan serangga lain kalian bisa sesekali menyuapinya dengan tangan

untuk mengetahui sampai mana tingkat kejinakannya. Kalau belum mau jangan dipaksakan gunakan alat bantu seperti lidi atau tusuk sate untuk memberikan dia jangkrik. Dan pastikan kalian memberikan makanan

tepat waktu supaya dia tetap bisa bertahan hidup. Begitu juga dengan pemakan buahan dan bijian sesekali kalian bisa menyuapinya langsung kalau sudah mau kalain boleh mulai melatihnya makan voer.

cara-menjinakkan-burung-nuri

3. Letakan Dia Ditempat Yang Ramai

Ramai disini maksudnya bukan di pinggir jalan atau di pasar gitu ya, maksudnya tempay atau spot rumah kalian yang sering dilewati oleh anggota penghuni rumah kalian sehingga dia akan terbiasa

Baca selengkapnya :  5 Jenis Makanan Burung Kolibri Yang Baik Untuk Harian

dan tidak akan merasa takut ketika bertemu dengan manusia. sesekali ajak dia ngobrol dan bencengkrama untuk membangun kedekatan kalian. lalukan dengan sabar jangan sampai membuatnya kaget dan pastikan terhindar dari ancaman hewan lain.

4. Berikan Dia Tempat Yang Sunyi

Nah kebalikan dari sebelumnya dimana dia digantung di spot yang ramai lalu-lalang anggota keluarga anda itu di siang hari maksudnya dan pada disore sampai malam dan menjelang pagi kalian

harus meletakkan kandangnya ditempat yang sunyi dan nyaman untuk membuatnya lebih tentang dan tidak over stres. lakukan dengan baik pasti dia akan cepat jinak tak sampai 2 minggu.

5. Memandikan Dengan Rutin

Mandi memiliki banyak fungsi selain untuk membersihkan dirinya supaya terhindar dari kuman penyakit. memandikannya dengan rutin juga bisa membuat dia menjadi lebih tenang dan tidak gerabagan.

Ada burung kicau yang harus diterapi mandi malam juga jadi sehari 2 kali mandi untuk menurunkan emosi dan birahinya di masa transisi ini. Lakukan dengan bertahap misal dengan setingan halus sampai dimasukan ke keramba mandi.

obat-penjinak-burung

Apakah kalian sudah bisa mengerti tentang cara menjinakkan burung yang benar berdasarkan informasi diatas? harapan kami semoga artikel ini dapat membantu dan banyak bermanfaat terimakasih banyak.

baca juga artikel kami yang lainnya : gimana cara menjinakkan burung nuri

Mungkin Dibawah Ini yang Anda Cari