Inilah Rawatan Mandi Dan Jemur Kacer Tipe Dingin Yang Tepat

Diposting pada

rawatan mandi dan jemur kacer tipe dingin – Hai sobat Kicaumania kita berjumpa lagi, jadi hari ini saya akan melakukan rutinitas perawatan mandi dan jemur untuk kacer gacoan saya ya yang baru saja lepas trotol masih muda, yang kemarin hari Kamis saya bawa ke latberan.

Jadi Kebetulan juga hari ini jadwal dan jemur nya hanya seminggu dua kali di hari Sabtu dan di hari Selasa, kenapa seperti itu ?. ya karena di sini, jadwal latberan tiap hari Kamis, intinya untuk masalah hari untuk rawatan temen-temen terserah ya. Yuk simak ulasan selengkapnya dibawah ini :

Tips Pemeliharaan Burung Kacer Yang Bertipe Dingin


Cara Memandikan Kacer Tipe Dingin

Pada pagi hari selasa memang sudah waktunya jadwal kacerku mandi ini, mandikan kacer tipe ini sekitar pukul 7.30 WIB dianjurkan dilatih mandi dengan keramba ya temen-temen. Pastikan air untuk memandikannya menggunakan air yang steril dan bersih agar bertujuan membuat segar burungnya ya.

Lalu biarkan si kacer ini mandi dulu, pantau jangan terburu-buru untuk mengangkatnya berikan waktu minimal 10 sampai 15 menitan lah di dalam keramba atau si burung sudah nyemplung dua kali mendidiskan badannya di dalam air, saat kalian memasukan burung kedalam keramba tersebut harus pelan-pelan ya memasukkan, jangan sampai dia ketakutan yang bisa membuat dia trauma masuk ke keramba lagi nantinya.

kacer-dimandikan-di-keramba

Pengkondisian Kacer Giras

perawatan kacer giras tipe dingin, karena kacer saya ini pertama kali baru dapat, dan benar-benar masih dalam kondisi yang sangat giras ya, bahkan masih takut dengan orang yang belum ia kenal. Berikan perlakuan kepada burung kacer yang masih giras ini sangat lembut ya, jangan terlalu kasar agar mudah dalam melatihnya dan mau masuk ke keramba mandi dengan tertib dan jangan sampai-sampai bulu kepalanya rontok botak karena nabrak sana nabrak sini. Dengan ketelatenan allhamdulilah kacer saya sudah terbiasa masuk ke dalam bak keramba mandi sendiri. Saya yakin temen-temen juga pasti bisa melakukan hal ini.

Baca selengkapnya :  5 Jenis Burung Mahal Di Indonesia Tahun 2020

terapi-mandi-keramba-kacer-bahan

Tips Menjemur Kacer Tipe Dingin

Bagaimana sih cara menaikan emosi kacer tipe dingin. Oke ya teman-teman sebelum dijemur kita berikan dulu jatah pakan EF jangkrik nya untuk kacer pribadi saya hanya kasih 2 pagi 2 sore saja, dan sebelum jemur berikan jangkrik 2 ekor dulu baru boleh melakukan proses penjemuran ya, kalian wajib memantau kondisi burung saat dijemur sampai ada tanda gelagat kepanasan.

Nah jadi untuk teman-teman yang mempunyai kacer bertipe dingin juga harus kondisi sehat terlebih dahulu ya artinya siap untuk setingan yang saya terapkan dengan rawatan dingin yang standar dulu. Agar teman-teman juga bisa lebih mudah menganalisa ciri ciri kacer minus suhu tubuh dan jika nanti ada kekurangan atau kelebihannya, maksudnya kekurangan disini jika kurang otot atau kelebihan yang dikhawatirkan malah main galak dan terlalu over. Serta kita akan lebih tahu letak kesalahannya dimana dan lebih mudah untuk mengkondisikan si burung kacer tersebut.

penjemuran-kacer-tipe-dingin

Jadi rawatan dingin standar itu adalah mandi pagi seminggu 2 kali, jemur pagi seminggu dua kali. Ingat jemur nya Setelah mandi jadi mandi dulu seperti kacer iblis tadi lanjut berikan jangkriknya lalu jemur sekuat kacernya sampai gelisah ngosan Jadi kalau belum ada tanda kepanasan seperti itu Kacer belum gelisah Ngos-ngosan Grabagan gak karuan Jangan menunggu lama, ada tanda seperti itu baru ditentukan karena banyak sekali yang di php khususnya pada saat penjemuran ini si kacer udah mangap loncat-loncat dikira kepanasan padahal belum sebenarnya.

Pemberian EF Setelah Penjemuran

Untuk voer yang cocok untuk kacer tipe dingin biasanya saya memberikan topsong hijau yang memiliki kadar protein yang sedang saja ya agar si birahi kacer tetap stabil. Nah itu penunjukan aja bahwa si kacer sedang menyerap suhu panasnya kalau dibiarkan lama-lama pasti miring-miring bulunya mengembang dan melebarkan sayap Jadi jangan sampai salah ya teman-teman, dan untuk memberikan jangkrik standar saja maksimal tiap pagi 3 dan 3 sore itu sudah Standar. Artinya jika ada kesalahan di mempersembahkan extra fooding akan fatal hasilnya nanti.

Baca selengkapnya :  Tips menyiapkan kenari gacor untuk lomba

Dan setelah itu hanya di full kerodong untuk memaksimalkan istirahatnya serta untuk memaksimalkan powernya, demikianlah tips rawatan mandi dan jemur kacer tipe dingin yang singkat padat dan semoga jelas bagi kalian yang kiranya dapat bermanfaat bisa diterapkan kepada kacer kesayangannya.